Dissy Reborn, Naik Kelasnya Kosmetik Lokal Rintisan Ussy Sulistiawaty
By Dewi Sulistiawaty - Juni 10, 2018
Dissy, bisnis kosmetik rintisan Ussy dan Andhika |
Udah kenal dengan produk kosmetik
yang dikeluarkan oleh Ussy Sulistiawaty bersama suaminya Andhika Pratama? Udah
lama juga lho Ussy merintis usaha kosmetiknya, yaitu sejak tahun 2014. Pada
waktu itu Ussy menjadi pelopor seorang seleb Indonesia yang membuka bisnis
kosmetik, yang kemudian diikuti oleh para seleb lainnya. Produk kosmetiknya
diberi nama Dissy, yang merupakan singkatan dari nama Dika dan Ussy. Ouu… so sweet yaa :)
Beberapa waktu lalu, tepatnya
pada hari Minggu, 3 Juni 2018, Ussy kembali meluncurkan produk terbaru yang
diberi tema #DissyReborn. Soft launching
Dissy Reborn diselenggarakan di Agneya Restaurant, Jakarta, dan tentu aja
dihadiri oleh Ussy dan Andhika. Simak deh apa kata Ussy tentang lahir
kembalinya Dissy.
Ussy |
Dissy Reborn itu adalah produk
terbaru Dissy, yang sangat berbeda dengan produk yang lama. Mmm, berbeda dalam
segi apa ya? “Waktu awal membuat Dissy, kita hanya membuat semampunya saja.
Dalam perjalanannya ternyata dari segi packaging,
formula, dan lain sebagainya kita masih ada yang kurang, sehingga banyak yang
harus kita perbaiki,” ungkap Ussy.
Dissy Reborn sengaja diluncurkan
bulan Mei tahun ini karena bertepatan dengan kelahiran Dissy 4 tahun yang lalu,
yang juga jatuh pada bulan Mei. Menurut Ussy, Dissy Reborn ini sudah ready di awal tahun 2018, namun sengaja
diulur peluncurannya hingga bulan Mei biar momennya pas dengan bulan kelahiran
Dissy. Dengan lahirnya Dissy Reborn, Ussy menjamin produk terbarunya ini
memiliki kualitas yang lebih bagus dari produk lama, karena segala kekurangan
dari produk lama sudah diperbaiki.
“Saya akan balikin uangnya kalau
hasil dari produk Dissy ini sampai crack
dan juga menggumpal, karena saya menjamin semua produk terbaru di Dissy Reborn
ini lebih bagus dari yang lama,” ujar Ussy lagi.
Jadi sejak diluncurkannya Dissy
Reborn, semua produk keluaran Dissy di-reborn
dengan packaging, formula, dan
logo yang beda. Di awal kehadirannya, Dissy memulainya dengan produk sabun
mandi cair dan lotion saja. Ternyata kedua produk ini saja yang tidak di-reborn. Kalo kata Andhika, brand Dissy
ini cuma mau naik kelas aja, semisal dulu SD sekarang naik ke SMP, berubah menjadi
yang lebih baik demi kepuasan Dissy sebagai produsen dan juga konsumennya.
Drama Korea yang sangat disenangi
Ussy telah menginspirasi lahirnya Dissy Lip Tint. Bibir para pemain drama Korea
yang berwarna pink natural dan nampak lembab (baca; sangat bagus dan menarik
XD) membuat Ussy penasaran dengan produk apa yang mereka gunakan. Saat Ussy
lagi main ke Korea, Ussy pun menemukan banyak produk lip tint yang dijual di
mal-mal. Setelah mencoba, Ussy langsung suka. Sesampainya di Indonesia Ussy
langsung mengeluarkan produk lip tint untuk Dissy.
Begitupun dengan produk baby
cushion yang biasa digunakan para artis Korea. Kulit wajah mereka terlihat
mulus dan lembut, membuat Ussy juga ingin mengeluarkan produk baby cushion. Tahu
sendiri gimana mahalnya produk cushion ya. Untuk itulah Ussy memberikan produk
cushion dengan harga yang murah namun kualitasnya tidak murahan. Saat ini Dissy
juga mengeluarkan produk eyeliner dan
eyebrown dengan kualitas dan packaging yang lebih bagus.
“Gak apa-apalah untung sedikit, yang
penting orang bisa nyobain baby cushion ya, karena menurut aku nggak semua
orang bisa beli baby cushion kalo harganya mahal. Aku begitu, gimana caranya
mengemas satu produk dengan harga Indonesia, harga yang terjangkau, tapi
kualitasnya bagus. Jangan pernah takut pake produk-produk Indonesia, karena
pada bagus-bagus kok. Jangan beranggapan kalo produk merek luar pasti produknya
bagus,” kata Ussy.
Walaupun sempat vakum beberapa
waktu lalu, sehingga Dissy seperti ‘mati suri’, Ussy tetap semangat untuk
meneruskan usahanya ini. Bahkan saat Andhika sendiri mulai pesimis dengan
bisnis kosmetik Dissy, Ussy meyakinkan bahwa bisnis ini mempunyai prospek yang
bagus, asalkan ia serius menjalankannya. Kemarin Dissy memang sempat nggak
mengeluarkan produk baru dan hanya me-repeat
produk-produk lama, karena Ussy fokus pada kehamilannya waktu itu. Jadi Ussy
mengakui vakumnya Dissy bukan karena produk atau barangnya, tapi karena
dirinya.
Andhika |
Reseller merupakan salah satu
kekuatan bagi Dissy.
Seperti yang dikatakan Andhika, penjualan secara offline dan online mempunyai
market yang berbeda, dan keduanya memberikan kontribusi yang cukup besar bagi
Dissy. Saat ini memang trennya banyak orang yang berbelanja secara online, tapi
nggak semua juga kan yang pada belanja online, yang offline juga masih banyak
(iya sih, liat aja gimana ramenya mal ya XD). Makanya Dissy tetap menjaga
penjualan secara offline. Untuk online pun Dissy sudah bekerjasama dengan e-commerce ternama seperti Lazada, Tokopedia,
Shopee, Blibli, dll.
Namun di luar itu semua, yang
dari awal ikut membesarkan nama Dissy adalah para reseller. Walaupun terkesan
remeh, tapi dulu income terbesar yang didapatkan Dissy adalah dari reseller,
yaitu sekitar 70% dari total pendapatan Dissy. Strategi pemasaran seperti ini
akan terus dilanjutkan pada Dissy, karena bisa jadi solusi bagi konsumen yang
ingin mendapatkan produk Dissy di daerah-daerah tertentu yang ongkos kirimnya
mahal. Sehingga mereka bisa mencari ke reseller-reseller terdekat di daerah
mereka.
Reseller ini tidak saja berdomisili
di Indonesia, namun juga ada di luar negeri, seperti di Hongkong, Taiwan, Malaysia,
dan juga Brunei Darussalam. Kata Ussy, dulu ia membuat grup khusus dengan para
reseller, bahkan grup ini masih ada hingga sekarang. Jadi para reseller ini
udah bukan seperti rekan bisnis lagi bagi Ussy, tapi udah seperti saudara.
Andhika pun menceritakan bagaimana pengalaman jatuh bangun mereka merintis
usaha kosmetik ini. Menurut Andhika semua orang pasti mengalami, bahkan orang
tersukses di dunia pun pernah jatuh.
Andhika
percaya, saat punya keyakinan dan berusaha untuk bangkit, maka kita bisa lebih
maju dari sebelumnya.
Dissy
Lip Gloss
Selain mengeluarkan produk dengan
varian yang beragam dan produk unggulannya yaitu Dissy Lip Velvet, dalam Dissy
Reborn line ini juga hadir produk lip
gloss. Kemasannya nampak elegan dengan bahan akrilik bening, dan tutup berwarna
hitam. Tangkai kuas sedikit panjang sehingga memudahkan kita untuk memoleskannya
ke bibir.
Dissy Lip Gloss |
Tekstur Dissy Lip Gloss berbentuk
seperti gel, berwarna bening, terasa sedikit berat, dan lengket saat
diaplikasikan ke bibir. Namun setelah beberapa saat dan lip gloss-nya kering di
bibir, kesan berat dan lengket itu langsung hilang. Bibir pun terlihat lebih glossy dan lembab. Awalnya saya nggak
terlalu suka menggunakan lip gloss, karena saya pikir lip gloss ini membuat lipstik
yang saya gunakan jadi mengilap.
Tapi setelah tahu bahwa ternyata
lip gloss bisa diaplikasikan langsung tanpa harus setelah menggunakan lipstik,
maka saya jadi seneng juga pakai lip gloss. Katanya lip gloss memiliki banyak
manfaat, diantaranya untuk melembabkan bibir serta merawat bibir agar tetap
sehat dan terlihat segar, karena biasanya setiap lip gloss mengandung vitamin E
dan zat lainnya yang baik buat bibir :)
Oya, kata Ussy semua produk Dissy ini halal dan aman digunakan karena terbuat
dari bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Bahkan ketika ada teman
yang lagi hamil menanyakan apakah produk Dissy aman bagi ibu hamil, Ussy bilang
nggak apa-apa, aman. Wah berarti bagus ya, karena aman bagi kesehatan. Selamat
ya Ussy dan Andhika atas diluncurkannya produk Dissy Reborn. Semoga usahanya
ini sukses dan terus berkembang. Amiin :)
Soft Launching sekaligus syukuran atas diluncurkannya produk Dissy Reborn |
Foto : Pribadi
0 comments