#KontingenKebaikan, Kampanye Danone-AQUA untuk Indonesia yang Lebih Baik
By Dewi Sulistiawaty - Agustus 05, 2018
Jika kamu melihat sampah di
jalan, apakah kamu akan mengambil dan membuangnya ke tempat sampah? Atau malah
acuh saja dan berpikir itu bukan urusan kamu? Eh, atau malah kamu yang membuang
sampah sembarangan tersebut? Hmm, mudah-mudahan nggak ya, karena itu termasuk
salah satu kebiasaan yang kurang baik.
Tak hanya dalam hal sampah,
banyak lagi kebiasaan baik lainnya yang mestinya ditanamkan dalam kehidupan
kita. Kebiasaan yang tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, namun juga bagi
orang banyak. Apalagi tak lama lagi Indonesia akan kedatangan tamu dari
berbagai negara di dunia. Tentu kita tak mau kebiasaan kurang baik ini dilihat oleh negara lain. Ibaratnya kita kedatangan tamu di rumah, pastinya
kita akan melayani dan memberikan yang terbaik bagi tamu kita. Ye kaan :D
Yup,
perhelatan Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Indonesia yang diusung
untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang kompetisi olahraga terbesar di
Asian ini pun sibuk berbenah, memperbaiki sarana dan prasarana yang ada untuk menyambut
tamu, serta demi kesuksesan jalannya acara. Salah satu sponsor resmi hidrasi
Asian Games 2018, yaitu Danone-Aqua turut menghadirkan sesuatu yang berbeda.
Danone-Aqua meluncurkan sebuah kampanye yang mengajak masyarakat Indonesia
untuk ikut mengharumkan nama bangsa melalui aksi kebaikan.
#KontingenKebaikan yang diusung Danone-Aqua |
Peresmian kampanye aksi kebaikan
ini diselenggarakan pada hari Rabu, 25 Juli 2018 di Jakarta Convention Center,
Jakarta. Hadir dalam acara ini Ibu Vera Galuh Sugijanto, Vice President General
Secretary Danone Indonesia, Bapak Hasani Abdulgani, Director of Revenue
Department INASGOC, Bapak Jeffri Ricardo, Marketing Manager Danone-Aqua, Ibu
Lilies Handayani, Mantan Atlet Panahan, serta Ibu Rosida, Pelatih dan Penemu
Bakat Lalu M. Zohri.
45 tahun sudah Danone-Aqua hadir
di Indonesia ya, usia yang bisa dibilang sudah matang untuk ukuran usia
manusia, hehe. Berarti sebentar lagi Danone-Aqua akan memasuki usia emasnya nih
:) Di sepanjang perjalanannya, Danone-Aqua senantiasa mempromosikan gaya hidup
sehat pada masyarakat, begitu pun dalam kegiatan olahraga, Danone-Aqua selalu
ikut berpartisipasi. Makanya saat ajang Asian Games 2018 ini, Danone-Aqua pun tak
ketinggalan untuk ikut memberikan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Apakah
itu?
Danone-Aqua mengajak seluruh
masyarakat Indonesia untuk bergabung sebagai #KontingenKebaikan. Apa yang mestinya
dilakukan sebagai #KontingenKebaikan? Cukup dengan berbuat kebaikan saja,
seperti tolong menolong, gotong royong, ramah tamah, tenggang rasa, dan semua
nilai-nilai kebaikan yang biasanya bangsa kita lakukan sejak dulu. Nilai-nilai
kebaikan yang sangat melekat sebagai jati diri bangsa kita. Ajakan ini sudah di mulai oleh Danone-Aqua sejak Pawai Obor Asian Games 2018 kemarin, yang berlangsung di Yogyakarta,
Bali, Palembang, Bogor, dan Jakarta.
Peluncuran kampanye #KontingenKebaikan oleh Danone-Aqua |
Selama Pawai Obor Asian Games
tersebut, Danone-Aqua bekerjasama dengan komunitas lokal, dengan membagikan air
mineral pada semua peserta dan masyarakat yang berpartisipasi dalam Pawai Obor.
Selain itu, Danone-Aqua pun memastikan bahwa sampah kemasan plastiknya tidak
dibuang sembarangan, namun dikumpulkan untuk kemudian didaur ulang menjadi
barang yang bermanfaat. Sebelumnya Aqua juga telah melaksanakan sebuah aksi “Bijak
Berplastik”, dimana semua sampah-sampah plastik yang ada di seluruh Indonesia dikumpulkan
untuk didaur ulang kembali.
Ibu Vera |
“Kita ingin berbagi kebahagiaan
dan kebanggaan dari Danone-Aqua untuk turut serta dalam Asian Games 2018, sebagai sponsor resmi hidrasi dan juga sponsor kebaikan yang tentunya bisa
dinikmati oleh para atlet, pengunjung, dan juga panitia yang ikut serta dalam
Asian Games 2018. Sesuai dengan visi Danone-Aqua, yaitu “One Planet One Health”,
dimana kita percaya bahwa kita bisa menjaga satu bumi kita menjadi satu bumi
yang sehat, melalui makanan, minuman, dan lingkungan yang sehat,” jelas Ibu
Vera.
Untuk itulah, dalam ajang Asian
Games nanti, Danone-Aqua menghimbau agar semua peserta, panitia, dan pengunjung
dapat menjaga hidrasi dan lingkungannya. Jadi semua sampah plastik yang sudah
tidak digunakan lagi, tolong dibuang ke tempat sampah yang sudah disediakan.
Seluruh sampah plastik ini nantinya akan didaur ulang dan bisa dimanfaatkan kembali.
Aksi ini diharapkan dapat membantu mengurangi sampah plastik yang ada di
Indonesia.
Bapak Jeffri menjelaskan lebih
lanjut mengenai kampanye #KontingenKebaikan Danone-Aqua. Menurut Bapak Jeffri,
salah satu wujud #KontingenKebaikan dalam rangka Asian Games 2018 adalah dengan
mengapresiasi semua orang yang telah berjasa bagi para atlet, baik dari
keluarga, pelatih, tenaga medis, ahli gizi, dan pihak lainnya. Serta dalam rangka
menyemarakkan Asian Games 2018, Danone-Aqua juga meluncurkan kemasan spesial Asian
Games 2018. Nah, dibalik beberapa kemasannya terdapat kode unik yang dapat
ditukarkan dengan hadiah menarik, seperti gadget, tiket menonton Asian Games
2018, merchandise, dll.
Bpk Jeffri |
“Tercatat sekitar 12 ribu atlet
dari berbagai negara di Asian yang akan ikut bertanding, dan sekitar 20 ribu volunteer yang bergabung menjadi panitia
dalam Asian Games 2018. Dalam ajang ini kami tidak saja berkontribusi sebagai sponsor
resmi air mineral, kami ingin lebih dengan menjadi sponsor resmi kebaikan.
Kenapa? Karena ini sesuai dengan visi dan misi Aqua yang ingin memberikan “Kebaikan
Hidup”. Nilai kebaikan inilah yang ingin kita sebarkan dalam kampanye #KontingenKebaikan,”
ujar Bapak Jeffri.
Oya, selama Asian Games 2018
berlangsung, Danone-Aqua menyelenggarakan lomba foto juga lho! Tema yang diusung adalah “Semua Orang Berhak Mendapatkan Medali Kebaikan”. Cukup dengan cara mengabadikan momen
kebaikan yang kamu temukan. Semua boleh ikutan, karena lomba ini terbuka
untuk profesional (seperti fotografer dan jurnalis) dan umum. Misi dari lomba
ini adalah agar semua momen kebaikan yang terekam, bisa menjadi inspirasi bagi
masyarakat untuk terus berbuat baik dan menularkannya. Info lengkap mengenai
lomba ini bisa dilihat di website sehataqua.co.id.
Apresiasi yang diberikan Danone-Aqua pada dua perempuan pahlawan olahraga |
Seperti yang disampaikan Bapak
Jeffri, bahwa selain meluncurkan kampanye #KontingenKebaikan, pada hari itu Danone-Aqua
juga memberikan apresiasinya pada dua perempuan yang merupakan pahlawan
olahraga yaitu Ibu Lilies Handayani, seorang mantan Atlet Panahan yang
berprestasi di zamannya, dan merupakan satu dari 3 Srikandi Indonesia. Tahun
ini, anak Ibu Lilies – Dellie Threesyadinda - juga ikut berpartisipasi dalam
ajang Asian Games 2018 lho! Ibu Lilies juga mendirikan sebuah sekolah panahan
di Surabaya, yang dinamakan Lilies Handayani – Srikandi Archery School (LH-SAS).
Ibu Lilies (kiri) dan Ibu Rosida (kanan) |
Perempuan berjasa lainnya adalah
Ibu Rosida yang telah berhasil mendidik Lalu M. Zohri menjadi atlet berprestasi
di kancah internasional. Zohri berhasil menyabet medali emas dalam Kejuaraan Dunia
Atletik U-20 di Finlandia baru-baru ini, dan telah mengharumkan nama Indonesia
di tingkat dunia. Ibu Rosida merupakan seorang guru olahraga di SMP Negeri 1
Pamenang, Kab. Lombok Utara. Ibu Rosida telah lama melihat bakat dan kemampuan Zohri dalam bidang atletik, dan mendorongnya untuk ikut latihan.
Bapak Hasani dari INASGOC sangat
berterima kasih pada Danone-Aqua yang telah menjadi sponsor di Asian Games 2018,
karena menurut beliau untuk menjadi sponsor itu tidaklah mudah, tapi Danone-Aqua
percaya pada INASGOC. Setelah tahun 1962, Indonesia belum pernah menjadi tuan rumah
untuk ajang sebesar Asian Games lagi, untuk itulah menurut Bapak Hasani kita
semua perlu belajar lagi menuju kebaikan.
Bpk. Hasani |
“Ini sesuai dengan tagline Aqua ya. Kita semua menuju kebaikan.
Kita berharap, penonton atau partisipan yang ingin menyemarakkan Asian Games
juga bisa menjadi bagian dari kebaikan. Karena jika semua nilai kebaikan ini bisa
terjadi, maka Indonesia dapat menjadi bagian yang terbaik dalam penyelenggaraan
Asian Games. Kita mengharapkan dapat menjadi tuan rumah yang terbaik.
Danone-Aqua merupakan satu dari
40 sponsor yang bergabung dalam Asian Games 2018. Tak akan bisa sukses ajang
kompetisi olahraga terbesar di Asian ini jika tidak ada kerjasama yang baik dari
seluruh pihak atau stakeholder, termasuk pihak sponsor. Asian Games pun bisa
dijadikan momen yang baik bagi brand lokal seperti Danone-Aqua untuk
memperkenalkan produknya pada 45 negara yang ikut berpartisipasi dalam Asian
Games 2018. Semoga Indonesia sukses dalam Asian Games 2018 nanti ya! Teruslah
menjadi bagian dari #KontingenKebaikan :)
Foto-foto: Pribadi
0 comments