Cara Memilih Monitor PC yang Tepat

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 11, 2024

 Cara memilih monitor PC yang tepat

Bagi seseorang yang beraktivitas atau bekerja di bidang digital, tentunya perangkat monitor menjadi sesuatu yang sudah tidak asing lagi ya. Layar monitor ini berfungsi sebagai jendela digital yang akan menampilkan informasi secara visual, baik dalam bentuk teks, gambar, maupun video. Ukurannya pun beragam, mulai dari yang terkecil 5 inci, hingga yang terbesar 65 inci.

Khusus untuk monitor PC atau komputer dibutuhkan perangkat pendukung lainnya, seperti CPU, keyboard, dan mouse agar monitor tersebut bisa dijalankan dan berfungsi dengan baik. Sebagian besar orang biasanya akan memilih monitor PC yang cocok dan sesuai dengan aktivitas dan kebutuhannya. Namun mungkin ada yang masih bingung bagaimana caranya memilih monitor PC yang baik dan tepat. Berikut beberapa tipsnya.


Cara Memilih Monitor PC yang Baik dan Tepat

Dalam memilih monitor PC, selain dari segi ukuran dan bentuk fisiknya, kita juga perlu mengetahui fitur dan spesifikasi apa saja yang terdapat pada monitor tersebut. Pemilihan monitor PC yang tidak tepat dapat membuat kita tidak nyaman saat bekerja, bahkan dapat mengganggu aktivitas hingga menghambat produktivitas.


Ukuran Monitor PC

cara memilih ukuran monitor PC

Besar kecilnya ukuran monitor merupakan hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat memilih monitor PC. Tersedianya beragam pilihan monitor PC dengan berbagai ukuran di pasaran membuat kita harus menentukan ukuran mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya penggunaan monitor PC untuk kebutuhan belajar dan pekerjaan kantor, seperti mengetik, browsing, dan pekerjaan ringan lainnya, maka monitor ukuran 21 hingga 27 inci sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun jika monitor PC tersebut dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan yang butuh tampilan visual yang cukup detail, seperti desain grafis, video editing, hingga gaming, maka sebaiknya pilihlah monitor yang berukuran cukup besar, yaitu sekitar 27 inci ke atas.


Resolusi Monitor PC

cara memilih resolusi monitor PC

Resolusi monitor adalah jumlah piksel yang dapat ditampilkan oleh layar monitor. Besar resolusi monitor tersebut diukur dalam format lebar x tinggi menggunakan satuan pixel. Semakin banyak jumlah piksel sebuah monitor, maka semakin berkualitas gambar yang dihasilkan. Monitor dengan resolusi tinggi dapat menampilkan gambar yang lebih jelas dan tajam.

Saat ini terdapat beberapa ukuran resolusi untuk monitor PC, yaitu Full High Definition (FHD) dengan ukuran 1920 x 1080 pixel, Quad High Definition (QHD) untuk ukuran 2560 x 1440 pixel, dan 4K Ultra High Definition (UHD) dengan ukuran 3840 x 2160 pixel.

Monitor PC dengan resolusi tinggi akan memberikan pengalaman yang menyenangkan, karena menawarkan tampilan gambar yang lebih detail dan jelas, yang membuat mata lebih nyaman saat bekerja. Tentunya hal ini juga dapat meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Jika monitor PC hanya digunakan untuk aktivitas ringan, seperti mengetik dan browsing, maka monitor dengan resolusi FHD sudah cukup untuk itu. Namun untuk pekerjaan yang butuh tampilan gambar yang tajam dan detail, seperti desain grafis, content creation, maupun gaming, maka sebaiknya pilihlah monitor beresolusi tinggi.


Panel Monitor PC

cara memilih panel monitor PC

Selain ukuran dan resolusi, maka hal lain yang penting untuk dipertimbangkan saat memilih monitor PC adalah panelnya. Apa itu panel monitor? Panel monitor merupakan teknologi yang ditanamkan pada monitor, yang berfungsi untuk menghasilkan gambar.

Ada beberapa jenis panel monitor yang ada dan umum digunakan hingga saat ini, yaitu panel In-Plane Switching (IPS), Twisted Nematic (TN), dan panel Vertical Alignment (VA). Panel IPS menghasilkan warna yang akurat dengan sudut pandang yang luas, sehingga warna tetap konsisten walau dilihat dari samping. Monitor PC dengan panel IPS ini cocok untuk desain grafis, editing foto dan video yang butuh akurasi warna yang tinggi.  

Berbeda dengan panel IPS, panel TN memiliki sudut pandang yang sempit dengan kualitas warna yang rendah. Namun panel TN memiliki response time yang sangat cepat, yang dapat mengurangi blur pada gambar yang bergerak cepat. Untuk itu, Monitor PC dengan panel TN cocok bagi gamer yang mengutamakan kecepatan dan tak terlalu mementingkan akurasi warna maupun sudut pandang yang luas.

Sementara panel VA merupakan perpaduan keduanya, dengan menyeimbangkan kualitas warna dan kecepatan response time dengan baik. Walaupun dari segi warna tak seakurat IPS dan response time-nya juga tak secepat TN, namun panel ini sudah cukup mumpuni untuk diajak menonton film serta aktivitas multimedia lainnya.


Response Time dan Refresh Rate pada Monitor PC

Cara mengetahui response time dan refresh rate monitor PC

Response time (satuannya milidetik/ ms) merupakan angka yang menunjukkan seberapa cepat piksel di layar monitor berubah dari satu warna ke warna lainnya. Semakin kecil atau rendah angka response time maka semakin cepat objek bergerak di layar. Response time yang cepat membantu mengurangi efek blur di layar monitor PC.  

Sedangkan refresh rate (satuannya Hertz/ Hz) adalah angka yang menunjukkan seberapa sering layar memperbarui gambar setiap detiknya. Semakin tinggi angka refresh rate, maka gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih halus dan mulus di layar. Setelah mengetahui fungsi keduanya, kita bisa memilih monitor PC dengan response time dan refresh rate berapa yang kita butuhkan agar aktivitas digital bisa berjalan dengan baik dan lancar.


Pilih Monitor PC di Official Store

pilih monitor PC di official store Tokopedia

Dengan mengetahui fitur dan spesifikasi apa saja yang ada pada sebuah monitor, tentunya kita tak akan bingung lagi dalam menentukan monitor PC yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak pilihan monitor PC di jual di pasaran, dengan desain yang keren, serta menawarkan beragam fitur unik, yang tentunya membuat kita tertarik untuk membelinya.

Namun begitu, saat memilih monitor PC, jangan langsung tergiur dengan harga murah yang ditawarkan tanpa melakukan cek dan ricek terlebih dulu. Akan lebih aman lagi jika memilih monitor PC langsung di toko-toko resmi, misalnya di Official Store Tokopedia. Di Tokopedia tersedia berbagai pilihan monitor PC yang bisa dicari sesuai dengan keinginan atau kebutuhan.

Tokopedia sendiri merupakan perusahaan e-commerce Indonesia, dengan lebih dari 14 juta penjual telah bergabung dan terdaftar di sana. Para penjual tersebut menawarkan berbagai jenis produk, termasuk produk elektronik dan digital di dalam marketplace Tokopedia.  

Berbagai produk terbaru Tokopedia seperti monitor PC bisa menjadi pilihan yang aman, karena semua produk yang dijual di official store Tokopedia dijamin 100% original. Kita dapat mengajukan klaim pembelian dana ke Tokopedia Care jika ternyata nanti menemukan ada barang yang tidak asli.

Selain itu, di Tokopedia kita juga bisa memilih monitor PC berdasarkan brand yang disukai, lokasi toko, hingga harga. Yup, jangan lupa mengenai harga monitor PC nya juga ya. Sebaiknya pilihlah monitor PC yang harganya sesuai dengan budget. Seperti istilah, “Ada harga, ada kualitas”. Semakin berkualitas barangnya, biasanya harganya akan semakin tinggi.

Nah, di Tokopedia kita bisa memanfaatkan berbagai promo menarik yang ditawarkan, seperti promo di event tanggal kembar 10.10, 11.11, dan lain sebagainya. Kita berkesempatan untuk mendapatkan produk yang diinginkan, seperti monitor PC dengan harga yang lebih murah dengan promo-promo tersebut. Selamat memilih! Semoga kamu menemukan monitor PC yang pas dan bisa bikin aktivitas digitalnya makin lancar ya!


Referensi foto: Canva

  • Share:

You Might Also Like

0 comments