Nyaman Berbelanja di Lorong Dunia Bunda & Si Kecil Alfamart
By Dewi Sulistiawaty - Maret 01, 2018
Dulu
saya pernah mengalami kesulitan saat berbelanja kebutuhan si kecil. Waktu itu,
karena dia sudah bertambah usia, saya ingin mengganti produk susunya, sesuai
dengan tingkat usianya. Seperti biasa, saya membaca dulu ingredients dan kandungan gizi yang terkandung di dalam produk
tersebut, karena saya ingin memberikan produk dengan nutrisi terbaik, dan cocok
bagi si kecil. Jadinya saya musti membaca satu persatu label yang terdapat pada
kemasan di tiap produknya. Yang jadi masalah adalah letak produk yang satu
dengan produk lainnya itu berjauhan, hadeh…capek deh.
Namun
karena ingin memberikan yang terbaik buat si kecil, saya pun akhirnya menenteng
produk yang satu untuk dibawa ke lorong lain, dan kemudian membaca lagi informasi dari produk lain, yang letaknya agak
jauh. Kebayang kan jika produk yang ingin saya lihat lebih dari dua, hehe.
Yang ada saya mondar mandir dari lorong yang satu ke lorong lainnya *udah kayak
setrikaan deh XD. Sebenarnya buat si kecil apapun akan saya lakukan, mau mondar
mandir sepuluh kali juga saya jabani :))) Cuma kan jadi kurang nyaman saja,
ditambah lagi dengan waktu yang banyak terbuang akibat mondar mandir. Sekecil apapun waktu yang saya punya, itu sangat berharga, yekaan :D
Kalau
lagi bad mood, saya pernah ngedumel
sih dalam hati, ini mengapa produk letaknya berjauhan sih, kan bikin repot
saya saja, hihi (begitulah bu ibu kalau lagi esmosi, bawaannya egois aja :)))
Belum lagi kalau bawa si kecil saat berbelanja, yang kadang suka rewel,
pengennya buru-buru pulang saja. Sepertinya keluhan saya, dan mungkin ibu-ibu
yang lain juga, mendapat perhatian dari PT. Nutricia Indonesia Sejahtera
(Nutricia) dan PT. Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada). Sedaap... :D
Iyap,
tahu kalau para ibu biasanya berbelanja kebutuhan sehari-hari di toko-toko terdekat dari rumahnya,
Nutricia dan Sarihusada melakukan kerjasama dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya,
Tbk (Alfamart). Tahukan, kalau toko Alfamart itu banyak tersebar di seluruh wilayah
Indonesia, bahkan sampai ke desa-desa. Mungkin karena itulah Nutricia
Sarihusada memilih bekerjasama dengan Alfamart ya. Eh, sebenarnya kerjasama ini
sudah dimulai sejak lama sih, yaitu sejak tahun 2012 lalu. Sepertinya kerjasama
ini kembali dikembangkan tahun ini :)
Peresmian
kerjasama antara Nutricia Sarihusada dengan Alfamart ini diselenggarakan pada
hari Senin, 26 Februari 2018 kemarin, di Alfamart Graha Raya Serpong, Tangerang.
Hadir pada saat ini Bapak Michael Toh, selaku Sales Director PT. Nutricia
Indonesia Sejahtera, Bapak Ryan Alfons Kaloh, selaku Marketing Director
Alfamart, dan Mba Natasha Rizky, seorang selebriti, ibu dua anak, dan merupakan
salah satu konsumen Alfamart.
Peluncuran lorong "Dunia Bunda & Si Kecil |
Kerjasama
yang dilakukan adalah dengan mengembangkan sebuah konsep yang dinamakan lorong ‘Dunia
Bunda & Si Kecil’. Apasih lorong Dunia Bunda & Si Kecil ini? Dunia
Bunda & Si Kecil adalah penempatan atau pengelompokan produk-produk nutrisi
untuk ibu hamil, menyusui, dan anak usia 1-5 tahun, berdasarkan kategorinya
dalam sebuah lorong. Jadi khusus untuk produk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak, berada dalam sebuah lorong gitu. Yeyy, nggak repot lagi ya untuk mencari dan
memilih produk-produk nutrisi untuk ibu dan anak :)
Bpk. Michael Toh |
Menurut
Bapak Michael Toh, dengan pengelompokan produk ini dapat membantu para ibu atau
konsumen dalam memilih produk nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya. Bapak
Toh juga berharap, konsep yang dikembangkan bersama Alfamart ini dapat
mempermudah navigasi belanja, serta menciptakan pengalaman berbelanja yang
nyaman dan unik, sehingga waktu belanja konsumen bisa menjadi lebih efisien dan
efektif. Nah, ini baru bener, jadi nggak musti jauh-jauhan lagi nyari
produknya, hehe….
Pada
tahun 2012 lalu, Alfamart (bersama dengan Nutricia Sarihusada) sudah menjadikan
3 tokonya sebagai pilot project untuk
konsep lorong Dunia Bunda & Si Kecil. Hingga pada tahun 2013, konsep ini dikembangkan
juga ke 7.300 toko Alfamart lainnya di seluruh Indonesia. Nah, karena konsep ini
mendapat sambutan yang baik dari konsumen (salah satunya saya, hehe), makanya konsep
lorong Dunia Bunda & Si Kecil ini diteruskan lagi tahun ini. Rencananya konsepnya
akan diterapkan di lebih dari 10 ribu toko Alfamart yang tersebar dimana-mana.
Bpk. Ryan |
Pada
acara peluncuran ‘Dunia Bunda & Si Kecil’ tersebut, Bapak Ryan
mengungkapkan bahwa tujuan utama dari kerjasama ini adalah ingin memberikan
pengalaman berbelanja yang menarik dan praktis, serta penuh solusi pada ibu
serta anaknya, agar mereka bisa menemukan semua kebutuhan mereka dalam satu
lokasi yang nyaman. Kerjasama yang sudah berjalan di tahun keenam ini, disambut
hangat oleh Bapak Ryan, karena menurutnya konsep penataan area penjualan produk
yang informatif ini pasti akan disambut baik oleh konsumen.
Oya,
ternyata selain pengelompokan produk nutrisi untuk ibu dan anak dalam satu
lokasi, konsumen juga bisa mendapatkan edukasi mengenai kategori produk nutrisi
anak melalui panel-panel edukasi, yang bisa menjadi referensi bagi konsumen pada
saat memilih produk. Jadi dibandingkan tahun sebelumnya, pengelompokan saat ini
ditata dengan cara yang lebih spesifik lagi. Lebih bagus lagi dong ya, jadi
saya bisa mendapatkan referensi juga mengenai produk mana yang ingin saya beli
untuk anak saya. Informasi yang menarik dan sangat membantu menurut saya nih :)
Mba Natasha |
Eh, ternyata Mba Natasha pun berkomentar yang sama. Menurutnya, dengan adanya
lorong Dunia Bunda & Si Kecil di Alfamart, dia menjadi lebih mudah dalam
mencari produk bernutrisi untuk anaknya. Apalagi ada panel khusus yang
menyajikan informasi seputar gizi dan nutrisi, yang dapat menambah
pengetahuannya mengenai nutrisi. Bener banget Mba Natasha, saya juga seneng,
akhirnya ada penataan seperti ini di Alfamart, jadi saya lebih mudah mencari
produk nutrisi untuk saya, pun untuk anak saya. Gimana juga pasti lebih nyaman
kalau bisa memilih produk yang berada di lokasi yang sama ya. Lebih praktis,
gak ribet, dan hemat waktu :D
Saya
pun mencoba mengikuti langkah Bapak Michael Toh, Bapak Ryan, dan Mba Natasha menuju
ke lokasi yang menjadi lorong Dunia Bunda & Si Kecil di Alfamart. Saya penasaran
ingin lihat juga, hehe. Tuh kan, dengan penataan sesuai kategorinya ini, raknya
menjadi lebih rapi, mata pun enak memilih berbagai jenis produk nutrisi untuk
ibu dan anak. Tiinggal geser ke samping dikit, bisa baca informasi produk
nutrisi yang lain. Jadi lebih nyaman menurut saya. Terima kasih lho Nutricia
Sarihusada dan Alfamart, yang sudah mengerti akan kebutuhan konsumennya, dengan
memberikan kemudahan pada saya dan juga ibu lainnya dalam berbelanja produk
bernutrisi. Semoga konsep ini bisa terus berlanjut, bahkan mungkin akan
berkembang lagi dengan konsep baru yang lebih praktis dan inovatif :)
Foto-foto : Pribadi
11 comments