JLC Award 2019, Ajang Apresiasi untuk Pelanggan Setia JNE
By Dewi Sulistiawaty - Februari 19, 2019
Tahun ini ajang JLC Award kembali
digelar oleh JNE Indonesia. Ini merupakan perhelatan yang kedua kalinya setelah
sukses dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tahun 2018 lalu. Bagi yang belum
tahu, JLC ini merupakan singkatan dari JNE Loyalty Card, dan diperuntukkan bagi
pelanggan yang ingin bergabung menjadi member
setia JNE.
JLC sebenarnya sudah ada sejak
tahun 2009, dan semua diperbolehkan bergabung menjadi member JLC. Jika kamu berminat, silakan bergabung dengan
mendaftarkan diri di website www.jlc.jne.co.id. Nah,
JLC Award merupakan salah satu bentuk apresiasi pihak JNE kepada seluruh member
JLC yang selama ini telah setia menggunakan jasa JNE.
Saat ini sudah tercatat lebih
dari 140 ribu member di seluruh Indonesia. JNE yang mempunyai keinginan yang
kuat untuk mendukung kemajuan para UKM pelanggan setianya, khususnya member JLC
ingin memberikan apresiasinya pada member setianya dengan digelarnya ajang JLC
Award. Pada JLC Award tahun ini, tema yang diusung adalah “Dream Big, Dream
Bigger”. Dengan tema ini pihak JNE ingin agar member JLC sebagai pelaku UKM
dapat terus meningkatkan kualitas bisnisnya dengan keinginan yang lebih besar
lagi dari waktu ke waktu.
Jika tahun lalu bentuk apresiasi
yang diberikan JNE pada para pemenang berupa hadiah paket wisata ke luar
negeri, perangkat elektronik, mobil, motor, bahkan city tour menggunakan helikopter, maka untuk tahun ini hadiahnya
lebih fantastis lagi. Sepertinya tahun ini hadiahnya lebih banyak dan nilainya
lebih tinggi. Wow!
Baca juga: Keseruan Acara JLCAward 2018
Informasi ini saya dapatkan saat
menghadiri acara konferensi pers, yang dilaksanakan pada hari Kamis, 14
Februari 2019 di Hotel Pullman Central Park, Jakarta. Bapak Eri Palgunadi,
selaku VP of Marketing JNE mengatakan jika dilihat 10 tahun lalu, maka bisa
dipastikan bahwa konsumen JNE adalah orang-orang yang mengantarkan barang saja
ke konter JNE. Namun saat ini, dengan lebih dari 7.000 titik JNE yang tersebar
di seluruh Indonesia, maka yang datang ke konter lebih beragam lagi, seperti buyer dan seller yang bertransaksi via online, sehingga pengiriman barang
harus dilakukan hingga sampai ke pelosok desa.
Bpk Eri |
“Kami percaya, ekosistem ini akan
terus tumbuh. Bahkan kami menjadi bagian dari tumbuh kembang bisnis ini selama
satu dekade belakangan. Kami optimis dengan 7.000 titik JNE dengan sekitar 45
ribu satria JNE yang melakukan proses pengiriman barang, menjadi bagian untuk
menjadikan Indonesia menjadi lebih baik lagi,” ujar Bapak Eri.
Bapak Meilan Handar Prasetyo
selaku Head of Marcomm JNE kemudian menjelaskan lebih lanjut lagi mengenai JNE
dan JLC Award 2019. Bahwa JNE sendiri telah hadir selama hampir 28 tahun di
Indonesia. Dimana JNE ingin membangun bersama para pelaku UKM di seluruh
Indonesia, makanya JNE menyelenggarakan bebagai macam program, dan salah
satunya adalah JLC.
JLC yang hadir pada tahun 2009
ini dulunya masih berbentuk kartu, kemudian bertransformasi menjadi digital,
dengan hadirnya sebuah website. Dan rencananya nanti akan dikembangkan lagi
menjadi sebuah mobile apps. Bapak Melan pun menceritakan pengalamannya ketika
ada generasi muda yang tertarik menjadi member
JLC.
Bpk Meilan |
“Saya sangat excited ketika datang ke Salatiga untuk menghadiri suatu acara. Di
sana ada anak muda yang bertanya pada saya bagaimana caranya menjadi member JLC. Seorang anak SMK sudah
tertarik berjualan online shop. Kalau dulu kan kita pengennya jadi pegawai
negeri, karyawan swasta, maka anak sekarang jika ditanya inginnya jadi
YouTuber, Vlogger, Blogger, Online Shop, intinya ingin jadi pengusaha. Jadi
kita men-capture itu, keinginan dari
semua pelaku UKM di seluruh Indonesia untuk bergabung bersama JLC agar kita
bisa bertumbuh bersama,” papar Bapak Meilan.
Ajang awarding seperti JLC Award ini akan rutin diselenggarakan setiap
tahun oleh JNE, sebagai ucapan terima kasih pada seluruh pelanggan setianya. Sama
seperti tahun sebelumnya, pada tahun ini JNE juga menggelar dua program
berhadiah, yaitu JLC Lucky Draw dan JLC Race.
JLC Draw dilakukan dengan cara
penukaran poin oleh member, yang telah dikumpulkan sepanjang tahun 2018.
Pengundian poin pada JLC Lucky Draw telah dilakukan pada tgl 21 Desember 2018
lalu, dengan terpilihnya 100 member JLC yang beruntung. Hadiahnya berupa paket wisata
ke Korea dan Bali, motor, peralatan elektronik, logam mulia, dan puluhan
voucher belanja.
Sedangkan untuk JLC Race
merupakan pemilihan pemenang berdasarkan transaksi tertinggi dan jumlah
pengiriman terbanyak yang dimiliki
oleh member JLC. Tak
tanggung-tanggung, jumlah pemenangnya lebih banyak dari tahun sebelumnya, yaitu
sebanyak 26 pemenang lho! 10 pemenang untuk tingkat nasional, dengan 5 member yang
memiliki transaksi tertinggi dan 5 member dengan pengiriman terbanyak.
Untuk yang 16 pemenang lagi
dipilih dari tingkat regional, yang terdiri dari 8 regional. Berarti dari
masing-masing regional dipilih dua orang pemenang, yang satu dengan nilai
transaksi terbanyak, dan satunya lagi dengan jumlah pengiriman terbanyak.
Hadiah untuk JLC Race 2019 ini benar-benar bikin mupeng. Untuk pemenang tingkat
nasional dengan kategori nilai transaksi tertinggi diberikan hadiah berupa
mobil Toyota All New Rush, sepeda motor Royal Enfield, paket wisata ke New
Zealand, sepeda motor Honda CBR, dan logam mulia.
Lalu untuk pemenang tingkat
nasional dengan kategori jumlah pengiriman terbanyak diberi hadiah berupa mobil
Toyota All New Cayla, paket wisata ke Dubay dan Turki, sepeda motor Honda PCX,
iPhone Xs, sert kamera Fuji Film. Sedangkan hadiah untuk pemenang tingkat
regional, masing-masingnya mendapatkan 1 unit motor Vario125 CBS untuk kategori
nilai transaksi tertinggi, serta 1 unit Samsung Galaxy Note 9 untuk kategori jumlah pengiriman terbanyak.
Keren! Saya jadi tertarik untuk menjadi member JLC, haha….
Bpk Vicky, salah satu member JLC Jakarta |
Bapak Vicky selaku perwakilan
dari member JLC Jakarta sempat memberikan testimoninya juga pada acara ini.
Bapak Vicky yang memiliki usaha online shop sangat membutuhkan jasa pengiriman
barang dari JNE. Sejak pertama memulai bisnis online pada tahun 2015, beliau sudah
menggunakan jasa JNE, karena memang waktu itu cabang JNE inilah yang paling
dekat dari rumahnya. Selama menggunakan jasa JNE, hingga kemudian bergabung
menjadi member JLC, Bapak Vicky merasa sangat puas dengan layanan yang didapatkannya
dari JNE.
Seperti biasa, dibalik kemeriahan
ajang JLC Award, JNE tak lupa untuk menyisihkan sebagian dananya untuk kegiatan
sosial. Jika tahun lalu JNE memberikan dukungan pada Yayasan Konservasi Alam
Nusantara (YKAN) untuk program Pengelolaan Sampah (Waste Management) di
Wakatobi, maka tahun ini JNE kembali memberikan dukungan pada YKAN untuk
program Pelestarian Alam.
Kerja sama JNE dengan YKAN kali
ini melibatkan member JLC. Program
ini dinamakan member points redemption.
Di sini JNE memberikan fasilitas pada member JLC untuk berdonasi pada YKAN
dengan cara menukarkan poinnya. Nantinya donasi yang terkumpul akan digunakan
untuk kegiatan perlindungan habitat orang utan, penyu, terumbu karang, dan
hutan mangrove.
Bpk Lastyo |
“Kerja sama ini sangat luar biasa,
dengan melibatkan para pelanggan JNE untuk terlibat dalam mengedepankan
konservasi alam. Kita sadar bahwa alam ini merupakan bagian dari hidup kita.
Kami memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya pada JNE, yang sangat
perhatian pada lingkungan. Tentu saja kami juga berharap hal ini juga menjadi
perhatian bagi masyarakat luas,” jelas Bapak Lastyo Lukito selaku Director
External Affair and Sustainable Practices YKAN.
Dalam acara JLC Award 2019, Bapak
M. Feriadi selaku Presiden Direktur JNE Indonesia mengucapkan syukur dan terima
kasihnya pada dukungan yang diberikan semua pihak, baik member JLC, karyawan
JNE, maupun media, sehingga kegiatan awarding
ini bisa terlaksana dengan baik. JNE sebagai perusahaan anak negeri dengan tagline-nya “Connecting Happiness” akan
terus melakukan inovasi dan melahirkan ide-ide baru, dalam rangka agar JNE bisa
tetap menjadi pilihan bagi seluruh masyarakat, khususnya pelanggan setia.
Bpk Feriadi |
“Kontribusi semua member JLC yang
saat ini sudah mencapai lebih dari 140 ribu sangat berarti bagi perusahaan.
Kami berharap dengan diselenggarakannya awarding
malam ini, para member JLC akan terus membantu kami untuk menyuarakan JNE,
sekaligus mengajak teman, saudara atau siapapun yang sekiranya bisa menjadi
pelanggan setia JNE. JNE akan terus membuat pelanggannya menjadi pelanggan yang
berarti, yang memang bisa memenuhi setiap keinginan dari pelanggan,” jelas
Bapak Feriadi.
Pemberian bantuan pada anak yatim dari Yayasan Nurul Yaqin, Keayoran Lama |
Para petinggi JNE berfoto bersama anak-anak dari Yayasan Nurul Yaqin |
Oya, seperti yang disampaikan
oleh Bapak Feriadi bahwa JNE selalu menyisihkan setiap pendapatan yang diperoleh
dalam bisnis untuk anak-anak yatim. Sehingga secara tidak langsung para
pelanggan JNE pun sudah ikut menabung untuk tabungan akhirat. Kegiatan ini
merupakan salah satu budaya yang ada di JNE. Di akhir sambutannya Bapak Feriadi
meminta dukungan dari semua pihak, agar apa yang JNE lakukan dapat memberikan
manfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa. Amiin….
1 comments
membaca tulisan tentang JNE jadi inget dan nunggu nunggu lagi paketan yang akan datang :-)
BalasHapus