TIPS MEMILIH JASA PENGIRIMAN BARANG YANG TEPAT
Pernah punya pengalaman dengan jasa kurir atau pengiriman barang nggak, Gaes? Kalau saya pernah, dan pakai drama pula, huhu. Padahal posisi saya berada di pusat kota besar lho. Nggak kebayang bagaimana layanan untuk pengiriman paket bagi mereka yang berada di desa-desa atau daerah terpencil sana. Apalagi negara kita yang merupakan negara kepulauan dengan kondisi geografis yang beragam, sehingga makin menghambat akses pengiriman dari daerah satu ke daerah lainnya.
Waktu itu salah seorang teman saya yang sedang
berada di sebuah desa kecil di Sumatera Barat ingin mengirimkan pernik unik
khas desa tersebut kepada saya yang tinggal di kota. Butuh effort
baginya untuk mengirimkan barang tersebut. Dari desanya, ia mesti meluncur dulu
ke kota untuk memaketkan barang itu, karena di desanya sendiri belum ada perusahaan
ekspedisi atau jasa yang melayani pengiriman barang. Saya lupa entah apa nama
perusahaannya waktu itu. Pokoknya cuma itu perusahaan ekspedisi terdekat yang
bisa ditemui temanku itu dari desa tersebut.
Nah, drama terjadi saat proses pengiriman terjadi.
Entah apa yang terjadi di selama perjalanan, paketnya mandeg dan nggak
gerak, padahal posisinya sudah berada di kota. Yang menyebalkan, kejadian ini berlangsung
selama 4 hari. Akhirnya saya tanyain lewat telpon ke perusahaan jasa antar
tersebut, karena teman saya agak kesulitan untuk menghubungi perusahaan
tersebut, karena terkendala sinyal. Katanya jika sampai seminggu belum ada perubahan
juga, ia akan melipir lagi ke kota untuk menemui jasa antar tersebut. Duh,
kasihan juga temanku itu jika ia sampai ke kota lagi hanya untuk menanyakan
lagi perihal paketnya yang stuck di jalan.
Seperti yang sudah kuduga, jawaban tim ekspedisi
tersebut via phone, laporanku akan segera ditindaklanjuti, jadi saya
diharapkan bersabar dan menunggu. Jika ada kabar lebih lanjut saya akan
dihubungi kembali. Dua hari saya tunggu, ternyata nggak ada kabar. Jadi saya
telpon kembali. Dan jawaban yang sama yang saya terima. Duh!
Baru 5 hari kemudian temanku bisa berangkat ke
kota untuk memastikan proses dan kondisi paketnya yang mandeg di jalan.
Dia bercerita kalau ia sampai ngomel dan ngancam dulu karena proses pengiriman ini
termasuk yang sangat lama untuk ukuran pengiriman domestik. Padahal ia pernah
mengirim paket ke luar negeri, seminggu paketnya sudah sampai ke tujuan.
Katanya ini menjadi pengalaman pertama dan terakhirnya mengirimkan paket lewat
perusahaan ekspedisi tersebut. Fyi, temanku hanya menetap sementara di
desa tersebut, karena pekerjaannya.
Begitulah pengalaman drama saya (atas nama teman,
hihi) dengan perusahaan jasa ekspedisi. Sejak itu, saya pun lebih seleksi lagi
dalam memilih jasa ekspedisi agar kejadian serupa tidak terulang. Sebenarnya
ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan dalam memilih jasa ekspedisi, salah
duanya mesti memiliki fitur tracking dan jaminan keamanan untuk paket
atau barang yang kita titip untuk dikirimkan.
Tips Memilih Jasa Ekspedisi yang Profesional
Legal dan Memiliki Izin Resmi
Ini yang pertama mesti kita cek saat akan
menggunakan jasa ekspedisi. Ngeri juga kan jika kita mempercayakan paket kita
yang harganya terbilang mihil pada perusahaan yang ilegal atau belum memiliki izin
resmi. Secara jika terjadi masalah dengan perusahaan tersebut, kita akan
kerepotan sendiri. Jika perusahaan tersebut benar-benar serius mendirikan perusahaan
ekspedisinya, tentu akan berusaha untuk melegalkan dan mendapatkan izin
usahanya. Selain sebagai bentuk keseriusan dari perusahaan tersebut, ini juga
bentuk keprofisionalan dan ketaatan perusahaan tersebut kepada hukum.
Memiliki Standar Biaya Pengiriman
Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah mengenai
biaya pengiriman. Perusahaan ekspedisi yang baik biasanya memiliki standar
tarif atau biaya untuk pengiriman barangnya. Btw, harga murah belum
tentu terjamin pelayanannya ya. Ini yang terjadi pada teman saya kemarin. Biaya
kirimnya termasuk murah menurut saya. Namun ya gitu, ternyata pelayanannya kurang.
Perusahaan ekspedisi yang baik dan profesional biasanya memiliki ongkos kirim yang
jelas dan tetap, nggak berubah-ubah. Semua dihitung berdasarkan jarak dan berat
atau ukuran paketnya. Informasi mengenai biaya pengiriman pun biasanya tertera secara
rinci dan jelas.
Estimasi Pengiriman Paket Tepat Waktu
Apa yang diberikan harus sesuai dengan yang dijanjikan.
Tak hanya antarmanusia saja diwajibkan menepati janji, perusahaan pun harus
begitu untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, khususnya pelanggannya.
Di awal sebelum barang dikirim, biasanya perusahaan ekspedisi sudah memberikan
estimasi waktu pengiriman hingga sampai ke tujuan. Jadi pelanggan juga bisa menginfokan
juga ke penerima paket kapan perkiraan paketnya akan sampai. Jasa ekspedisi
yang profesional dan sudah berpengalaman, biasanya menawarkan estimasi
pengiriman barang tepat waktu. Bagi pelaku usaha, ini merupakan hal penting,
karena menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan penjualan produk usahanya.
Terjaminnya Keamanan Barang yang Dikirim
Sudah bukan rahasia lagi, ada banyak kasus barang
hilang atau rusak selama proses pengiriman barang. Kalau bukan karena faktor kecelakaan
saat proses pengiriman, pengemasan paket yang kurang baik, bisa juga karena kecerobohan
tenaga kerja dari jasa pengiriman atau oknum yang berbuat sengaja berbuat nakal
dan mengambil paket tersebut. Nah, perusahaan ekspedisi yang baik dan
profesional biasanya memberikan jaminan, seperti asuransi pada pelanggannya.
Jadi jika terjadi kerusakan, kehilangan atau hal lain yang tidak dikehendaki
yang disebabkan oleh kelalaian dari pihak perusahaan, maka pelanggan akan
mendapatkan ganti rugi yang sepadan. Dengan begitu pelanggan tidak perlu cemas jika
terjadi apa-apa pada barang yang dikirimkannya.
Dapat Melacak Pengiriman dengan Fitur Tracking
Di zaman sekarang dimana teknologi sudah berkembang
pesat, segala sesuatunya dapat dikerjakan dengan lebih mudah dan cepat dengan
adanya internet. Dengan teknologi ini pula kita bisa menikmati berbagai aplikasi
dan fasilitas, termasuk fasilitas untuk melacak pengiriman barang yang kita
lakukan. Biasanya perusahaan ekspedisi yang profesional memiliki fitur atau sistem
tracking untuk memudahkan pelanggan untuk mengecek dan melacak keberadaan paket
mereka. Dengan fitur ini kita bisa melihat paket kita sudah sampai dimana,
apalagi jika rute yang dilalui cukup panjang, misalnya ke daerah pelosok. Semua
perjalanan paket kita akan tertera secara akurat di sistem tracking tersebut.
Memiliki Beragam Jenis Pilihan Pengiriman
Nggak asyik juga kalau ingin mengirimkan paket,
namun layanan yang diberikan cuma satu atau dua saja. Misalnya dalam hal jenis
pengiriman. Semakin banyak pilihan pengiriman tentu akan lebih baik lagi. Kita
bisa memilih jenis pengiriman sesuai dengan kebutuhan atau budget. Misalnya
untuk saya yang ingin paketnya cepat sampai, saya tentu akan memilih pengiriman
melalui udara dibandingkan melalui darat. Biasanya semakin cepat waktu pengiriman,
maka tarif atau biaya pengirimannya pun akan naik. Jika tak punya budget lebih,
tentu bisa memilih pengiriman lewat darat, dengan estimasi waktu pengiriman,
sesuai dengan yang dijanjikan oleh jasa ekspedisi tersebut. Perusahaan
ekspedisi profesional biasanya memiliki armada sendiri untuk mengirim barang-barang
mereka, sehingga tidak terjadi keterlambatan pengiriman.
Memiliki Rute dan Jangkauan yang Luas
Satu lagi hal penting yang perlu diperhatikan
saat memilih jasa ekspedisi atau pengiriman barang, yaitu rute dan jangkauannya.
Perusahaan ekspedisi yang profesional biasanya memiliki jangkauan yang lebih
luas, dengan rute pengiriman ke berbagai daerah hingga menjangkau ke daerah yang
berada di pelosok negeri. Semakin luas jangkauan dan rute layanan suatu jasa
ekspedisi, tentu akan makin tinggi pula kredibilitas dan kualitas perusahaan
tersebut di mata pelanggannya.
Tak banyak memang perusahaan ekspedisi yang mampu
melayani semua rute, karena keterbatasan akses, budget, serta sarana dan
prasarana yang mereka miliki. Namun tidak begitu dengan perusahaan ekspedisi
seperti JNE. Seperti yang semua orang tahu, JNE ini bisa kita temui hampir di
semua daerah di Indonesia. Tak heran sih, soalnya JNE sudah ada di sekitar 8
ribu titik layanan, dengan 90 ribu kota kelurahan di berbagai provinsi,
kabupaten, desa, dan bahkan hingga ke pulau terluar Indonesia.
Bahkan baru-baru ini JNE kembali memperluas
jangkauan layanannya ke daerah Bali Utara. Untuk memperlancar layanannya
tersebut, JNE berkolaborasi atau bersinergi dengan PT. Bandara Internasional
Bali Utara (BIBU). Kerjasama ini tentu
saja dapat mempercepat proses pelayanan distribusi logistik di kawasan
Indonesia Timur, terutama daerah Bali Utara. JNE juga melengkapi layanannya
dengan membangun Hub JNE Express di Bandara Internasional Bali Utara.
Kerjasama JNE dan PT. BIBU ini sudah berlangsung
sejak hari Jumat, 28 Oktober 2022 lalu di Kantor Pusat JNE yang berada di Jl. Tomang
Raya, Jakarta Barat. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Presiden Direktur
JNE, Bapak M. Feriadi Soeprapto dan Direktur Utama PT. BIBU Panji Sakti, Bapak Erwanto
Sad Adiatmoko Hariwibowo. Kehadiran JNE di Bali Timur merupakan bentuk komitmen
dan kontribusi JNE untuk bisa memberikan layanan pada pelanggan dan masyarakat
di seluruh Indonesia.
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara JNE dan PT. BIBU Panji Sakti (Jumat, 28/10/2022) |
Sesuai tagline nya Connecting Happiness,
maka dengan kerjasama ini JNE berharap dapat mendukung para pelaku UMKM dan berbagai
kegiatan positif lainnya, serta dapat berkontribusi membantu pemerintah dalam
memajukan dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia,
termasuk masyarakat Bali. Fyi, hingga saat ini JNE sudah memiliki
sekitar 50 ribu karyawan, didukung dengan ribuan kendaraan untuk operasional, serta
memiliki jaringan terintegrasi dan banyak rute, sehingga dapat menjangkau daerah
yang lebih luas lagi. Dengan begitu JNE dapat memberikan jaminan terhadap kecepatan
pengiriman paketnya.
Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya
memilih perusahaan ekspedisi yang baik dan tepat, agar kita bisa terhindar dari
drama dan masalah pengiriman barang yang ingin dikirimkan. Sebagai pengguna
jasa pengiriman, kita pun harus pintar-pintar dalam memilih perusahaan
ekspedisi atau jasa pengiriman barang ya.
0 comments