Tata Motors di GIIAS 2016, Play Strong dengan Tema “Think Business, Think Tata Motors”
By Dewi Sulistiawaty - Agustus 19, 2016
Senangnya, tahun ini masih diberi
kesempatan untuk bisa berkunjung ke
sebuah ajang pameran otomotif terbesar yaitu Gaikindo International Indonesia
Auto Show (GIIAS) 2016. Senang, karena bisa melihat langsung perkembangan dan juga
inovasi terbaru dari berbagai macam merek otomotif yang mejeng di sana.
Teman Blogger saat mampir di booth Mobil123.com |
Seperti ini nih misalnya, ketika saya
takjub melihat sebuah truk dengan bentuknya yang keren banget, seperti sebuah
kendaraan model masa depan yang di film-film itu. Setelah berkenalan, ternyata
namanya Tata Ultra 1012. Iya, Tata, Tata Motors. Tata Motors Limited itu merupakan
sebuah perusahaan mobil terbesar di India, dan telah beroperasi di Inggris,
Korea Selatan, Thailand, Afrika Selatan, serta Indonesia.
Tata Ultra 1012 |
Bapak Wilda Bachtiar |
Nah, sebagai pembuat truk dan bis
10 besar dunia, Tata Motors memperkenalkan Tata Ultra 1012 di GIIAS 2016 ini. Dilihat
dari bentuknya, Tata Ultra 2012 ini sepertinya ringan, bukan ringan trus bisa diangkat-angkat yaa :D
Ternyata dugaan saya benar. Bapak Wilda Bachtiar, selaku Marketing Manager-Commercial Vehicle PT. Tata Motors Distribusi Indonesia mengatakan bahwa Tata Ultra merupakan truk ringan yang kuat, aman, multi guna, dan yang paling penting lagi adalah hemat BBM.
Ternyata dugaan saya benar. Bapak Wilda Bachtiar, selaku Marketing Manager-Commercial Vehicle PT. Tata Motors Distribusi Indonesia mengatakan bahwa Tata Ultra merupakan truk ringan yang kuat, aman, multi guna, dan yang paling penting lagi adalah hemat BBM.
Secara keseluruhan, kekuatan
utama dari Tata Motors itu adalah mobil niaganya, namun tidak seperti mobil
niaga pada umumnya, Tata mengaplikasikan apapun fasilitas rata-rata yang ada di
mobil passenger, baik dari segi safety-nya, kenyamannnya, dan yang utama
adalah dari segi efisiensinya.
Di bagian dashboard Tata Ultra ini terdapat berbagai macam indikator-indikator, salah satunya adalah indikator yang dapat memberitahukan pengemudi bahwa ia boros bahan bakar saat berkendara, sehingga dapat segera dikontrol. Tidak hanya itu, ada beberapa keunggulan lain dari Tata Ultra ini.
Di bagian dashboard Tata Ultra ini terdapat berbagai macam indikator-indikator, salah satunya adalah indikator yang dapat memberitahukan pengemudi bahwa ia boros bahan bakar saat berkendara, sehingga dapat segera dikontrol. Tidak hanya itu, ada beberapa keunggulan lain dari Tata Ultra ini.
Ada 5 keunggulan yang dimiliki
Tata Ultra, yaitu :
1. Ultra Versatile. Memiliki berbagai
macam pilihan varian yang sesuai untuk setiap aplikasi. Mulai dari yang
kapasitas angkutnya 4 hingga 7 ton, dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dengan
pilihan panjang 4 hingga 6 meter.
2. Ultra Style. Tampil dengan desain yang
gaya, yang merupakan kombinasi antara teknologi terkini dan tampilan yang lebih
modern. Dengan aneka macam fitur yang terdapat di dalamnya, safety, dan juga biaya yang rendah, Tata
Ultra telah mendobrak segmen standar kendaraan komersial ringan di Indonesia.
3. Ultra Comfort. Seperti layaknya mobil passenger, desain kabin interior Tata
Ultra dibuat senyaman mungkin dan menitikberatkan pada keselamatan pengendara,
dengan adanya seat adjuster, steering
adjuster, dan weight control seat.
Desain kabinnya memberikan pengemudi sudut pandang yang luas, serta kokpitnya
yang juga fungsional dan menarik.
Sistem stir
kemudinya ringan, dan dibekali pula dengan tilt
and telescopic collapsible, yang dapat menambah kenyamanan posisi
mengendrara dan mengoptimalkan stabilitas saat kendaraan dipacu dengan
kecepatan tinggi.
Sedangkan untuk
suspensinya, pada bagian depan Tata Ultra 1012 dilengkapi dengan parabolic leaf spring, dan semi eliptic leaf di bagian belakangnya.
Keduanya dilengkapi dengan shock absorber
dan rubber bushing.
4. Ultra Performance. Berat kotor
kendaraan sekitar 10 ton dengan menggunakan mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc,
yang dapat menghasilkan tenaga 125 PS @2400 rpm. Torsi 400 Nm @1300-1500 rpm,
merupakan torsi terbesar dibandingkan kompetitornya. Untuk transmisi, Tata
Ultra menggunakan G-550, dengan 6 gigi dan overdrive (OD).
5. Ultra Safe. Bagaimanapun keselamatan
merupakan hal yang utama saat berkendara. Untuk itu pada Tata Ultra dipasang
fitur rem angin atau full air brake.
Bisa dikatakan bahwa Tata Ultra merupakan satu-satunya truk yang menggunakan
fitur ini di kelasnya.
Ban radial tubeless atau ban tanpa ban dalam
yang dipasang pada rodanya, membuat daya cengkeramnya lebih kuat sehingga dapat
meningkatkan keamanan mengendara.
Tata Ultra juga
menyediakan neutral switch, side beam,
dan three points active retractable
safety belt. Sedangkan untuk chassis-nya,
Tata Ultra menggunakan teknologi Rolled
Frame dengan material high tensile.
Yuk, lihat performa Tata Ultra 1012 pada video di bawah ini.
Wuiih, mantap banget si Ultra yang satu ini, comfort dan safe, namun tetap tangguh dan gaya. Kata Bapak Wilda, Tata Motors
akan membanjiri pasar Indonesia dengan spare
part, dan juga jaringan purna jual, serta jaringan bengkelnya. Saat ini
Tata Motors sudah memiliki sekitar 119 Customer
Touch Point atau outlet untuk
bisa berkomunikasi dan mendapatkan layanan purna jualnya di Indonesia, baik itu
untuk servis atau hanya membeli spare part
saja, atau pun dua-duanya.
Selain si Ultra, Tata Motors juga memperkenalkan produk
terbaru lainnya yaitu Tata Xenon XT D-Cab 4x4. Xenon XT ini merupakan sebuah
kendaraan kabin ganda 4x4 yang tangguh dan jagoan dalam berbagai medan, seperti
padang pasir. Bisa juga digunakan sebagai transportasi angkut barang.
Sebelum diluncurkan di pasaran, selama setahun lebih Xenon
XT telah diuji jalan sebanyak 25.000 km di jalan dan berbagai medan yang ada di
Indonesia. Loading deck-nya berbahan double coorugated galvanized steel,
dengan ukuran panjang 1.430 mm, lebar 1.420 mm, dan tinggi 400 mm, serta daya
angkut hingga 1.000 kg.
Untuk mesinnya, Tata Xenon XT menggunakan Diesel Common
Rail Tata 2.2L VTT DICOR, yang dikombinasikan dengan transmisi manual
5-percepatan. Xenon XT ini bisa diajak berlari dengan kecepatan 160 km/ jam. Sama
seperti Ultra, Tata Motors mengutamakan keselamatan dengan menyematkan berbagai
fitur safety-nya.
Tata Motors juga sedang mengembangkan jaringan spare part store-nya di seluruh Indonesia, tidak hanya di Jawa, Sumatera, dan
Bali, namun juga di Lombok dan Sulawesi. Segera, Tata Motors akan membuka
layanan online juga untuk pembelian spare part-nya. Untuk hal ini akan diinfokan
lagi selanjutnya. Sedangkan untuk service center-nya sendiri, hingga saat ini
sudah ada sekitar 91 service center di Indonesia.
Oya, di 119 Customer Touch
Point tersebut, Tata Motors ber-partner
dan bekerjasama dengan berbagai dealer lokal, karena pihak Tata Motors
sendiri ternyata tidak diperkenankan untuk menjual atau bertransaksi langsung
dengan masyarakat. Tidak cukup dengan 119 outlet tersebut, Tata Motors
merencanakan akan men-training 1000 mekanik. Jadi untuk mekanik-mekanik pinggir jalan yang
cukup mempunyai reputasi bagus akan di-training,
sehingga ketika mereka kedatangan customer dengan kendaraan Tata Motors, mereka sudah dibekali dengan pengetahuan
tentang produknya Tata Motors.
Area pemasaran Tata Motors,
selain sekitaran Pulau Jawa, baik Jawa Barat, Tengah, dan Timur, juga sudah
sampai ke Pulau Sumatera, Bali bahkan Sulawesi. Jadi untuk order kendaraan Tata Motors bisa dimanapun dari titik-titik dealer-nya tersebut. Info lengkap
tentang lokasi dealer bisa dilihat di
website tatamotors.co.id. Untuk garansi produknya tidak perlu di pertanyakan
lagi, Tata Motors memberikan garansi yang terbaik di kelasnya, jaminan
ketersediaan suku cadang, serta jaminan 24 jam pengantaran pasti sampai atau
gratis jika tidak sampai. Kerenkan!
Dari awal kehadirannya di pasar
Indonesia, yaitu pada September tahun 2013 lalu, Tata Motors mempunya tagline Play Strong. Kesan atau image
bahwa Tata Motors adalah produk dengan plat yang kuat ini didapatkan Tata
Motors setelah dilakukan survey ke
semua calon pelanggannya di seluruh Indonesia. Strong Commitmen, Strong Product untuk memasarkan
kendaraan yang kuat, Strong Customer Care untuk purna jual yang kuat, serta
Strong CSR untuk kepedulian yang kuat terhadap masyarakat.
Pada GIIAS 2016 ini, Tata Motors
mengusung tema ‘Think Business, Think Tata Motors’, yang mewakili kapabilitas
produk Tata Motors di segmen kendaraan niaga yang memposisikan diri sebagai
mitra bisnis yang andal, baik di masa baik maupun buruk. Mau lihat langsung Tata
Ultra dan Tata Nexon XT, atau produk Tata Motors lainnya? Datang saja ke ICE
BSD, Tangerang di booth 3F, Hall 3A di GIIAS ke-24 tahun 2016.
Moko (Mobil Toko), teman bisnis yang gaya |
Produk lain Tata Motors yang hadir di GIIAS 2016 |
Test dirve di booth Tata Motors |
Foto : Pribadi
52 comments