Mengintip Si Gesit XPANDER di Pabrik Mitsubishi Cikarang
By Dewi Sulistiawaty - Februari 10, 2018
Bisa
mengintip langsung pembuatan mobil di pabriknya itu adalah ‘sesuatu’ banget!
Gimana nggak, masuk ke pabriknya saja pasti susah, dan tidak semua orang bisa mendapatkan
akses ke sana. Iya kaan. Makanya saya senang banget, ketika mendapat undangan
dari Komunitas Indonesian Social Blogpreneur, bersama dengan Mobil123.com – sebuah
portal otomotif no.1 di Indonesia, untuk ikut XPANDER Plant Tour ke pabrik
Mitsubishi di Cikarang.
Hari
Rabu pagi, tanggal 7 Februari 2018 kemarin, saya dan teman blogger yang lain
sudah berkumpul di lobi Mal fX Sudirman. Dari sana, rombongan kami naik bus
menuju pabrik Mitsubishi di Cikarang. Oya, sebelum sampai pabrik, kami mengisi
perut dulu di Rumah Makan Padang dekat sana. Usai makan dan sholat, kami tak
langsung berangkat menuju pabrik. Menurut tim dari Mobil123, kami diminta
menunggu dulu sebentar. Ternyata peserta XPANDER Plant Tour ini cukup banyak, terdiri
dari media, blogger, dan juga komunitas. Jadi, agar tidak terlalu ramai dan
mengganggu kegiatan dalam pabrik, plant tour-nya dibagi dalam beberapa kelompok.
Makanya kami diminta menunggu instruksi dari pabrik, sampai rombongan sebelum
kami usai plant tour.
Keluar
dari rumah makan, kami disambut dengan hujan yang lumayan deras. Untunglah
sesampainya di pabrik Mitsubishi, hujan mulai reda. Jadi bisalah saya dan
teman-teman berfoto di depan banner yang ditempel di pagar, menyambut para
peserta yang datang *teteup ya :D Pas rombongan kami masuk, saat itu pula
rombongan sebelum kami keluar dari lobi. Di dalam, kami pun diberitahukan
mengenai peraturan apa saja yang musti dipatuhi selama berada dalam gedung
Mitsubishi, maupun saat plant tour. Salah satunya adalah larangan untuk
mengambil foto selama plant tour. Baiklah, mari patuhi aturan ya :)
Sebelum
plant tour, semua peserta bertemu dengan jajaran manajemen PT. Mitsubishi
Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Conference Room. Diantaranya ada Mr.
Takao Kato, selaku President Director PT. MMKI; Mr. Kyoya Kondo, selaku
President Director PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI);
Bapak Irwan Kuncoro, selaku Marketing Director PT. MMKSI; dan Mr. Takehisa
Usami, selaku Executive Vice President PT. MMKI. Lalu ada beberapa tim manajemen
lainnya yang duduk dibarisan belakang. Oya, saat itu juga ada Mas Rifat Helmy
Sungkar atau lebih dikenal dengan nama Rifat Sungkar lho! Doi adalah seorang
pereli dan juga suami dari Mba Sissy Priscillia. Nah, Mas Rifat merupakan Product
Ambassador PT. MMKI ini.
Kondo San |
Di
awal acara, Mr. Kondo mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan semua
peserta dan juga masyarakat Indonesia, yang ternyata sangat antusias terhadap
kehadiran Mitsubishi XPANDER. Terbukti hingga saat itu, jumlah pemesanan untuk XPANDER
mencapai lebih dari 50 ribu unit, dan ini diluar ekspektasi mereka. Bahkan Mr.
Kondo menyampaikan permintaan maafnya pada konsumen yang masih menunggu produk XPANDER. Untuk mengatasi hal ini, pihak PT. MMKI akan
meningkatkan lagi pelayanannya, dengan menambah shift produksi di pabrik perakitan XPANDER, serta mempercepat
pengiriman kendaraan ke konsumen.
Kato San |
Sementara
Mr. Kato menjelaskan mengenai pabrik MMKI. Dari Mr. Kato saya mengetahui bahwa
pabrik ini ternyata baru saja berdiri, tepatnya pada tanggal 25 April 2017
lalu, dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Pabrik MMKI berdiri di tanah
seluas 51 hektar, dan mampu memproduksi sekitar 160 ribu unit mobil per tahunnya,
bahkan akan ditingkatkan lagi menjadi 240 ribu per tahunnya. Pabrik MMKI memiliki
sistem assembling terlengkap mulai
dari kendaraan penumpang, hingga kendaraan niaga ringan. Selain Mitsubishi
XPANDER, di pabrik ini juga diproduksi Mobil PAJERO Sport, serta tak lama lagi
juga akan memproduksi L300.
Dari
segi kualitas, PT. MMKI menggunakan standar global, karena produknya tidak
hanya dipasarkan di Indonesia, namun juga akan diekspor keluar negeri. Walaupun
pabriknya tergolong baru, dengan karyawan baru dan juga sebagian besar supplier-nya baru, namun MMKI tetap
menjaga kualitas produknya, seberapa pun besarnya pemesanan yang datang. Secara
bertahap, MMKI berencana akan meningkatkan kapasitas produksinya, sehingga
dapat memenuhi permintaan konsumen.
Mr.
Kato pun menjelaskan lagi bahwa pabrik ini sangat ramah lingkungan. Seperti adanya
pendaur ulang air limbah, pemanfaatan air hujan, dan pengurangan emisi karbon
dioksida. Sedangkan untuk menjaga keandalan dan kualitas produk, semua
peralatan sudah menggunakan teknologi canggih, seperti penggunaan alat pembaca barcode untuk mengetahui data sebuah
kendaraan, dan e-check system untuk quality inspection.
Selanjutnya
Mas Rifat menjelaskan mengenai Mitsubishi XPANDER. Kata Mas Rifat, XPANDER
sengaja dirancang sedemikian rupa, dengan tampilan yang sangat atraktif, agar
generasi zaman now bisa menikmatinya, dengan kemampuan berkendara yang sangat
nyaman. Bagian depan XPANDER tampil dengan bentuk yang dynamic shield, dan ini menjadi identitas baru bagi seluruh kendaraan
Mitsubishi, mulai dari PAJERO Sport, Outlander Sport, serta XPANDER.
Mas Rifat |
“Di
bagian depan ada 3 titik lampu, yaitu di atasnya ada LED Positioning Lights,
lampu depan utama di bagian bumper, dan bohlam di bagian bawah. Posisi lampu
yang ada di bumper kelihatannya
rendah, padahal sebenarnya posisinya cukup tinggi. Ini karena konsep desain
XPANDER yang sangat futuristic,
sehingga efeknya terlihat rendah,” papar Mas Rifat.
Jika
dilihat dari depan, XPANDER tampil gahar menurut saya. Sedangkan kalau dari samping,
tampilan XPANDER terlihat ‘lega’. Mungkin ini karena desainnya, plus
lekukan-lekukannya yang membuat kabin XPANDER terlihat lapang ya. Menurut Mas
Rifat, desain bagian samping Mitsubishi XPANDER mengadopsi desain ‘floating roof’, makanya terlihat seperti
itu. Roda dengan velg 16 inch two-tone
color, menambah gagah penampilan XPANDER ini.
Mitsubishi XPANDER Sumber foto : topgear.com |
Sedangkan
bagian belakang XPANDER, lampunya sengaja diposisikan sedikit lebih tinggi.
Menurut info yang saya dapatkan, hal ini dimaksudkan agar jika kendaraan berada
dalam keadaan macet dimana posisi kendaraan satu dengan yang lain sangat rapat,
kendaraan di belakang XPANDER bisa melihat lampu dengan baik. Keistimewaan lain
dari XPANDER adalah dengan adanya 19 titik tempat penyimpanan di dalam kendaraan.
Sehingga pengendara bisa menyimpan berbagai peralatannya dengan baik dan rapi
di dalam kendaraan. Walaupun memiliki banyak tempat penyimpanan, ini tidak
mengurangi space di kabin.
Keistimewaan
lain dari XPANDER menurut Mas Rifat adalah di bagian stirnya. Stir XPANDER bisa
diatur kemiringannya dan juga tinggi rendahnya. Sehingga bisa menyesuaikan
dengan postur pengemudinya. Untuk mesin 1500 cc dengan tenaga yang cukup,
XPANDER punya konsep efisiensi terhadap bahan bakar, dengan mengaplikasikan
torsi yang ideal, baik untuk transmisi 5 kecepatan manual, maupun untuk
transmisi automatic dari XPANDER.
Dari segi handling pun XPANDER ini
sangat nyaman dan stabil menurut Mas Rifat. Ternyata sistem supensinya diadopsi
dari teknologi Lancer Evo X.
Setelah
mendapatkan informasi dan penjelasan mengenai XPANDER, plant tour pun dimulai. Kami diminta untuk menggunakan kacamata
pelindung, topi, dan guide phone yang
telah disediakan. Karena areanya luas, kami diantar menggunakan bus. Saya dan
teman-teman pun mengikuti tim pemandu dari MMKI. Berjalan di dalam pabrik musti
mengikuti jalur yang sudah ditentukan (nampak di lantai). Kami mengunjungi satu
persatu mulai dari bagian stamping, welding, painting, assembling, dan quality
inspection. Beberapa pekerjaan dilakukan oleh robot, mungkin untuk
meminimalisir terjadinya kecelakaan pada tenaga manusia, serta untuk menjamin tingkat
akurasi dan presisi yang tinggi pada kendaraan ya. Usai mengintip pembuatan XPANDER,
bus pun melaju memasuki area untuk test
drive. Baiklaah, mari kita ‘cicipi’ si XPANDER iniiiii :D
Saat test drive, walaupun saya hanya sebagai penumpang, tapi saya bisa merasakan nyamannya berkendara dengan XPANDER ini. Ada 4 titik test pack yang musti dilalui. Saat kendaraan melaju kencang dan tiba-tiba mengerem mendadak, posisi mobil berhenti, namun roda tidak terkunci dan masih bisa dibelokkan, sehingga dapat menghindari objek tabrak. Ini karena Mitsubishi XPANDER sudah dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-lock Braking System) dengan EBD (Electronic Brake Force Distribution). XPANDER juga dilengkapi dengan fitur ESS (Emergency Stop Signal), sehingga saat pengereman mendadak tersebut, semua lampu menyala berkedip-kedip.
Saat test drive, walaupun saya hanya sebagai penumpang, tapi saya bisa merasakan nyamannya berkendara dengan XPANDER ini. Ada 4 titik test pack yang musti dilalui. Saat kendaraan melaju kencang dan tiba-tiba mengerem mendadak, posisi mobil berhenti, namun roda tidak terkunci dan masih bisa dibelokkan, sehingga dapat menghindari objek tabrak. Ini karena Mitsubishi XPANDER sudah dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-lock Braking System) dengan EBD (Electronic Brake Force Distribution). XPANDER juga dilengkapi dengan fitur ESS (Emergency Stop Signal), sehingga saat pengereman mendadak tersebut, semua lampu menyala berkedip-kedip.
XPANDER
pun dilengkapi dengan fitur ASC (Active Stability Control), sehingga saat
menikung tajam dengan kecepatan yang tinggi, mobil tetap dalam kondisi stabil. Begitupun
saat XPANDER melewati rintangan berupa tanjakan-tanjakan kecil, penumpang masih
bisa duduk dengan nyaman, tanpa kendala. Oya, XPANDER ini memiliki 2 airbag yang terletak di bagian pengemudi
dan bangku di sampingnya, serta 4 safety
belt, yaitu dua di bangku bagian depan dan dua di bangku bagian tengah.
Awal
ikut sebagai penumpang untuk test drive
ini, saya sedikit deg degan, hehe…. Karena kendaraan yang diuji akan melaju
kencang, trus tiba-tiba mengerem, melaju kencang lagi, sambil zig zag. Tapi
kecemasan saya langsung hilang, karena ternyata XPANDER ini bisa melaju dalam
keadaan stabil, dan penumpang tetap bisa duduk dengan nyaman di dalamnya :D Oya, selamat ya buat XPANDER karena baru saja berhasil
meraih 4 bintang dalam uji tabrak ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for
Southeast Asian Countries). Ini membuktikan bahwa XPANDER mempunyai tingkat
keamanan yang cukup memuaskan.
Usai
test drive, maka usai pula kunjungan
saya dan teman-teman di pabrik Mitsubishi. Kami kembali ke bus dengan perasaan
puas. Bisa mengintip bagaimana pembuatan dan perakitan Mitsubishi XPANDER,
bertemu langsung dengan manajemen PT. MMKI dan juga Mas Rifat, serta bisa
menjajal ketangguhan dan performa XPANDER dijalanan, dengan ikutan test drive. Terima kasih ISB,
Mobil123.com, dan tim MMKI, yang sudah memberikan kesempatan pada saya untuk
berkunjung ke pabrik Mitsubishi. Ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan
bagi saya. Moga bisa berkunjung lagi di lain waktu, mungkin dengan membawa si
XPANDER pulang yaa… amiiin :D
Foto : Pribadi
14 comments
Pas manuver, penumpang pada teriak enggak? 😁
BalasHapusHore... oom naek xpander
BalasHapusPas ngerem biasanya cewek 2 teriak yak? Hi hi
BalasHapusAsik yah dpt kesempatan mengintip proses perakitan Xpander ....emang Kren desainya
BalasHapussenang bs ngintip si gesit di dapurnya :D
BalasHapusIkutan ngintip ah :)
BalasHapusOmak baru pertama kali ini ikutan test drive. Alamak seru kaliii sport jantung awak. :))))
BalasHapusSeru bisa nyobain jadi penumpang Xpander :)
BalasHapusSeru dan deg2an awalnya pas adi penumpang test drive tapi ternyata nyaman walau rem mendadak :)
BalasHapuspas ngerem dalem dalem emang bikin deg deg an tuh... tapi pas nikung enak... meliuk liuk di dalem hihi
BalasHapussesuatu banget bisa mencicipi mobil paling ngehit se-Tanah Air, ternyata tampilannya gahar banget, suspensi nyaman buanget :)
BalasHapusPengalaman yang seru ya Un bisa main ke Pabrik Mitsubishi apalagi pas sesi test drive *bikin nagih hahaha
BalasHapusSama mbak Dewi. Aku juga pas mau test drive mulanya deg-degan. Pas udah naik dan selesai jadi ketagihan. 🤣🤣🤣
BalasHapuskamu deg-deg-an, knapa nggak bilang aku biar bisa duduk di samping kamuuuu....
BalasHapus