ASUS ProArt, Laptop AI Terbaik untuk Content Creator

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 03, 2024

 peluncuran ASUS ProArt series

Menjadi content creator itu susah-susah gampang. Sepintas memang terlihat mudah dan menyenangkan, karena orang hanya melihat hasil dari konten yang ditayangkan di berbagai platform media massa, tanpa mengetahui bagaimana proses pembuatan konten tersebut. Istilahnya cerita dibalik layarnya. yang tidak kita ketahui. Mungkin saja banyak kesulitan yang harus dilalui si pembuat konten hingga akhirnya bisa menghasilkan konten seperti yang diinginkannya.

Saat ini, profesi sebagai content creator semakin menjamur seiring dengan perkembangan dunia digital, termasuk media sosial. Orang rela mendedikasikan waktu, tenaga, dan keterampilan mereka untuk menghasilkan konten yang menarik. Tujuan content creator ini dalam membuat konten bisa saja berbeda-beda. Ada yang sekedar untuk menyalurkan hobi dan kreativitasnya, untuk menghibur, mengedukasi dan memberikan informasi, ada pula yang demi popularitas, hingga menjadikan konten tersebut sebagai sumber pendapatan.

Terlepas dari itu semua, tentunya ada skill dan peralatan pendukung juga yang dibutuhkan oleh para content creator dalam pembuatan kontennya. Salah satunya adalah laptop yang tentunya sangat berguna dalam melakukan aktivitas pembuatan konten. Namun begitu, tak semua laptop didesain sebagai peralatan yang tepat dalam membuat dan mengedit konten, apalagi konten video yang cukup berat. Dibutuhkan laptop dengan spesifikasi dan kriteria tertentu agar proses pembuatan konten dapat berjalan dengan lancar.


Laptop Terbaik untuk Content Creator

Laptop ASUS ProArt PX13 dan ProArt PZ13
Laptop ASUS ProArtPX13 (HN7306) dan ASUS ProArt PZ13 (HT5306)

Mengerti akan hal ini, ASUS sebagai perusahaan yang menyediakan berbagai peralatan dan komponen komputer pun terus berinovasi dengan mengeluarkan berbagai produk laptop canggih dan terdepan. Seperti belakangan ini, ASUS menjadi pionir dalam menghadirkan laptop bertenaga AI. Teknologi AI yang disematkan pada laptop ASUS tentunya dapat meningkatkan kinerja dan performa laptop tersebut. Laptop AI dapat menjalankan aplikasi AI dengan lebih cepat dan lancar dibandingkan laptop biasa.

Tak cukup sampai di situ, baru-baru ini ASUS kembali bikin gebrakan dengan menghadirkan laptop ASUS ProArt series. Acara peluncuran digelar pada hari Senin, 30 September 2024 di Midaz Senayan Golf, Jakarta. ProArt sendiri merupakan perpaduan antara Pro dan Art, yang diciptakan oleh kreator, untuk kreator. Laptop ProArt series ini tentunya sudah dilengkapi dengan teknologi AI dan chip NPU yang bertenaga, seperti laptop ASUS AI lainnya yang sudah rilis sebelumnya. Ada 2 model laptop yang diluncurkan ASUS dalam lini ProArt seriesnya, yaitu ASUS ProArt PZ13 (HT5306) dan ASUS ProArt PX13 (HN7306).

Peluncuran Laptop ASUS ProArt Series
Peluncuran ASUS ProArt series

peluncuran ASUS ProArt series ada sesi talkshow bersama content creator
Sesi talkshow bareng 2 content creator yang berbagi pengalaman saat berkarya
menggunakan laptop ASUS ProArt series

Dalam acara peluncuran ASUS ProArt series yang mengusung tagline “Where Your Story Begins” tersebut, Mas Muhammad Firman selaku Head of Public Relations ASUS Indonesia mengatakan bahwa ProArt merupakan laptop yang didesain khusus untuk para kreator.

Muhammad Firman Head of VP ASUS Indonesia
Muhammad Firman
Head of Public Relations ASUS Indonesia

“Memang sebelumnya ada Vivobook dan Zenbook yang bisa digunakan juga oleh para kreator. Tapi untuk ProArt ini menjadi lini produk khusus untuk segmen penggunaan creator series. Ada dua laptop ProArt yang akan kita hadirkan, yaitu ProArt PZ13 yang detachable, dan ProArt PX13 yang flippable,” jelas Mas Firman.

Menurut Mas Firman lagi, kedua laptop ProArt ini memiliki fungsi yang berbeda. Untuk ProArt PX13 (HN7306) memiliki target audiens advanced photographer & videographer, karena laptop ini memiliki performa dan spesifikasi yang lebih tinggi. Sementara travel vlogger & YouTuber, lifestyle content creator, dan sports content creator bisa memanfaatkan ProArt PZ13 (HT5306) yang portabel dan memiliki battery life lebih panjang.

Jadi, laptop ProArt PX13 lebih compact, ringan, dan powerful. Sedangkan ProArt PZ13 merupakan laptop ultra-portable, on-the-go, dengan long battery life. Selanjutnya informasi lengkap mengenai kedua laptop ASUS ProArt series ini dijelaskan oleh Mas Daniel Naftali sebagai Consumer Product Marketing ASUS Indonesia.

Daniel Naftali Consumer Product Marketing ASUS Indonesia
Daniel Naftali
Consumer Product Marketing ASUS Indonesia

Fitur dan Spesifikasi ASUS ProArt PZ13 (HT5306)

Laptop ASUS ProArt PZ13 (HT5306)
Laptop ASUS ProArt PZ13 (HT5306) yang bisa dilepas pasang

ASUS ProArt PZ13 (HT5306) merupakan detachable laptop atau laptop yang bisa dilepas pasang. Jadi bagian layarnya dapat dipisah dengan bagian keyboardnya, sehingga dapat berfungsi layaknya tablet. Hadir dengan ukuran 13,3 inci, dengan bobot yang ringan, yakni hanya 0,85kg, serta tipis dengan ketebalan hanya 9mm, tak lantas membuat laptop ProArt satu ini ringkih dan tak bisa dibawa bekerja berat.

Yup, ASUS ProArt PZ13 didesain tangguh dan dapat diandalkan untuk bekerja di berbagai medan, seperti di gurun sahara, saat mendaki gunung, di hutan hujan maupun di berbagai aktivitas outdoor lainnya. ASUS ProArt PZ13 dirancang memiliki daya tahan terhadap kondisi ekstrim, seperti debu dan cipratan air hujan. Tak heran jika laptop ini mendapatkan IP52 rating, yaitu sertifikasi perangkat elektronik atas ketahanannya terhadap debu dan air.

ASUS ProArt PZ13 tangguh di segala kondisi
Bersertifikasi IP52, tahan debu dan air

Tak hanya itu, ASUS ProArt PZ13 juga sudah lolos uji ketahanan dan memenuhi standar militer MIL-STD 810H, yang membuat laptop ini tahan terhadap suhu panas hingga dingin, serta guncangan dan getaran. Oiya, laptop ini memiliki kapasitas baterai 70Wh, yang membuatnya dapat aktif hingga 21 jam. Inilah yang membuat laptop ini dapat diandalkan untuk bekerja dimana saja dan kapan saja.

Tak hanya tangguh secara fisik, namun ASUS ProArt PZ13 (HT5306) ini juga tangguh dari dalam. ASUS ProArt PZ13 memiliki performa yang powerful berkat ditanamkannya prosesor Qualcomm® Snapdragon® X Plus X1P 42 dengan 8 core, dan kecepatan hingga 3.4GHz, serta didukung juga oleh NPU Qualcomm® Hexagon™ dengan kemampuan hingga 45 TOPs. Sedangkan dari sisi grafis, ASUS menyematkan GPU termutakhir, yaitu Qualcomm® Adreno™.

ASUS ProArt PZ13 layar Lumina OLED
Didukung teknologi ASUS Lumina OLED untuk tampilan visual yang jernih dan tajam 

Tampilan visual yang tajam dan jernih pada layarnya didukung teknologi ASUS Lumina OLED, dengan resolusi layar 3K (2880 x 1800) dan refresh rate 60Hz, akurasi warna 100% DCI-P3, sudah bersertifikasi PANTONE® dan HDR True Black 500. Untuk menjaga kesehatan mata terhadap pencahayaan layar laptop, ProArt PZ13 sudah dilengkapi juga dengan fitur pengurangan blue light, serta sudah bersertifikat TUV Rheinland dan SGS Eye Care.

Sebagai content creator, tentunya butuh laptop dengan kapasitas storage yang cukup besar untuk dapat menyimpan berbagai konten yang dibuat. Untuk itu, pada ASUS ProArt PZ13 telah diberikan kapasitas 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD, dengan memori 16GB LPDDR5X on board. Kapasitas ini tentunya cukup bagi para kreator untuk mendukung aktivitas mereka dalam membuat konten.    

laptop ASUS ProArt PZ13

Begitupun dari segi konektivitas, ASUS ProArt PZ13 sudah dilengkapi dengan port input output yang lengkap, yang terletak di sisi kiri dan kanan perangkat layar, di antaranya ada 2 port USB 4.0 Type-C yang mendukung pengisian daya cepat dan transfer data hingga 40Gbps, serta pembaca kartu SD Express 7.0. Sedangkan untuk koneksi internet, ASUS ProArt PZ13 sudah dibekali dengan Wi-Fi 7 (802.11be) (triple band) 2*2, serta Bluetooth® 5.4 Wireless Card.  

Belum lagi fitur-fitur yang telah disematkan di dalamnya. Laptop bertenaga AI dan telah didukung Copilot+ PC ini dilengkapi dengan StoryCube, sebuah aplikasi manajemen aset digital berbasis AI, yang dapat membantu pengolaan file dengan lancar dan efisien. Serta ProArt Creator Hub yang merupakan sebuah aplikasi layar pemantauan sistem profesional dan kalibrasi warna, yang tentunya makin memanjakan para kreator.

ASUS ProArt PZ13 untuk content creator
ASUS ProArt PZ13 (HT5306)

Oiya, laptop ASUS ProArt PZ13 (HT5306) ini memiliki layar sentuh (touchscreen) yang mendukung penggunaan stylus pen. Nah, dengan semua fitur serta spesifikasi lengkap dan canggih yang dimilikinya, tentunya laptop ini menjadi laptop yang paling dicari oleh para kreator, terutama bagi kreator yang senang bertualang dan memiliki mobilitas tinggi.

  

Fitur dan Spesifikasi ASUS ProArt PX13 (HN7306)

laptop ASUS ProArt PX13 (HN7306)
Laptop ASUS ProArt PX13 (HN7306) 

Sementara untuk laptop ASUS ProArt PX13 (HN7306) merupakan laptop convertible with versatile modes, serta compact dengan performanya yang powerful. Bagian engsel laptop ini dapat diputar hingga 3600. Jadi selain mode laptop, ProArt PX13 dapat disetel menjadi mode tablet (tablet mode), mode tenda (tent mode), dan mode berdiri (stand mode).

laptop ASUS ProArt PX13 dapat diputar 360 derajat
Laptop ASUS ProArt PX13, engselnya dapat diputar hingga 360 derajat

Sama seperti ProArt PZ13, ASUS ProArt PX13 (HN7306) juga hadir dengan ukuran ringkas, yakni 13,3 inci, dengan bobot yang ringan 1,38kg, dan ketebalan hanya 15,8mm. Bobot dan ketebalannya memang sedikit berbeda dengan ProArt PZ13. Tapi saat dipegang dan diangkat, rasanya tak begitu jauh berbeda kok. Dari segi durabilitas, laptop ini juga sudah lolos uji ketahanan dan memenuhi standar militer MIL-STD 810H. Sedangkan dari segi baterai, laptop ini memiliki kapasitas baterai 73Wh, yang tentunya membuatnya dapat diajak beraktivitas dalam waktu yang cukup lama.

ASUS ProArt PZ13 digadang-gadang sebagai laptop AI yang paling powerful dan memiliki performa tinggi. Ini berkat ditanamkannya prosesor tercanggih AMD Ryzen™ 9 HX 370 dengan dukungan NPU berbasis AMD XDNA™, yang memungkinkan akselerasi AI hingga 50 TOPS. Serta NVIDIA® GeForce RTX™ 4050 dengan 6GB GDDR6 di sisi GPU nya. Ini membuat laptop ProArt PX13 mampu menangani beban grafis berat, seperti rendering 3D atau pengeditan video 4K secara efisien.

Tampilan visual yang tajam dan jernih pada layarnya juga didukung oleh teknologi ASUS Lumina OLED, dengan resolusi layar 3K (2880 x 1800) 16:10 dan refresh rate 120Hz, akurasi warna 100% DCI-P3, sudah bersertifikasi PANTONE® dan HDR True Black 600. ProArt PX13 sudah dilengkapi juga dengan fitur pengurangan blue light, serta sudah bersertifikat TUV Rheinland dan SGS Eye Care. ASUS ProArt PX13 (HN7306) ini juga memiliki layar sentuh (touchscreen) yang mendukung penggunaan stylus pen.

Untuk kapasitas storage, ASUS ProArt PX13 dibekali dengan 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD dan memori 24GB LPDDR5X on board. Sedangkan dari segi konektivitas, ASUS ProArt PX13 dilengkapi dengan port input output yang lengkap, di antaranya 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A (data speed up to 10Gbps), 2x USB 4.0 Gen 3 Type-C with support for display/ power delivery (data speed up to 40Gbps), 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x DC-in, Micro SD 4.0 card reader. Serta untuk koneksi internet, telah ditanamkan Wi-Fi 7 (802.11be) (triple band) 2*2, serta Bluetooth® 5.4 Wireless Card.  

ASUS ProArt PX13 port input output lengkap
ASUS ProArt PX13 port input output lengkap
ASUS ProArt PX13 dengan port input output yang lengkap

Selain ditenagai dengan teknologi AI dan telah didukung Copilot+ PC, laptop ASUS ProArt PX13 ini juga didukung dengan berbagai fitur canggih yang sengaja didesain untuk memudahkan para kreator dalam berkreasi. Tak hanya StoryCube dan ProArt Creator Hub, namun di laptop ProArt satu ini juga tersedia aplikasi MuseTree, sebuah aplikasi pembuat gambar AI generatif, serta GlideX, sebuah fitur berbagi layar lintas perangkat, lintas platform, dan screen control yang nyaman. Lalu di bagian kiri atas touchpad nya juga terdapat sebuah controller fisik, yang dinamakan ASUS Dial & Control Panel. Komplit ya!

 

ASUS ProArt PX13 dilengkapi aplikasi MuseTree
ASUS ProArt PX13 dilengkapi dengan aplikasi MuseTree

Harga Laptop ASUS ProArt PZ13 (HT5306) dan ASUS ProArt PX13 (HN7306)

Setelah mengetahui semua fitur dan spesifikasi ASUS ProArt series ini, tentunya banyak yang bertanya-tanya, kira-kira berapa harga yang diberikan untuk kedua laptop ini. Nah, di sini ada Miss Gina Lai selaku Country Product Manager ASUS Indonesia yang akan menginformasikan, berapa harga ASUS ProArt PZ13 (HT5306) dan ASUS ProArt PX13 (HN7306).

Harga laptop ASUS ProArt series
Gina Lai
Country Product Manager ASUS Indonesia

Untuk laptop ASUS ProArt PZ13 (HT5306) dibandrol dengan harga Rp26.999.000, dan untuk ASUS ProArt PX13 (HN7306) dibandrol seharga Rp31.999.000. Oiya, kedua laptop ProArt ini sudah dilengkapi aplikasi CapCut free subscription untuk 6 bulan dan Adobe Creative Apps untuk 3 bulan. Setiap pembelian produk ASUS ProArt series juga akan diberikan garansi 2 tahun untuk garansi global (termasuk 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty).

Sebagai content creator, tentunya kedua laptop yang didesain khusus untuk para kreator ini menjadi laptop yang paling dicari dan diidambakan ya. Tak hanya menawarkan desain yang ringkas, tipis dan ringan, namun fitur dan spesifikasi yang dimilikinya tentunya akan sangat mendukung aktivitas para kreator dalam berkarya, sehingga dapat lebih kreatif dan lebih produktif.  

Spesifikasi Laptop ASUS ProArt PZ13 (HT5306)

Spesifikasi Laptop ASUS ProArt PZ13 (HT5306)

Spesifikasi Laptop ASUS ProArt PX13 (HN7306)

Spesifikasi Laptop ASUS ProArt PX13 (HN7306)


  • Share:

You Might Also Like

0 comments