Ecommerce MOXYbilna, Rebranding Menjadi Orami
By Dewi Sulistiawaty - Februari 24, 2016
Sudah kenal dengan bilna dan Moxy
kan? bilna merupakan sebuah situs ecommerce
Indonesia, yang menjual segala perlengkapan bayi, ibu hamil, kecantikan, serta
perlengkapan rumah tangga. Sedangkan MOXY adalah situs ecommerce asal Thailand yang baru masuk ke Indonesia, dan menjual
berbagai lifestyle khusus wanita.
Dengan latar yang sama itulah bilna
dan MOXY kemudian sepakat untuk bergabung dalam satu bendera pada bulan Januari
lalu. Ketika itu, kedua ecommerce
tersebut menyebut diri mereka MOXYbilna.
Penggabungan dua ecommerce besar ini menciptakan sebuah
destinasi online paling luas dan besar, yang didedikasikan untuk para wanita
se-Asia Tenggara. Untuk lebih memperkuat ecommerce-nya,
MOXYbilna pun menjalin kerjasama dengan berbagai investor regional.
Hari ini, Rabu (24/2/16) MOXYbilna
mengumumkan keberhasilannya dalam menjalin kerjasama dengan para investor,
dengan investasi sebesar 15 juta US$, sekaligus launching rebranding-nya
di Hotel JW. Marriot Jakarta.
Dengan logo berbentuk kupu-kupu warna
pink, MOXYbilna resmi rebranding
menjadi Orami dengan situs resminya www.orami.com. Orami berpusat di Jakarta, dan telah berhasil menyatukan 500 karyawannya yang berasal dari dua kultur yang berbeda di Indonesia.
Saat membuka situs Orami, akan ada option
untuk memilih diantara 2 negara, yaitu Indonesia dan Thailand. Untuk pilihan
Indonesia, kita akan masuk ke situs bilna, dan jika memilih Thailand maka kita
akan diarahkan ke situs MOXY.
Orami memang fokus pada pasar
ekonomi wanita. Karena menurut hasil riset, sekitar 80% wanita memiliki
pengaruh yang besar dalam tiap pembelian kebutuhan rumah tangga, dan 49%
diantaranya lebih suka belanja secara online.
Hadir pada launching Orami, Jeremy Fichet selaku CEO Orami, Shannon
Kalayanamitr sebagai CMO Orami sekaligus Co-Founder MOXY, Ferry Tenka CEO Orami
Indonesia sekaligus Co-Founder bilna, Eka Himawan sebagai CFO Orami sekaligus Co-Founder
bilna, Anne Belveze sebagai CEO Orami Thailand, serta para investor.
Adapun investor yang terlibat
dalam penguatan dana Orami ini adalah Sinar Mas Digital Ventures (SMDV), Gobi
Partners, Ardent Capital, Velos Ventures, dan Co-Founder Facebook Eduardo
Saverin. Semua investor memiliki nama besar di pangsa pasar regional.
Mr. Jeremy Fichet |
Mr. Jeremy Fichet menyambut
gembira atas kerjasama yang telah dilakukan Orami dengan para investor. Menurutnya
SMDV memiliki kekuatan lokal, sedangkan Ardent Capital punya jangkauan yang
luas di tingkat regional. Sementara itu Gobi Partners berpengalaman dalam social commerce dan ekonomi wanita.
Ditambah lagi dengan kekuatan dari orang-orang hebat seperti Eduardo Saverin
dan Velos Partners.
“Kombinasi antara investor dan
manajemen kami, akan memperkuat Orami. Sehingga Orami memiliki kemampuan dan
kekuatan untuk mencapai posisi yag kuat dalam pasar ecommerce wanita di Asia Tenggara,” kata Jeremy.
Menurut Jeremy lagi, ada 5 resep
Orami untuk bisa sukses, yaitu dengan memperkaya pilihan produk-produk untuk
wanita secara keseluruhan, fokus untuk memaksimalkan komponen social commerce, mengoptimalkan strategi
mobile dan teknologi dalam sebuah platform yang sama dalam satu regional,
memperluas end-to-end user experience,
serta memaksimalkan jangkauan berekpansi terhadap pasar-pasar baru di Asia
Tenggara.
Penggabungan antara dominasi
bilna pada market wanita dengan keunggulan karakter MOXY pada ekonomi wanita
akan menghasilkan sebuah tim yang kuat dan berpengalaman. Lalu ditambah lagi
dengan bergabungnya para investor yang memiliki kekuatan lokal, akan menjadikan
ecommerce ini menjadi tak
terkalahkan.
“Indonesia merupakan pasar yang
sedang berkembang dengan ekonomi yang terus meningkat, serta dengan populasi
yang terus bertumbuh. Penting bagi kami untuk mengumpulkan orang-orang yang
unggul untuk memajukan perusahaan di negara ini,” ungkap Roderick Purwana,
Direktur SMDV.
Mr. Thomas Tsao (Gobi Partners) dan Mr. Roderick Purwana (SMDV), investor |
Sedangkan Thomas Tsao selaku
Managing Partner of Gobi Partners menjelaskan bahwa saat ini negara-negara di
Asia Tenggara kehilangan key player
yang dapat memahami pasar serta masih banyak konsumen wanita yang belum
terlayani sepenuhnya. Di China, perkembangan social commerce dan bisnis menjadikan wanita sebagai target mereka.
Gobi Partners percaya bahwa Orami telah memiliki kombinasi yang tepat antara
manajemen dan visi, serta akan menjadi leading
di Asia Tenggara.
Selamat datang Orami! Semoga
dapat memenuhi semua kebutuhan wanita dengan produk yang berkualitas dan
pelayanan yang nomor satu ya! Ehm, kalau bisa dengan harga yang bersahabat juga
ya, secara wanita sangat suka dengar kata diskon dan promo, hehe.
3 comments