Senang banget saya mendengar bahwa saat ini
sudah banyak perusahaan yang peduli akan nasib sesama, dan ingin memajukan
bangsa ini. Tidak hanya memikirkan keuntungan dari bisnis yang mereka kelola,
namun juga mau berbagi dengan membuat berbagai kegiatan dan program sosial yang
bertujuan untuk kemajuan bangsa Indonesia.
Salah satu contohnya adalah
seperti yang telah dilakukan oleh OLX Indonesia. OLX yang merupakan
transformasi dari Toko Bagus, belum lama ini telah menjalankan satu program
menarik yang diberi nama ‘Bekas Jadi Berkah’.
Dalam program Bekas Jadi Berkah
ini, bagi masyarakat yang memiliki barang-barang bekas yang tidak terpakai lagi,
disarankan untuk menjualnya, lalu hasil dari penjualan tersebut disumbangkan
bagi mereka yang membutuhkan.
Sebelumnya, saat masih bermerk
Toko Bagus, pesan dan misi yang ingin disampaikan oleh OLX belum tersampaikan,
semua serba hard selling – semua jadi
duit. Maka sejak Toko Bagus, pun Berniaga bertransformasi menjadi OLX, barulah
misi ini mulai dijalankan, yaitu ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat
Indonesia.
Bertepatan dengan 70 tahun
perayaan hari kemerdekaan Indonesia, OLX kembali menggelar program sosialnya
yang kedua, berupa kampanye ‘Upgrade
Indonesia’. Upgrade Indonesia ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup
masyarakat Indonesia, dengan memperbarui ponsel mereka sehingga bisa digunakan
untuk mengakses internet.
Acara diawali dengan pementasan berbagai tarian daerah |
Saat peluncuran kampanye Upgrade Indonesia di Rumah Imam Bonjol
Jakarta pada hari Jumat, 14 Agustus 2015, CEO OLX Indonesia, Bapak Daniel
Tumiwa mengatakan bahwa tujuan atau misi dari OLX adalah untuk memajukan
masyarakat Indonesia dengan menciptakan transaksi yang win-win – sama-sama menguntungkan.
Bapak Daniel Tumiwa |
Sekiranya ada barang-barang yang
sudah tidak terpakai lagi di rumah kita, yang tidak berguna lagi, tapi masih bisa
digunakan bagi sebagian orang, maka OLX dapat
menjadi perantara bagi keduanya.
Kampanye Upgrade Indonesia
merupakan sebuah awal di mana banyak hal-hal baik terjadi kepada orang yang
memang berpikir maju, yang punya pikiran untuk meng-upgrade dirinya sendiri. Di mulai dengan ponsel yang terhubung
dengan jaringan.
Saat ini masih banyak masyarakat
Indonesia yang masih belum bisa menikmati jaringan telekomunikasi yang bagus.
Bahkan yang jaringannya sudah bagus pun masih butuh untuk di-upgrade. Dengan upgrade ini, penggunanya bisa melakukan banyak hal lagi yang lebih
berkualitas.
Setiap ada keluaran ponsel
terbaru – dan ada pembelian ponsel baru – maka akan ada juga ponsel yang jadi
tidak terpakai. Padahal masih banyak masyarakat yang butuh ponsel yang tidak
terpakai ini, yang kemudian bisa mengubah hidupnya.
Menurut Bapak Daniel, ada sekitar
308,2 juta pengguna ponsel di Indonesia, dan baru 21% dari pengguna ponsel
tersebut yang baru terhubung dengan internet. Dengan akses internet yang cepat,
dengan sendirinya dapat meningkatkan kualitas hidup penggunanya.
Lewat internet, banyak
peluang-peluang baru yang didapatkan. Seperti UKM yang menggunakan internet,
pertumbuhannya akan menjadi dua kali lebih cepat dibandingkan dengan UKM yang
tidak menggunakan internet.
Dengan misi sosial yang
diusungnya, maka Kampanye Upgrade Indonesia ini mendapatkan apresiasi dari pemerintah,
seperti dari Kemkominfo dan Kementerian Koperasi dan UKM.
Pemerintah beri apresiasi terhadap Kampanye Upgrade Indonesia |
“Upgrade teknologi yang kita miliki, jangan hanya digunakan untuk
hal konsumtif saja, namun juga harus bisa dioptimalkan untuk hal yang
produktif,” kata Bapak An Tajudin, mewakili Kementerian Koperasi dan UKM.
Upgrade Indonesia ini bukanlah sekedar bahwa kalau kita pasang
iklan jual beli di OLX, maka kita akan meng-upgrade
diri, namun lebih ke bagaimana caranya kita bisa menyentuh hingga ke hati. Ada 3
tujuan Upgrade Indonesia, yaitu akan memberi efek bertambahnya pengetahuan secara
pesat, komunikasi menjadi lebih mudah, dan menciptakan peluang-peluang baru.
Presenter terkenal, Farhan juga
menceritakan pengalamannya mengenai ‘upgrade’
ini. Farhan yang hadir juga pada acara peluncuran Upgrade Indonesia
menceritakan, bagaimana sopirnya yang sebelumnya bekerja sebagai seorang sopir
travel Jakarta-Semarang, telah meng-upgrade
dirinya sendiri.
Farhan berbagi pengalaman Upgrade Indonesia |
Sebelumnya sopirnya cuma bisa
mengendarai mobil travel seperti elf. Farhan pun mengajarkan sopirnya ini agar
bisa menyetir mobil mewah. Ternyata mengajarkan sopirnya ini nyetir, bukan
hanya sekedar bisa menyetir mobil saja, namun dapat terjadi perubahan perilaku
yang luar biasa pada sopir ini.
Si sopir yang sebelumnya cuma
bawa mobil travel, maka saat dia mulai menjadi sopir mobil mewah, di mana konsumennya
ingin mendapatkan pelayanan lebih, si sopir pun jadi belajar. Pertama dia mulai
dengan membeli sebuah ponsel sederhana. Dia banyak belajar mengenai mobil-mobil
mewah dari internet. Dan akhirnya dia juga belajar bagaimana perilaku konsumen
mobil mewah ini.
Dengan gajinya yang lumayan, si
sopir pun bisa menghidupi keluarganya yang tinggal di Semarang. Bahkan dia patungan
dengan teman-temannya di Semarang untuk membeli sebuah mobil Camry untuk
disewakan. Dan akhirnya sekarang si sopir berhenti bekerja jadi sopir dan mulai
menjalani bisnis sewa mobil mewahnya.
Dan ini menurut Farhan merupakan
sebuah Upgrade Indonesia. Dimana si
sopir yang awalnya cuma seorang sopir harian, bisa menjalankan usaha sendiri
dan bisa memberikan nilai tambah.
Begitu juga dengan pengalaman
Farhan sendiri sebagai ‘anak radio’. Dulu jika ingin ijin tidak siaran, musti
rekaman berhari-hari dan sangat repot sekali, bahkan dengan real music. Edit pun tidak bisa
dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh yang ahli. Nah, kalau sekarang semuanya
sudah bisa di laptop. Bisa rekaman dan edit sendiri. Tentu saja ini semua karena
peralatan yang sudah di-upgrade.
Upgrade teknologi pun saat ini sangat memudahkan kita dalam melakukan
berbagai hal. Seperti pengiriman foto, video, GPS, telepon, serta video conference. Bahkan fenomena yang saat
ini lagi digandrungi oleh masyarakat, yaitu pemesanan ojek dan taxi menggunakan
aplikasi yang terdapat di ponsel pintar mereka. Semua ini sangat membantu kita
untuk meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik.
Upgrade tidak hanya terjadi pada mereka di kalangan atas, atau yang
mendapat pendidikan tinggi, namun sudah mulai menyentuh kalangan menengah ke
bawah.
Jadi Kampanye Upgrade Indonesia
ini harusnya bisa menjadi pola pikir seluruh masyarakat Indonesia untuk
meningkatkan kualitas hidup yang lebih produktif, yang bisa membuat kita menjadi
masyarakat atau konsumen yang lebih pintar.
Dokumentasi : Pribadi
1 comments