Asia Wisata Luncurkan Produk Marketing Channel pada Perayaan Ultah yang ke-5
By Dewi Sulistiawaty - Oktober 14, 2015
Dalam rangka memperingati hari
ulang tahunnya yang ke-5, Asia Wisata menggelar perhelatan akbar di Harmoni
Hall, MTH Square Cawang Jakarta pada Sabtu, 10 Oktober kemarin. Dengan tujuan
mengajak semua tamu undangan agar bisa meraih sukses bersama, Asia Wisata
menghadirkan seorang motivator dan pengamat
franchise, mas Tri Raharjo. Lalu juga hadir mas Reynold Subakti sebagai Brand Ambassador Asia Wisata dan mas Kholik, perwakilan dari Sriwijaya Air selaku pihak sponsor.
Selain itu acara juga dihadiri oleh Direktur
Asia Wisata, Bapak Yanurmal, serta dua orang tamu
istimewa yang sudah berhasil meraih sukses bersama Asia Wisata.
Acara yang penuh dengan taburan
hadiah ini dipandu secara apik dan sarat hiburan oleh mas Ulish Anwar, seorang
penulis buku, Blogger, MC dan banyak lagi bakat beliau lainnya J
Selayang pandang mengenai Asia Wisata
Di awal acara, Bapak Yanurmal
mengatakan bahwa pada Ulang Tahun Asia Wisata yang ke-5 ini, beliau sangat
bersyukur sudah diberi begitu banyak oleh Yang Kuasa, sehingga Asia Wisata bisa
tumbuh menjadi perusahaan yang baik dan sehat.
Direktur Asia Wisata, Bapak Yanurmal |
Di tahun 2015 ini, banyak
perusahaan yang tumbang, bahkan sampai berhenti beroperasi, namun Asia Wisata
mampu bertahan dengan baik hingga saat ini, dan masih bisa memberikan pelayanan
terbaiknya pada seluruh mitra.
Asia Wisata adalah perusahaan travel agent yang mengembangkan dua sistem bisnis yaitu business to business atau kemitraan.
“Sebagai perusahaan yang bergerak
dalam bidang business to business,
otomatis Asia Wisata mendukung seluruh kegiatan bisnis mitranya. Dan selama itu
bisa dijaga dengan baik, maka selama itu pulalah Asia Wisata akan selalu sehat,”
ungkap Pak Yanurmal.
Produk laris yang dibisniskan
oleh Asia Wisata kepada seluruh mitra adalah berupa tiket pesawat domestik,
tiket pesawat asing, tiket kereta api, tiket railink (kereta bandara), paket
wisata, voucher hotel, umrah & haji, payment
channel (bayar listrik, telpon, PDAM, pulsa) dan rental mobil.
Untuk mengelola seluruh booking engine yang ada akan dimasukkan
ke dalam satu sistem. Sehingga para mitra hanya butuh satu login untuk mengakses keseluruhan produk bisnisnya.
Dengan mengakses IBE, mitra dapat
melihat jadwal keberangkatan pesawat dan kereta api, melihat kursi yang
tersedia, harga tiket, booking tiket,
issued tiket, rebook dan refund tiket,
melihat paket wisata, melihat news
dan promo dari maskapai atau Asia Wisata, melakukan top up deposit serta reservasi hotel.
Asia Wisata memiliki dua macam
mitra bisnis, yang salah satunya dinamakan Mitra Franchise. Mitra Franchise
adalah mitra atau pihak lain yang menjadi bagian internal Asia Wisata, yang
memiliki merek yang berbeda namun memiliki sistem dan branding yang sama dengan Asia Wisata.
Banyak keuntungan yang bisa
didapatkan dengan menjadi Mitra Franchise Asia Wisata. Pertama, mitra akan
mendapat komisi 100% dari penjualan tiket pesawat, lalu yang kedua mitra juga
akan mendapat komisi dari penjualan produk Asia Wisata lainnya. Dan jika
memiliki Sub Agen maka mitra bisa mendapatkan passive income berupa 30% komisi dari transaksi yang dilakukan oleh
Sub Agennya.
Nah, Mitra Sub Agen ini merupakan
jenis mitra bisnis lain dari Asia Wisata. Mitra Sub Agen adalah mitra
perorangan yang bebas menjalankan usahanya dimanapun tanpa keharusan
menyediakan kantor, pegawai dan segala macam legalitas lainnya.
Untuk menjadi Mitra Sub Agen
sangatlah mudah, murah dan fleksibel. Cuma butuh jaringan internet, komputer
dan printer untuk bisa menjual tiket.
Keutungan yang bisa didapatkan
oleh Mitra Sub Agent Asia Wisata, yaitu bisa mendapatkan komisi 70% dari
penjualan tiket pesawat, kesempatan mendapatkan reward per-4 bulan berdasarkan omset penjualan, lalu mendapatkan
komisi marketing untuk pendaftaran
mitra baru.
Bertepatan dengan perayakan Ultah
nya yang ke-5 ini, Asia Wisata juga resmi meluncurkan sebuah produk bisnis yang
baru yaitu Marketing Channel. Marketing Channel ini bukanlah berjualan tiket,
namun berjualan Sub Agen. Jadi mereka yang punya bakat ‘ngomong’ sangat
berpotensi untuk bisa menjadi Marketing Channel yang baik.
Terdapat 3 model partner pada
Marketing Channel ini, yaitu Platinum Partner, Gold partner dan Silver Partner.
Dan masing-masing model partner ini dibedakan berdasarkan besarnya investasi
yang harus ditanamkan, dengan potensi pendapatan yang akan didapatkan 350 juta
hingga 7 miliar per tahunnya.
Selain pendapatan tersebut, Mitra
Marketing Channel juga akan mendapatkan bonus berupa komisi 5% dari komisi
penjualan Sub Agen jika berhasil mengaktifkan 250 user dalam periode 1 tahun. Lalu Asia Wisata juga akan memberikan
bonus berupa sebuah sepeda motor jika Mitra Marketing Channel bisa mengaktifkan
lebih dari 1000 user.
Berikut adalah ide dengan cara pemasaran
yang pintar menurut Asia Wisata :
- Mengumpulkan dan presentasi ke calon prospek.
- Grup kecil bisa sekitar 10 hingga 50 orang dan grup sedang sekitar 50 hingga 500 orang.
- Membuat pelatihan bisnis ticketing/ travel dan menjadikannya calon prospek.
- Profit share dengan pihak lain.
- Beri user gratis dengan syarat mengajak 1 atau 2 pendaftar baru.
- Jadikan bonus untuk produk lain.
- Iklan di jejaring sosial, media online/ offline.
Sebagai bentuk apresiasi dan janji untuk memberikan bonus bagi mitra bisnisnya yang berprestasi, maka Asia Wisata memberikan penghargaan bagi mereka berdua. Mereka ada mas Suprani yang merupakan The Best Sub Agent Asia Wisata yang berpenghasilan hingga 3 miliar lho!
Lalu yang kedua adalah mas Sukardi, sebagai Cabang Asia Wisata Terbaik dengan omset hingga 2,8 miliar dalam kurun waktu 1 tahun. Woow!
Penyerahan penghargaan untuk mas Suprani |
Penyerahan penghargaan dan bonus motor dalam bentuk simbolis pada mas Sukardi |
Tips membangun rasa optimis di masa kritis
Usai mendengar penjelasan
mengenai Asia Wisata serta launching
produk barunya, acara dilanjutkan dengan presentasi dari mas Tri Raharjo.
Mas Tri Raharjo |
Menurut mas Tri, modal utama
dalam memulai usaha itu adalah motivasi diri, mengenali potensi diri dan
peluang pasar. Selain motivasi diri, bisnis itu juga datang dari potensi diri
dan masing-masing orang memiliki potensi diri yang berbeda-beda.
Menentukan target merupakan hal
yang penting untuk bisa memotivasi diri, dan komitmen untuk bisa berhasil dalam
bisnis. Manfaatkan segala peluang dan kesempatan yang ada. Dengan memperbanyak link atau jaringan, sama saja dengan
membuka banyak peluang dalam bisnis.
Jati diri juga harus menjadi
perhatian kita jika ingin bisnis yang kita bangun bisa identik dengan diri
kita.
Ada beberapa pola dalam melakukan
bisnis, yaitu berbisnis sendiri, berbisnis dengan cara join, waralaba, keagenan
dan paket bisnis. Dan franchise
merupakan salah satu pola bisnis yang memiliki beberapa keuntungan, seperti
berbagi ilmu dan pengalaman.
Impian kita untuk bisa sukses
dalam berbisnis akan tercapai jika kita memiliki tujuan dan punya cara
bagaimana menjalankan bisnis tersebut, dengan cara belajar dari pebisnis sukses
lainnya. Dalam berbisnis kita juga harus memiliki cara pikir yang positif,
karena bagaimanapun pikiran yang positif dapat membuka aura yang positif juga
pada diri kita.
Tips untuk memulai bisnis :
- Niatkan, maka kita akan mendapatkannya.
- Harus berani untuk memulai.
- Bisnis sebaiknya dijalankan sendiri.
- Rajin mencari ilmu dan mempraktekkannya.
- Jalin silaturrahmi.
- Jalankan saja bisnis terlebih dulu untuk mendapatkan omset, dan sesudahnya baru pikirkan urusan administrasinya.
- Rajin memberi.
- Lakukan perbaikan.
- Berdoa.
Reynold Subakti, Brand Ambassador Asia Wisata |
Mas Kholik, perwakilan dari Sriwijaya Air beri ucapan selamat ulang tahun untuk Asia Wisata |
Seperti kutipan yang sering kita
dengar ‘man jadda wajada’, siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan sukses J
Acara ditutup dengan sesi
pertanyaan dan bagi-bagi hadiah pada para peserta. Happy Anniversary Asia
Wisata! J
1 comments