Kesuksesan Kampanye #IndonesiaKalahkanBatas

By Dewi Sulistiawaty - September 28, 2018

Credit by medcom.id
Masih inget dengan tagar #IndonesiaKalahkanBatas yang berseliweran di media sosial beberapa waktu belakangan ini? Tepatnya sejak pertengahan bulan Juli lalu. #IndonesiaKalahkanBatas merupakan sebuah kampanye yang digelar oleh Combiphar melalui salah satu produk terkenalnya, yaitu OBH Combi.

Tujuan digelarnya kampanye ini adalah untuk memberikan dukungan pada atlet kita yang berlaga di ajang Asian Games 2018. Asian Games kemarin memang terasa seperti menghipnotis masyarakat kita, dimana seluruh mata tertuju pada ajang yang dilaksanakan di negara kita ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dan lansia terlihat sangat antusias menyaksikan Asian Games 2018.

Capaian dari Kampanye #IndonesiaKalahkanBatas

Kampanye yang dilakukan secara digital dan non digital ini diluncurkan sejak sebelum dilaksanakannya Asian Games, hingga tanggal 25 September 2018 kemarin. Berbagai aktivitas dilakukan pada kampanye ini, seperti YouTube Video Launch #BeatTheLimit, PR Campaign, berpartisipasi dalam kegiatan Torch Relay di 3 titik, yaitu Bandung, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat, Digital Support, In Store POS Material, Availability & Visibility Program, Employee Excitement, serta Donation Program. 

Ngomong-ngomong soal Donation Program, ternyata donasi dikumpulkan dari masyarakat yang membeli produk dari Combiphar. Setiap masyarakat yang membeli produk Combiphar berarti telah ikut menyumbang sebesar 200 rupiah. Hasil donasi yang terkumpul nantinya akan diberikan pada sekolah-sekolah yang membutuhkan perbaikan fasilitas olahraganya. Setelah dilakukan survei, Combiphar telah memilih bahwa bantuan akan diberikan pada beberapa sekolah di wilayah Kupang, NTT dan Babelan, Bekasi. 

Dalam kampanye #IndonesiaKalahkanBatas ini Combiphar ingin memberikan inspirasi pada masyarakat agar bisa mengalahkan batasannya, yang mungkin timbul dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus untuk menyemangati para atlet yang berlaga di Asian Games 2018. Lalu berhasilkah kampanye yang digelar oleh OBH Combi? Apa yang jadi tolak ukur keberhasilan kampanye #IndonesiaKalahkanBatas ?

Ternyata salah satu keberhasilan kampanye ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam kampanye #IndonesiaKalahkanBatas. Dimana di awal kampanye, pihak Combiphar menetapkan target bahwa kampanye ini diharapkan bisa menembus jumlah 500 ribu pendukung. Kenyataannya, di akhir kampanye, jumlah peserta sangat sangat di luar prediksi, tembus hingga 4 kali lipat dari jumlah target awal, atau tepatnya hingga 2,3 juta peserta. Wow! Jumlahnya melampaui batas ya! 

Dari situ terlihat bagaimana antusiasnya masyarakat Indonesia untuk ikut memberikan dukungannya pada para atlet Indonesia. Dukungan yang tentu saja dapat menambah semangat para atlet kita, hingga mendulang prestasi yang gemilang. Terbukti kan, kemarin Indonesia berada diurutan keempat dalam peringkat negara-negara yang berhasil meraih medali emas terbanyak di ajang Asian Games 2018. Sebuah prestasi yang membanggakan!

Dengan berhasilnya kampanye #IndonesiaKalahkanBatas, Combiphar yang terkenal dengan tagline-nya “Championing a Healthy Tomorrow” sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasihnya pada masyarakat yang telah mendukung kampanye ini hingga akhir. Hal ini disampaikan oleh Bapak Weitarsa Hendarto, selaku VP Consumer Healthcare & Wellness and International Operation Combiphar pada acara penutupan kampanye #IndonesiaKalahkanBatas di XXI Plaza Senayan, Jakarta, pada hari Selasa, 25 September 2018.

Bpk Weitarsa
“Masih melekat di memori kita bagaimana kesuksesan Asian Games 2018 kemarin. Kami sangat bangga dengan prestasi para atlet Indonesia, yang pada perhelatan kemarin dapat mencapai target. Kita juga bangga dengan pemerintah yang sukses menjadi pelaksana Asian Games 2018. Kami pun bangga bisa ikut ambil bagian dan berpartisipasi untuk memeriahkan ajang ini,” ujar Bapak Weitarsa.

Sebagai informasi, Combiphar dengan 7 produknya, yaitu OBH Combi, Insto, Joinfit, Uricran, Hezandra, Osteopor, dan Smecta merupakan official supplier untuk Asian Games 2018. Selain menjadi official supplier, dukungan lain yang diberikan Combiphar melalui produk unggulannya, yaitu OBH Combi adalah dengan menciptakan sebuah inovasi dan kreativitas untuk mendukung penuh ajang pertandingan olahraga terbesar di Asia ini, dengan menggelar kampanye #IndonesiaKalahkanBatas.

Bapak Danny Buldansyah, Direktur Media & Public Relation INASGOC yang turut hadir dalam acara penutupan kampanye mengucapkan selamat pada Combiphar yang telah sukses menggelar kampanye #IndonesiaKalahkanBatas.  Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih serta memberikan apresiasinya pada Combiphar yang telah turut berpartisipasi dalam Asian Games 2018 hingga ajang ini sukses dilaksanakan.

Bpk Danny
“Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 hanya diberi waktu untuk persiapan selama 2 tahun. Sementara kita tahu, negara-negara lain dalam mempersiapkan ajang ini butuh waktu sekitar 6 hingga 8 tahun. Nagoya yang pada tahun 2026 nanti akan jadi tuan rumah Asian Games saja, panitianya sudah dibentuk dari sekarang. Kita dengan waktu dan anggaran yang terbatas, dan dilaksanakan di dua kota yang baru pertama kali dalam sejarah Asian Games, itu kita lakukan,” ungkap Bapak Danny.

Prestasi yang diraih para atlet, penyelengaraan yang sukses, dan animo masyarakat yang luar biasa dalam menyambut Asian Games 2018 dengan keterbatasan yang dimiliki, merupakan salah satu bentuk dari #IndonesiaKalahkanBatas. Dan Indonesia masih akan bisa mengalahkan batas-batas lainnya di masa yang akan datang.  
     
Selain penutupan kampanye #IndonesiaKalahkanBatas, pada acara ini juga dilakukan penyerahan donasi secara simbolis pada salah satu sekolah penerima bantuan dari Donation Program. Sekolah yang hadir pada waktu itu adalah SMAN 1 Babelan, Kabupaten Bekasi. Datang sebagai perwakilan dari sekolah yaitu Bapak Syahriaddin, selaku Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Babelan, Kab. Bekasi dan Adit, Ketua Osis SMAN 1 Babelan, Kab. Bekasi, sekaligus siswa berprestasi di sekolahnya.

Penyerahan donasi secara simbolis pada SMAN 1 Babelan, Kab. Bekasi
SMAN 1 Babelan, Kab. Bekasi merupakan sekolah yang memiliki banyak prestasi. Adit mewakili teman-teman sekolahnya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan pada sekolahnya, karena dengan bantuan tersebut sangat membantu dia dan teman-temannya untuk lebih semangat lagi berlatih dan berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Bincang-bincang
(ki-ka: MC, Hanif, Bpk Weitarsa, Wakasek, dan Adit)
Sedangkan Wakasek Syahriaddin merasa bangga dan senang karena ada perusahaan yang support dan peduli dengan kegiatan sekolah. Menurut beliau jarang ada perusahaan yang peduli dengan kegiatan anak-anak, dan Combiphar telah dua kali memberikan support-nya pada kegiatan sekolah mereka. Bapak Syahriaddin berharap bantuan yang diberikan Combiphar, seperti revitalisasi fasilitas olahraga, serta sarana dan prasarananya, sekolah mereka dapat tampil lebih ‘cantik’ lagi. 
  
Bicara mengenai kalahkan batas, ternyata Hanif Sjahbandi, seorang Atlet Sepakbola Indonesia sekaligus Spokeperson dalam kampanye #IndonesiaKalahkanBatas juga mempunyai pengalaman dalam hal tersebut. Hanif yang hadir pada acara mengatakan bahwa batasan-batasan itu terus menerus ada setiap hari. Karena seorang atlet dituntut untuk konsisten dan disiplin, dalam situasi apapun kondisinya harusnya selalu terjaga, dan itu tentu tidak mudah.

Hanif
“Apalagi kita menghadapi event besar seperti Asian Games. Kita harus bisa memberikan yang terbaik. Dan itu bisa dibilang latihannya tidak seperti biasa, harus ekstra. Batasan-batasan, seperti kita udah capek, udah malam, namun kita harus bisa paksakan. Karena ini event besar dan kita harus berikan yang terbaik untuk Indonesia, kita harus mampu kalahkan batasan-batasan itu,” kata Hanif.  

Acara ditutup dengan penyerahan penghargaan pada OBH Combi dari MURI. Yup, MURI sangat mengapresiasi kampanye yang dilakukan oleh Combiphar melalui produk OBH Combi, atas inisiatif dan kreativitasnya dalam menggelorakan semangat Asian Games 2018. Tagar #IndonesiaKalahkanBatas ternyata mampu melampui batas targetnya sendiri, hingga diikuti oleh 2.167.655 pesan dukungan secara daring oleh warganet. Angka ini merupakan angka terbanyak dalam penyelenggarakan sebuah kampanye.


Penyerahan piagam penghargaan dari MURI
Ternyata tidak hanya 1 record saja yang ditorehkan oleh OBH Combi dalam MURI. Bapak Awan Rahargo, selaku Senior Manager MURI mengatakan bahwa ada satu lagi record yang dicatat oleh MURI, yaitu dukungan terhadap pelaksanaan game online yang diselenggarakan oleh OBH Combi, dalam rangka mendukung para atlet Indonesia di Asian Games 2018. Game online bertemakan Asian Games ini berhasil tercatat sebagai game online dengan pemain terbanyak di Indonesia, yaitu diikuti oleh 1320 gamers. Mantap! Selamat ya OBH Combi dan Combiphar! Semoga sukses terus dalam kampanye-kampanye berikutnya :)   

Diharapkan semangat #IndonesiaKalahkanBatas ini tidak akan pudar seiring dengan berakhir ajang Asian Games 2018 ya. Semangat yang diharapkan akan terus berkobar pada diri kita. Sebagai bangsa Indonesia, kita pasti sanggup dan bisa melampui batasan-batasan kita ini satu persatu. Optimis kita bisa kalahkan semua batasan! Hingga akhirnya kita bisa menjadi bangsa yang lebih besar lagi. Amiin….


Foto-foto: pribadi

  • Share:

You Might Also Like

19 comments