Teh Javana, Sajikan Rasa Bangga Kita akan Potensi yang Dimiliki Indonesia
By Dewi Sulistiawaty - Mei 22, 2015
Kamu tea lovers? Sudah pernah nyobain Teh Javana? Kalau belum, berarti gelar
tea lovers belum pantas kamu sandang
:D Karena teh yang satu ini juga patut untuk kamu cicipin. Teh Javana bukan
sekedar minuman pelepas dahaga saja, namun dengan minum teh ini, dapat
membangkitkan rasa bangga kita akan tanaman hasil dari negeri sendiri.
Manfaat minum teh |
4 bulan sudah Teh Javana hadir meramaikan
pasar industri makanan dan minuman di Indonesia, yaitu sejak diluncurkannya
pada bulan Januari 2015 lalu. Dalam empat bulan perjalanannya ternyata Teh
Javana mendapat respon positif di pasaran. Dan ini terbukti dengan masuknya Teh
Javana dalam ‘Top 5 Brand Awarness’ dibenak
masyarakat Indonesia.
Untuk lebih mendekatkan diri lagi
dengan masyarakat, Teh Javana menggelar ‘Gebyar Teh Javana Kebanggaanku’ selama
satu minggu penuh di Grand Indonesia Jakarta. Apa saja sih kegiatan yang dilakukan
Teh Javana pada event ini?
Selama satu minggu tersebut, Teh
Javana menggelar berbagai talkshow
dan workshop yang menarik untuk
masyarakat umum, dengan menggandeng beberapa komunitas. Seperti talkshow dari Asep Kambali (Founder
Komunitas Historia Indonesia), talkshow
Comic Javana oleh Chris Lie & re:ON Comic Artistes, workshop smartphonetography
dari Komunitas iPhonesia serta Musik Klinik oleh Tohpati dan Dewa Budjana.
Tak lupa untuk anak-anak, Teh
Javana juga menggelar ‘Javana Kids Drawing Competition’. Dan untuk menghibur pengunjung di akhir pekan, Teh Javana
menghadirkan Jamaica Café, Tohpati dan Angela Nazar yang akan menyanyikan
lagu-lagu daerah yang ada di Indonesia.
Bapak Aristio Kristandyo selaku Group Head of Marketing Department Beverages
Wings Food mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan
sejak tanggal 14 Januari lalu.
Bapak Aristio |
Walaupun usia Teh Javana ini masih
terbilang sangat muda, namun dalam perkembangannya Teh Javana mampu melaju
dengan pesatnya. Banyak faktor yang menyebabkan laju pertumbuhan Teh Javana,
seperti kebutuhan masyarakat akan minuman yang segar dan berkualitas, cara
pemasaran Teh Javana yang sangat menyentuh rasa bangga kita akan budaya dan
potensi yang ada di Indonesia, dan juga pendistribusian Teh Javana yang masuk
dalam ‘kandang’ yang banyak sekali ‘pemainnya’.
Sejak diluncurkan, Teh Javana berkomitmen
dengan tagline-nya ‘Cita Rasa Teh Indonesia’. Dengan mencicipi cita rasa khas teh Indonesia, kita juga diajak untuk merasakan rasa
emosional yang baru setelah kita minum Teh Javana, yaitu rasa bangga akan teh asli
dari negeri sendiri.
“Wings Food selalu berkomitmen
untuk memberikan produk yang berkualitas dan diterima oleh masyarakat luas. Apa yang dibicarakan tentang Teh
Javana adalah sebuah teh yang membanggakan bagi kita di Indonesia. Begitupun
sebaliknya, seharusnya kita juga mengetahui segala potensi yang dimiliki oleh
Indonesia, dan membuat kita bangga,” jelas Pak Aristio.
Sementara Asep Kambali sebagai
Founder Komunitas Historia Indonesia memberikan apresiasinya terhadap Teh
Javana dalam menggali potensi dan budaya yang ada di Indonesia.
Kang Asep |
“Saat ini kebanyakan anak muda
Indonesia lebih menyukai budaya luar dibandingkan dengan budayanya sendiri.
Padahal banyak fakta-fakta yang mencengangkan tentang sejarah dan budaya yang
ada di Indonesia, dan banyak yang sudah lupa akan fakta tersebut. Jadi
pengenalan budaya serta potensi yang ada di Indonesia, yang dikampanyekan oleh Teh
Javana, sangat bagus sekali bagi kita semua agar lebih tahu tentang Indonesia,”
kata Kang Asep.
Dalam kegiatan ini, Teh Javana
juga melakukan roadshow ke delapan
Universitas di Jabodetabek, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Trisakti,
Universitas Mercu Buana, Universitas Esa Unggul, Universitas Kristen Indonesia,
Universitas Paramadina, Universitas Pancasila dan Universitas Al Azhar
Indonesia.
Roadshow dan workshop Teh Javana ke kampus-kampus |
Bukan hanya model workshop-nya yang berbeda, tapi Teh Javana
juga mengusung topik, tema serta sasaran
customer yang berbeda pula.
Dok. You Tube Wings Indonesia
Dalam kegiatan tersebut, para
mahasiswa ditantang untuk menunjukkan karya-karya mereka, baik itu berupa foto
dan tulisan berupa obyek-obyek budaya atau potensi yang ada di Indonesia yang nantinya akan dinilai oleh tim juri dari Teh Javana.
Stand-stand mereka nampak bertebaran di beberapa sudut Grand Indonesia.
Stand yang berisi berbagai karya dari 8 Universitas di Jabodetabek |
Hasil dari kegiatan ini tentu
saja bukan untuk Teh Javana saja, namun juga bagi mahasiswa itu sendiri. Mereka
jadi bisa menulis, berkarya dan lebih mengenal potensi negerinya sendiri. Serta mahasiwa juga
dapat menggunakan tulisannya sebagai panduan untuk membuat sebuah skripsi.
Dalam roadshow ini, Teh Javana bukan saja memperkenalkan produknya, namun
juga memperkenalkan ‘Mana Indonesiamu’ sebagai sebuah kampanye yang harus
diketahui oleh anak-anak muda, khususnya di kampus-kampus.
Mana Indonesiamu merupakan sebuah
kampanye yang dikedepankan oleh Teh Javana untuk menggali semua potensi yang
ada di Indonesia. Semangat Mana Indonesiamu adalah mengabadikan berbagai potensi
yang dimiliki oleh indonesia dan sudah mendunia.
Konsistensi untuk mengkampanyekan
Mana Indonesia ditunjukkan Teh Javana dengan menambahkan fitur dalam www.manaindonesiamu.com. Semua potensi tersebut dapat dikumpulkan dalam
satu kanal yang sudah ditambahkan di sana. Jadi saat ini sudah terdapat 3 kanal yaitu Jurnal Indonesia, Blog Indonesia dan Jelajah Indonesia. Untuk mempermudah pengunjung dalam menjelajahi situs Mana Indonesiamu, maka disediakan juga petunjuk atau langkah-langkah untuk join dan mengikuti jurnal #ManaIndonesiamu.
Bagi kamu yang ingin berpatisipasi atau ingin menjelajahi segala potensi yang terdapat diberbagai pulau di Indonesia, bisa berkunjung ke situs Mana Indonesiamu. Untuk bertanya-tanya atau mendapatkan informasi lebih lengkap, bisa berkunjung ke akun media sosial Mana Indonesiamu di Facebook: Mana Indonesiamu, Twitter : @ManaIDmu dan Instagram @manaindonesiamu.
Dokumentasi : Pribadi
3 comments