Makin Produktif dengan Laptop AI Vivobook S 15 OLED (S5507)

By Dewi Sulistiawaty - Agustus 17, 2024

 laptop AI ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan, belakangan ini lagi happening dan semakin banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi ini membantu mempermudah berbagai aktivitas hidup kita, yang tentunya nggak pernah terbayangkan sebelumnya. Misalnya penggunaan asisten virtual atau ChatGPT hingga mobil otonom.

Ngomongin soal AI, tau nggak sih kalau teknologi ini sebenarnya sudah sejak zaman dulu. Yup! Walaupun keberadaannya baru dikenal masyarakat luas beberapa tahun belakangan ini, namun AI ternyata sudah ada sejak tahun 50-an, lho. Dia lah John McCarthy, seorang matematikawan dan juga ilmuwan komputer yang memperkenalkan konsep AI saat diadakannya konferensi ‘The Dartmouth Conference’ pada tahun 1956. John McCarthy kemudian disebut sebagai Bapak AI.

Sejak itu teknologi AI ini terus berkembang, walaupun sempat mengalami kemunduran di tahun 70 hingga 80-an. Namun di tahun 90-an, AI kembali bangkit dan mengalami kemajuan. Bahkan di tahun 2010-an, AI semakin canggih dan akhirnya mulai dimanfaatkan keberadaannya secara luas dalam berbagai kehidupan, seperti menganalis data dalam jumlah besar, pengenalan suara dan wajah, asisten virtual, pengembangan mobil otonom, Internet of Things (IoT), AI Edge, hingga membantu penelitian dalam berbagai bidang.

Pokoknya AI ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari deh! Bahkan laptop pun sudah mulai dilengkapi dengan teknologi AI, lho! Dengan kemampuan AI yang canggih, laptop-laptop modern ini hadir dengan menawarkan pengalaman to the next level bagi penggunanya. Tak hanya menawarkan pengalaman yang lebih intuitif dan personalisasi yang lebih baik, namun laptop AI ini juga mampu meningkatkan produktivitas dan mengembangkan kreativitas penggunanya.

ASUS, salah satu produsen laptop yang paling inovatif di dunia, tentunya tak ketinggalan dengan perkembangan teknologi AI tersebut. Selama ini, sebagai pemimpin pasar laptop di Indonesia, ASUS selalu hadir dengan berbagai teknologi terdepan dan inovasinya yang canggih. ASUS juga mulai melengkapi laptop-laptopnya dengan teknologi AI. Bahkan yang terbaru, ASUS memperkenalkan sebuah laptop Copilot+ PC paling bertenaga pertama di Indonesia.

ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507), Laptop AI Terbaik Saat Ini

ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)
ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

Vivobook S 15 OLED (S5507) menjadi laptop AI terbaik yang ada hingga saat ini. Vivobook S 15 OLED (S5507) ini bukanlah laptop AI pertama yang dikeluarkan oleh ASUS, karena sebelumnya ASUS sendiri sudah menghadirkan berbagai laptop AI lainnya.

ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507) secara resmi diluncurkan pada hari Kamis, 15 Agustus 2024 di The Parle Senayan Park (SPARK), Jakarta. Laptop ini merupakan laptop Copilot+ PC Paling Powerful PERTAMA di Indonesia. Tak hanya dirancang sebagai laptop yang powerful, namun laptop ini juga portabel, mudah dan nyaman digunakan, dengan tampilan desainnya yang elegan dan modern.

Peluncuran laptop AI ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

Tentunya kehadiran laptop bertenaga AI ini diharapkan dapat mendukung kreativitas, serta mampu meningkatkan produktivitas penggunanya. Seperti yang disampaikan oleh para pembicara yang hadir pada acara peluncuran ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507) tersebut, di antaranya ada Frank Wang selaku Consumer BDM of ASUS Indonesia, Lisa Halim selaku General Manager, Device Partner Sales Microsoft APAC, Coco Chien selaku Country Product Manager of ASUS Indonesia, dan Shannedy Ong selaku Country Director of Qualcomm Indonesia.

Dari tadi ngomongin tentang laptop AI ini, tentunya tak afdol jika tak dibahas apa saja yang menjadi keunggulan, serta fitur dan spesifikasi yang dimiliki ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507). Yang pasti, inovasi teknologi AI yang dihadirkan ASUS ini bakal bikin para content creator kepincut untuk memilikinya, hehe….

Content creator di ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)
 Rama dan Theresa, 2 Content Creator yang membagikan pengalamannya
menggunakan 
ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

Keunggulan ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

Incredible Portability

ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507) - Incredible Portability
ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507) - Incredible Portability
Punya laptop bertenaga ‘kuda’ namun berat dan repot jika ingin dipindahin atau dibawa-bawa? Hmm, laptop seperti ini tentunya tidak cocok bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Namun dengan Vivobook S 15 OLED (S5507), laptop paling bertenaga ini bisa dibawa kemana-mana dengan mudah dan nyaman.

Vivobook S 15 OLED (S5507) memang dirancang khusus untuk portabilitas dengan desain yang ramping dan ringan. Tebal laptop ini hanya 14,7mm, dengan bobot 1,42kg. Dengan bobotnya yang ringan dan ramping, tentunya laptop ini mudah untuk dibawa kemana-mana, atau bisa juga dimasukin ke dalam tas, dan nggak bikin bahu sakit saat membawa laptopnya. Jadi laptop ini cocok bagi kamu yang pengen nyari laptop yang praktis dan mudah untuk diakses.

Tak hanya ramping dan ringan, laptop Vivobook S 15 OLED (S5507) memiliki desain yang elegan, dengan bodinya yang terbuat dari bahan logam. Logonya pun tampil anggun di bagian depan bodi, karena diukir khusus secara presisi menggunakan mesin CNC. Jadi nggak malu-maluin deh buat dibawa presentasi, atau sekedar nongkrong di kafe sambil bekerja, hehe….

Desain elegan dan logo ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)
ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507) dengan desain bodi yang elegan berbahan logam

Laptop portabel, namun baterai cepat habis? Big NO! Sama aja bohong, yekaan…. Nggak asik dong, lagi nongkrong di taman, trus belum sampai 2 jam bekerja depan laptop, tiba-tiba saja baterainya sudah minta diisi. No no no! Dengan Vivobook S 15 OLED (S5507), kamu bisa menggunakannya hingga 18 jam. Daya tahan baterainya memang selama itu!

Dengan kapasitas baterai 70Wh, laptop ini bisa bertahan hingga 18 jam penggunaan. Plus dengan fitur fast charging melalui port USB Type-C, pengisian baterai bisa lebih cepat dan efisien. Bahkan bisa di-charging menggunakan powerbank juga lho! Jadi praktis dan cocok banget buat kamu yang sering bekerja di luar ruangan.


Incredible AI Performance

ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507) - Incredible AI Performa
ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507) - Incredible AI Performance

Ini yang menjadi ‘otak’ dari sebuah laptop, yaitu prosesornya. Prosesor terbaik tentunya akan memberikan kinerja terbaik juga bagi laptopnya. Begitupun dengan Vivobook S 15 OLED (S5507). Laptop bertenaga AI ini telah didukung dengan prosesor Qualcomm® Snapdragon X Elite X1E 78 100 3.4GHz (42MB Chace, up to 3.4GHz, 12 Cores, 12 Threads), dengan TDP hingga 45 Watt.

Untuk mendukung kebutuhan komputasi berbasis AI yang optimal, Vivobook S 15 OLED (S5507) dilengkapi juga dengan NPU Hexagon yang memiliki performa pemrosesan AI hingga 45 TOPs. Kombinasi prosesor dan NPU ini tentunya memberikan performa tak tertandingi, yang dapat mendukung berbagai aktivitas sehari-hari. Selain itu ditunjang juga dengan memory LPDDR5X 32GB dan storage 1TB M.2 NVMe™ PCle® 4.0 SSD.

tombol copilot ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

Sebagai laptop AI dengan Copilot+ PC, Vivobook S 15 OLED (S5507) dilengkapi dengan fitur eksklusif berbasis AI di Windows 11, mulai dari Live Captions, Cocreator, dan Windows Studio Effect. ASUS juga menyediakan aplikasi berbasis AI eksklusif, yaitu StoryCube, yang memanfaatkan AI untuk memudahkan manajemen aset digital, memungkinkan pengguna mengelola, mengedit, dan menemukan foto dan video dengan lebih mudah.

aplikasi AI ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)
Pengaplikasian AI via Copilot pada laptop Vivobook S 15 OLED (S5507)

Oiya, keyboard-nya dilengkapi dengan RGB 1-Zone yang dapat dipersonalisasi dan disesuaikan dengan mood. Pada keyboard tersebut juga terdapat tombol Copilot khusus untuk mempercepat akses bantuan AI instan. Dengan mengaktifkan fitur Copilot, pengguna dapat teintegrasi ke berbagai fitur AI, mempercepat eksplorasi, dan berinteraksi dengan AI.

Fitur Copilot pada ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

Sedangkan untuk kamera, ASUS telah menyematkan teknologi AI Sense Camera pada laptop Vivobook S 15 OLED (S5507).  Fitur IR camera dan webcam privacy shield juga melengkapi laptop berteknologi AI dari ASUS ini. Fitur ini berguna sebagai salah fitur keamanan, serta untuk menjaga privasi penggunanya.   


Incredible Audiovisual

layar lumina OLED ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

Hadir dengan layar berukuran 15,6-Inch, laptop Vivobook S 15 OLED (S5507) telah didukung dengan layar ASUS Lumina OLED yang menawarkan kualitas visual terbaik. Layar HDR nya memiliki color gamut 100% DCI-P3 600nits, dan resolusi 3K (2880 x 1620) dengan refresh rate 120Hz dan 16:9 aspect ratio glossy panel. Dengan begitu, tampilan visualnya kaya akan warna dan akurat, sehingga dapat memberikan pengalaman multimedia yang memuaskan.

layara lumina oled ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)
Sumber foto: Imawan

Selain itu, pada laptop Vivobook S 15 OLED (S5507) sudah disematkan kartu grafis Qualcomm® Adreno™ GPU. Oiya, pada layarnya juga sudah dilengkapi dengan fitur anti-flicker dan low-blue-light yang telah tersertifikasi VESA CERTIFIED Display HDR True Black 600, TUV Rheinland-certified, dan SGS Eye Care Display.

Sementara itu untuk urusan audio, ASUS memberikan speaker terbaik bersertifikasi Harman Kardon pada laptop Vivobook S 15 OLED (S5507), serta dengan teknologi Dolby Atmos yang memberikan kualitas suara yang jernih dan tentunya berkualitas tinggi.   


Incredible Connectivity

Tak lengkap rasanya jika sebuah laptop tidak ditunjang dengan fitur konektivitas. Tenang saja, pada laptop Vivobook S 15 OLED (S5507) sudah terdapat port input output yang lengkap kok, di antaranya ada 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 4.0 Gen 3 Type-C support display/ power delivery 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, dan Micro SD card reader. Jadi pengguna dapat menghubungkan berbagai perangkat tanpa harus menambahkan dongle lagi.

port USB lengkap pada ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

port USB lengkap ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)
Port I/O yang lengkap pada Vivobook S 15 OLED (S5507)

Nah, untuk urusan konektivitas nirkabel, Vivobook S 15 OLED (S5507) dilengkapi dengan teknologi WiFi 7 (802.11be) dan telah didukung pula dengan Qualcomm® FastConnect™ untuk memastikan kualitas koneksinya tetap stabil. By the way, WiFi 7 merupakan standar konektivitas paling canggih saat ini, dengan kecepatan transfer hingga 5,8 Gbps. WiFi 7 menawarkan kecepatan 4,8 kali lebih cepat dibandingkan WiFi 6. Jadi bisa dipastikan koneksi internetnya bakal stabil, serta lebih lancar dan cepat.


Harga ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

Ada harga ada rupa. Itulah kata istilah yang sering kita dengar. Menurutmu dengan berbagai fitur istimewa, kemudahan, serta kenyamanan yang ditawarkan oleh ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507), kira-kira harga berapa yang pantas disandang oleh laptop AI dan Copilot+ PC paling bertenaga pertama di Indonesia ini?

ASUS membandrol laptop Vivobook S 15 OLED (S5507) dengan harga Rp24.999.000, dengan masa garansi 2 tahun garansi global, termasuk 1 tahun ASUS Perfect Warranty. Oiya, saat pembelian laptop ini, pembeli sudah mendapatkan free Microsoft Office Home and Student 2021, serta 1 tahun Microsoft 365 + 100GB storage.    

Peluncuran ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

Gimana? Pasti pada tertarik untuk memiliki laptop AI terbaru dari ASUS ini kan! Segala fitur dan spesifikasi yang diberikannya benar-benar mampu mempermudah pekerjaan penggunanya, apalagi bagi content creator yang tentunya ingin lebih produktif dan lebih kreatif lagi saat membuat konten. More Convenient, More Productive, More Performance with ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)

spesifikasi laptop AI ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507)


  • Share:

You Might Also Like

0 comments