Ngomong-ngomong tentang kendaraan
nih ya, ada cerita yang beredar, atau gosip, isu, atau apapun sebutannya, bahwa
wanita itu paling males merawat kendaraannya. Bener nggak ya? Emang sih,
biasanya masalah kendaraan, seputar otomotif, mekanik, juga urusan rawat-merawat
kendaraan itu identik dengan kaum pria ya, namun tidak sedikit juga wanita yang
tertarik dalam bidang ini. Contohnya Mba Ipoet Kusumonegoro.
Yap, Mba Ipoet Kusumonegoro,
putri seorang aktor Indro Warkop, merupakan seorang Lady Biker, pencinta Harley klasik. Tak tanggung-tanggung Mba Ipoet
punya 2 motor gede. Mungkin kesukaan Mba Ipoet terhadap motor ini, turun dari
ayahnya yang juga seorang biker. Mba
Ipoet menceritakan hal ini saat menjadi bintang tamu pada Acara Blogger
Gathering bersama Mobil123.com, siang tadi (25 April 2017), di The Hook Resto
Jakarta.
Selain Mba Ipoet, hadir juga
Bapak Agung Prabowo, ST, Technical Specialist Integrated Lubrication Management Academy PT. Pertamina Lubricants, Bapak
Syafudin, Sales Marketing Region 3 PT. Pertamina Lubricants, dan Ibu Intania Prionggo, Public Relation PT. Pertamina Lubricants. Acara
yang mengangkat tema “Merawat Kendaraan Semudah Tersenyum” ini dimoderatori
oleh Bapak Indra Prabowo, Managing Editor Mobil123.com, sebuah Portal Otomotif No.1 di Indonesia.
Bpk. Indra |
Sebenarnya acara hari ini dibikin
dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April
kemarin. Bagaimana caranya para wanita merawat kendaraannya. Karena stigma yang
beredar di masyarakat, kalau kendaraan bekas pemiliknya adalah perempuan, maka
harga jualnya akan turun, karena biasanya kendaraan tersebut kurang dirawat.
Hmm, begitu ya? Stigma ini mustinya bisa kita singkirkan nih!
Ibu Intania |
Mungkin sedikit banyak perihal
merawat kendaraan memang kurang disukai oleh kaum hawa ya. Tapi kita sebagai
perempuan masa kini, harusnya bisa dong melakukan pekerjaan atau hal-hal yang
biasanya disukai kaum lelaki ini, yaitu merawat kendaraan. Kan sudah zamannya
emansipasi wanita, iya nggak :D Apalagi saat ini, banyak banget wanita yang
membawa kendaraan sendiri, dan berurusan langsung dengan yang namanya bengkel.
Merawat kendaraan itu semudah
tersenyum! Begitu tema yang diangkat. Merawat kendaraan itu sebenarnya nggak
usah dibikin ribet, nggak usah dibikin susah, dan nggak usah mahal-mahal.
Bagaimana caranya? Nah, Bapak Agung kemudian menjelaskan beberapa tip bagaimana
caranya merawat kendaraan.
Tips merawat mobil ala
Bapak Agung :
- Ketersediaan Toolkit. Secara rutin memeriksa kelengkapan dan kondisi toolkit. Pastikan toolkit ini siap pakai. Letakkan toolkit dalam satu box khusus.
- Tekanan Angin. Secara rutin, atau sekali seminggu memeriksa tekanan angin pada ban mobil. Pastikan tekanan angin sudah memenuhi syarat aman untuk dipakai berkendara.Tekanan angin berpengaruh pada oli. Karena jika tekanan angin pada ban rendah, maka kecepatan kendaraan akan ikut berkurang, sehingga boros bahan bakar. Lama atau tidaknya umur oli, salah satunya dipengaruhi oleh borosnya bahan bakar.
- Kondisi Jok Mobil. Rutin membersihkan jok mobil. Ini berguna untuk kenyamanan saat berkendara.
- Kebersihan Body Mobil. Kebersihan body mobil seperti kaca juga penting ya, karena kaca yang kusam, buram, atau penuh goresan, tentu dapat menghalangi pandangan pengemudi.
- Kebersihan Kaca. Sama seperti yang di atas, namun di atas body secara keseluruhan ya. Kalau disuruh memilih, lebih baik membersihkan kaca, dan body-nya nggak, karena kebersihan kaca sangat penting untuk pandangan pengemudi. Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil adalah dengan menggunakan pasta gigi. Untuk celah yang susah dijangkau bisa menggunakan sikat gigi.
- Fungsi Lampu Mobil. Maksudnya adalah lampu indikasi dalam kendaraan atau dashboard. Baik itu lampu indikasi untuk lampu depan, lampu belakang, maupun lampu pada kabin. Pastikan semua dalam kondisi baik, karena lampu-lampu ini sangat membantu kita saat berkendara, dan agar tetap ebrada dalam kondisi aman.
- Cek Oli Mesin. Ini yang paling penting dalam hal memanaskan mesin kendaraan, yaitu oli. Ini ibaratnya darah bagi manusia ya. Rentang waktu penggunaan oli ini berbeda-beda, sesuai dengan merk oli yang digunakan. Jadi pastikan oli diperiksa secara rutin.
- Cek Air Radiator. Ini hampir sama dengan memeriksa oli, karena air radiator sangat berperan pada mesin kendaraan. Jika air radiator tidak berfungsi dengan baik, maka oli tidak dapat berfungsi dengan baik pula. Jadi pastikan rutin memeriksa air radiator, jangan sampai mengalami kebocoran.
- Kondisi Aki. Aki berperan pada kondisi kelistrikan mobil, dan juga semua yang berkaitan dengan bagian-bagian elektronik yang ada pada kendaraan. Jadi rutin periksa aki, salah satu caranya adalah dengan memeriksa level indikatornya.
- Keberadaan Ban Serep. Walaupun cuma ban cadangan, namun ban serep akan sangat penting, saat kita menghadapi kondisi yang tidak terduga. Makanya jangan sepelekan kondisi ban serep, pastikan selalu dalam kondisi baik dan siapa pakai.
Cara Merawat Motor ala
Bapak Agung :
Sebenarnya cara merawat motor tak
jauh beda dengan merawat mobil, cuma ada beberapa hal juga yang perlu
ditambahkan.
- Cek Kondisi Oli. Sama seperti mobil, rutin memeriksa oli pada motor.
- Cek Kondisi Aki. Sama seperti mobil, harus rutin memeriksa aki pada motor.
- Periksa Rantai dan Gir. Jangan sampai rantai terlalu kencang atau malah terlalu kendor. Jika gir dirasa sudah terlalu tajam, segera ganti, karena bisa mengakibatkan rantai lepas atau putus. Jika ini terjadi, maka dapat membahayakan keselamatan pengendaranya.
- Periksa Kabel Koil dan Busi. Jika kabel koil terlihat ada retak atau sudah berumur, segera ganti. Begitupun dengan busi yang berfungsi sebagai sumber api saat terjadi pembakaran pada motor. Jika sudah kotor atau berumur, segera ganti, sesuai dengan yang di std pabrikannya.
- Perhatikan Selang Bensin. Menggunakan bensin bukan dari POM bensin dapat menyebabkan selang bensin cepat kotor dan akhirnya tersumbat. Begitupun jika usianya sudah cukup lama, karena ada kemungkinan selang ini bocor. Makanya rutin periksa selang bensin ya.
- Panaskan Motor Secukupnya. Ini nih, salah satu kegiatan yang kadang suka dilupakan atau dianggap sepele. Padahal memanaskan motor tidak perlu waktu yang lama, yaitu cukup 2 menit, dan bisa disambi dengan kegiatan lainnya. Ini agar oli dapat melumaskan mesin, sehingga mesin tidak terlalu berat bekerja, sehingga dapat membuat boros bensin.
- Periksa Tekanan Angin Ban. Sama seperti mobil, rutin memeriksakan kondisi tekanan angin pada ban.
- Gunakan Sparepart Asli. Selalu gunakan sparepart yang asli, yang direkomendasikan dari pabrikannya, termasuk oli yang dipakai. Karena sparepart asli tentu sudah disesuaikan tingkatan mutunya dengan motor tersebut.
- Jangan Lupa Cuci dan Salon Motornya. Rutin mencuci motor agar selalu terlihat baru. Pastikan saat mencuci jangan sampai air masuk ke bagian-bagian yang tidak boleh terkena air, seperti bagian electric, karburasi, dan bagian dalam knalpot.
Sedikit Ulasan Mengenai Oli
Oli merupakan bagian penting
dalam sebuah kendaraan, karena oli mempunyai banyak fungsi bagi kendaraan.
Diantaranya adalah sebagai pelumas, pembersih, dan pendingin.
- Pelumas (Lubricate). Oli berfungsi untuk melicinkan, sehingga dapat mengurangi gesekan, dan mencegah kerusakan pada permukaan komponennya.
- Pembersih (Clean). Oli membuang sisa pembakaran, sisa-sisa gesekan yang terjadi.
- Pendingin (Cool). Selain air radiator, oli juga berfungsi untuk mentransfer panas.
Secara visual, oli yang masih baik
bisa dilihat, seperti warnanya yang masih bersih (warna tidak kotor/ coklat kehitaman),
dan tingkat keenceran yang masih seperti oli baru. Oli dengan kualitas yang
rendah dapat berdampak pada mesin. Mesin menjadi lebih cepat aus, sehingga umur
mesin menjadi lebih pendek.
Cara memilih oli yang
tepat dan benar
- Kita harus tahu material oli dan bahan dasarnya. Kita harus tahu oli mana yang dari mineral, dan mana yang oli synthetic blend (semi sintetik). Oli berbahan mineral terbuat dari fosil/ minyak bumi. Sedangkan oli synthetic adalah oli yang terbuat dari pengolahan sintesis kimia. Sebenarnya keduanya baik digunakan, cuma untuk yang oli synthetic lebih baik fungsinya dibandingkan oli mineral. Jika dari awal atau dari pabrikan sudah menggunakan oli mineral, untuk seterusnya sebaiknya gunakan jenis oli yang sama, begitupun sebaliknya.
- Jenis oli berdasarkan kode dan sertifikasi. Lihat oli kendaraannya, masuk atau tidak dalam kode dan sertifikasinya.
- Memilih oli berdasarkan kekentalannya. Sesuaikan oli dengan bawaan dari kendaraannya.
Bpk. Syahrudin |
Ada beberapa pelumas varian baru
yang dikeluarkan oleh Pertamina Lubricants untuk sepeda motor, seperti Enduro
Matic G SAE 20W-40 API SL JASO MB, Meditran SX Bio (untuk Solar), dan Fastron
(untuk Premium). Enduro Matic G varian baru ini mempunyai tingkat kekentalan
yang lebih dari varian sebelumnya. “Sejak Januari 2015, kita melakukan kerjasama
dengan Lamborgini. Jadi oli kita sudah ditempatkan di 140 outlet atau showroom di seluruh dunia, dan digunakan
oleh para pemakai Lamborgini,” papar Bapak Syahrudin.
Fastron, dengan NanoGuard
Technology, pelumas sintetik terkini yang berkualitas tinggi, secara optimal
melindungi mesin hingga ke celah-celah tersempit. Fastron juga mendukung
kinerja mesin yang ramah lingkungan, menggunakan exhaust after treatment devices, sehingga lebih hemat bahan bakar.
Saat ini fastron ini lagi digandrungi oleh pengguna motor matic yang di atas 125 cc, karena olinya bisa tahan sampai pemakaian
15.000 km atau sampai 1 tahun lebih.
Mba Ipoet |
So, gak melulu kalau perempuan yang punya kendaraan, kendaraan
tersebut bakal tidak terawat ya. Apalagi kalau ada yang bilang perawatan
kendaraan itu mahal. Karena mahalnya perawatan itu terjadi karena kita suka malas
melakukan perawatan rutin, yang mestinya bisa dilakukan dengan mudah di rumah,
sehingga banyak yang musti diperbaiki dan diganti pada saat kita melakukan service kendaraan. Satu lagi pesan dari
Mba Ipoet, jangan suka kasar saat bawa kendaraan, karena secara otomatis
kendaraan tersebut akan ikutan ‘kasar’ juga, alias mudah rusak.
Sumber Foto : Pribadi
17 comments
Wuhuuu anaknya pakde Indro.
BalasHapusBTW penting tuh, radiator sama aki gak boleh kering. Bahayabitu bhayaaa. Radiator kering, mobil langsung berasap dah.
Iyaa, makanya gak kudu perempuan aja yang harus tau, lelaki juga dong ya :D
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKalau mak mak pengalaman sih jarang mau ke bengkel alasan kotor n gak tau apa aja spare part yang mau diganti.
HapusKartini sekarang, selain jago masak kudu juga loh tau bagaimana merawat kendaraan.
Yoi Mas :)
HapusUniii Tips nya sangat detail. Bookmark ah :)
BalasHapusHehe...makasih Teh Ani :)
HapusNah, kunci merawatnya harus pinter milih minyak mesin nih.
BalasHapusSelain minyak, oli juga ya Mas :D
HapusNah, saya setuju nih kata siapa yah kalo perempuan soal otomotif gak rawat? Aku malah mikirnya kalo perempuan justru lebih rawat sama kendaraan mereka.
BalasHapusHahaha....kata lelaki begituh Dede :)))
HapusTipsnya membantu dan bermanfaat bgt, bisa bgt buat perempuan2 yg awam mesin jd tau lebih banyak heheh
BalasHapusSemoga bisa membantu ya Mbaa :)
HapusSekarang jdi tau nih, klo mau pilih oli yg baik, thx ya tipsnya mba dewi
BalasHapusSama-sama Mas Teddy :)
Hapusngomong2 Enduro Matic G SAE 20W-40 , minggu lalu sudah coba pake. rasanya beda dari oli sebelumnya, jadi ga berisik motornya
BalasHapusNah, bener berarti ya :D
Hapus