Libur panjang seperti libur hari
raya, libur tahun baru, dan deretan panjang angka merah di kalender, biasanya
dijadikan ajang oleh para perantau untuk mudik ke kampung halaman, baik untuk
silaturrahmi, melepas kangen, maupun sekedar untuk jalan-jalan saja. Mudik
serentak merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja, apalagi
bagi mereka yang memang tidak bisa menikmati libur panjang, kecuali di
hari-hari besar tersebut.
Membludaknya arus mudik, apalagi
saat mencapai puncaknya, membuat jalur mudik penuh dengan berbagai jenis kendaraan,
mulai dari bus, kendaraan pribadi, motor, bahkan truk. Walaupun macet, namun
ada saja kecelakaan yang terjadi. Penyebabnya bermacam-macam, ada yang karena
pengemudi yang ngantuk, ban mobil yang pecah, serta kendaraan yang jatuh terbalik.
Jadi masalah mudik ini tidak
boleh dipandang enteng, karena banyak kecelakaan terjadi akibat hal sepele dan
kurang pedulinya pengemudi dengan masalah keselamatan saat berkendara. Untuk
itulah topik mudik cerdas diangkat sebagai tema oleh Mobil123 – sebuah marketplace otomotif terbesar di Indonesia,
dalam sebuah acara gathering yang
diselenggarakan di Aruba Caribbean Restaurant & Bar Jakarta, pada hari
Jumat, 24 Juni 2016 kemarin.
Bpk. Sony Susmana |
Menurut narasumber yang hadir,
yaitu Bapak Sony Susmana, seorang Safety Defensive Consultant Indonesia, mudik
cerdas adalah bagaimana caranya kita membawa kendaraan dari satu titik ke titik
berikutnya dengan selamat, aman, nyaman, tanpa kurang satu apapun. Artinya saat
kita bicara mudik, maka kita juga bicara tentang penyakit yang sering terjadi
saat mudik, yaitu kecelakaan.
Sering kita tidak sadar bahwa
kecelakaan bisa saja terjadi 1 detik atau 2 detik di depan kita. Untuk itu, ada
3 hal yang musti kita perhatikan terkait dengan mudik cerdas ini, yaitu aman, nyaman,
dan efisien. Yuk, lanjut untuk mengetahui lebih rinci penjelasannya J
1.
Aman
Bagaimana sih
mudik yang aman itu? Dalam berkendara, ada dua faktor yang harus diperhatikan,
yaitu pengemudi dan kendaraan.
a.
Pengemudi
Kalau dari sisi pengemudi harus dipersiapkan fisik dan
mentalnya. Penyakit utama terjadinya kecelakaan adalah pengemudi yang kurang
istirahat, yang mengakibatkan pengemudi lelah dan ngantuk.
Ngantuk yang berlebihan akan menyebabkan fungsi
anggota tubuh melemah semua. Kendaraan yang dibawa pun melemah dan goyang ke
kanan dan ke kiri. Pengemudi yang ngantuk, namun kecepatan kendaraan tetap
dipasang di atas 80 km/ jam adalah penyebab fatal terjadinya kecelakaan, dan
biasanya ini terjadi saat melewati jalan tol yang lurus, monoton, dan bikin boring.
Makanya jika sudah mengemudi lebih dari 4 jam, usahakan untuk istirahat sekitar 30 menit,
atau tidur sekitar 45 menit hingga 1 jam. Namun ini juga harus disesuaikan
dengan kemampuan si pengemudi. Ada pengemudi yang hanya sanggup mengemudi
selama 2 jam atau 1 jam saja. Jangan sampai melawan kemampuan tubuh saat mengemudi.
Berhentiah jika dirasa tubuh sudah mulai minta istirahat.
Safety belt
diciptakan untuk menjaga keselamatan penumpang, bukan sekedar pajangan yang hanya
digunakan saat ada petugas lalu lintas saja, hehe. Safety belt harus digunakan oleh semua penumpang, dan bukan hanya
pengemudi dan penumpang yang duduk di sampingnya saja, makanya jumlah penumpang
juga harus sama dengan jumlah safety belt yang ada dalam kendaraan. Safety belt
dapat mengurangi benturan dan luka pada penumpang jika terjadi kecelakaan.
Pengemudi juga harus mengetahui apakah kendaraan memiliki
air bag atau tidak. Apakah air bag hanya ada di bagian pengemudi
saja, atau ada juga pada bagian penumpang di sampingnya. Kalau ada,
pertimbangkan juga untuk anak-anak yang duduk di samping pengemudi. Untuk keselamatan,
sebaiknya anak-anak duduk di bangku bagian belakang. Jarak yang baik antara setir
dan pengemudi itu adalah 30 cm, karena air
bag dapat mengembang sekitar 22 – 25 cm.
Posisi tangan disetir pun harus diperhatikan. Dulu
posisi tangan di setir kalau dilihat
dari jarum jam terletak di posisi 10 – 2. Namun sejak tahun 2011, tangan
sebaiknya diletakan pada posisi 9 – 3. Karena dengan posisi 9 – 3, tangan berada di posisi yang siaga, dan punya reflek
yang cepat jika terjadi hal mendadak.
b.
Kendaraan
Kondisi ban merupakan salah satu penyumbang terjadinya
kecelakaan. Jika mempunyai uang untuk membeli keempat ban, sebaiknya ganti
keempat ban, depan dan belakang. Namun jika tidak, sebaiknya ganti ban bagian
belakang saja.
Kenapa pilihan ban baru diletakan di bagian belakang?
Karena untuk ban depan masih terbantu dengan setir pada saat bermanuver. Banyak
yang takut kalau pecah ban, bagian depan itu lebih susah dikontrol, tetapi selama
ban depan tidak kekurangan angin, walaupun ban tersebut kondisinya tinggal 20%
atau 24%, kendaraan masih bisa dikontrol.
Biasanya jika hendak jalan-jalan jauh seperti touring, semua barang ditaruh di atas
mobil, dengan harapan bagian dalam mobil menjadi lebih lega, nyaman, dan bisa memuat
banyak orang. Patut diketahui bahwa mobil memiliki gejala keseimbangan, yaitu pitching, rolling, yawing, dan bouncing. Keempat keseimbangan ini harus
dijaga oleh pengemudi. Begitu titik keseimbangan kendaraan berpindah ke atas,
maka mobil akan lebih mudah oleng.
Boleh saja meletakkan barang di atas, tapi ada batas
maksimalnya. Untuk keamanan, jangan taruh semua barang di atas, namun susun
berdasarkan bobotnya. Barang yang paling berat sebaiknya taruh di bawah. Ada gejala yawing, yaitu mobil bergeser, semisalnya barang yang paling berat ditaruh
di belakang, otomatis center of grafity-nya
akan berpindah ke bagian belakang.
Yang paling penting adalah lakukan pengecekan
kendaraan sebelum bepergian jauh. Pengecekan bisa dilakukan dengan dua metode,
pertama dengan pengecekan sendiri dan yang kedua dengan pengecekan oleh
bengkel. Beritahu montir mengenai kekurangan kendaraan kita dan apa saja yang musti
dilakukan. Setelah dilakukan pengecekan oleh bengkel, tetap cek kembali
kendaraan tersebut untuk antisipasi montir lupa melakukan apa yang kita inginkan.
2.
Nyaman
Saat berkendara
bersama keluarga, peran penumpang yang duduk di samping sopir (biasanya istri)
adalah sebagai navigator, berbagi
tugas dan tanggung jawab dengan pengemudi. Jika pengemudi terlihat mengucek-ngucek
mata, lelah, atau tanda-tanda mengantuk, sarankan untuk beristirahat dulu di rest area atau tempat yang dirasa boleh
dan aman untuk parkir dan beristirahat. Jadi peran navigator adalah membantu, mempersiapkan, dan menolong pengemudi
saat berkendara.
3.
Efisien
Efisien secara waktu
dan jarak. Banyak pengemudi yang mudik dengan memanfaatkan jalan tol sebagai alternatif
jalur mudik mereka. Bisa dibayangkan bagaimana macetnya jalan tol saat arus
mudik berada di titik puncaknya. Untuk itu, usahakan mencari jalur alternatif lain
yang lebih efisien, seperti jalan-jalan kecil. Di daerah Jawa, banyak
jalan-jalan alternatif yang didirikan oleh pemerintah daerah untuk memperlancar
arus mudik. Jadi tidak ada salahnya
menempuh jalan yang sepertinya jauh, tapi bisa sampai lebih cepat, saat lagi
musim mudik. Daripada menempuh jalan yang lebih dekat, namun macet, yang
akhirnya berjam-jam di jalan, dan sampai di tempat tujuannya juga lebih lama.
Penyerahan souvenir pada Bapak Sony dari Mobil123.com |
Nah, jika sudah memperhatikan dan
melaksanakan 3 hal di atas, resiko terjadinya kecelakaan saat mudik bisa
dihindari. Memang kalau bicara mudik itu harus mempersiapkan segala sesuatunya,
baik fisik, mental, dan juga kendaraan. Makanya jadilah pemudik cerdas yang
dapat menjaga keselamatannya, penumpangnya, dan juga orang lain. Selamat Hari
Raya Idul Fitri dan selamat menikmati liburan yaa, semoga selamat pergi dan
balik dari mudiknyaa J
Women in red :D (Sumber foto : Roosvansia) |
6 comments