Ciptakan Rumah Nyaman, Listrik Aman Bagi Keluarga

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 06, 2024

Schneider solusi Rumah Nyaman Listrik Aman

Sebagai ‘seorang ratu’ dalam rumah tangga, wanita turut memegang peranan penting dalam menciptakan suasana rumah yang ideal. Rumah yang selalu menyambut setiap penghuninya dengan penuh kehangatan, kenyamanan, dan juga memberikan rasa yang aman. Ibaratnya wanita mampu menciptakan rumah yang estetik, yang penuh dengan kenyamanan dan keamanan dalam satu perpaduan yang indah.

Dalam segi keamanan rumah, salah satu hal yang sebaiknya perlu diketahui para wanita adalah mengenai kelistrikan. Mengapa? Bukankah ini lazimnya tugas para pria? Secara umum memang iya, namun tak ada salahnya jika kita para wanita juga memiliki wawasan mengenai kelistrikan.  Ini karena listrik merupakan komponen terpenting yang juga ada dalam keseharian kita.  Perangkat listrik ini jika tidak digunakan secara tepat, serta tidak dilakukan perawatan dengan baik, dapat menyebabkan risiko kecelakaan listrik, seperti kesetrum, kebakaran, hingga korban nyawa.

Tahu nggak, berdasarkan data Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, lebih dari 50% penyebab kebakaran itu adalah karena masalah kelistrikan, dan 30% dari kasus kebakaran tersebut terjadi di bangunan perumahan. Kemungkinan ini bisa saja terjadi karena masih minimnya pengetahuan masyarakat terhadap masalah kelistrikan, dan masih banyak juga yang belum mengerti bagaimana cara mencegah terjadinya risiko kecelakaan listrik di rumah.

 

Selain Estetik, Rumah Juga Harus Aman dan Nyaman 

Schneider Electric Innovation Talk, Rumah Nyaman Listrik Aman
Innovation Talk: Rumah Nyaman, Listrik Aman

Saya sendiri banyak mendapat insight mengenai kelistrikan ini saat menghadiri acara Innovation Talk: Rumah Nyaman, Listrik Aman, yang diselenggarakan Schneider Electric Indonesia pada hari Rabu, 2 Oktober 2024 di Alila SCBD Jakarta. Pada acara tersebut hadir Bpk M. Farhan Lucky selaku Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia; Ibu Ranu Scarvia RF, M.Sn sebagai Ketua HDII DKI Jakarta; serta sepasang selebriti, yaitu Nana Mirdad dan Andrew White.

Fyi, kegiatan ini diselenggarakan Schneider Electric Indonesia karena melihat banyaknya kasus kebakaran yang terjadi, yang disebabkan oleh masalah listrik. Sehingga sebagai bentuk kepedulian Schneider Electric dalam mengurangi kecelakaan akibat listrik tersebut, Schneider Electric pun gencar menggelar kampanye “Rumah Nyaman, Listrik Aman”. Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan edukasi terkait kelistrikan kepada masyarakat luas, termasuk saya yang saat itu hadir sebagai bagian dari Komunitas Emak-Emak Blogger.

Menurut Bpk Farhan, ada 2 fakta yang melatarbelakangi Schneider Electric menggelar kampanye “Rumah Nyaman, Listrik Aman, yaitu:

1.    Tren Hunian Modern.

-    Personalisasi desain interior.

-    Gaya hidup yang 'serba listrik'.

2.   Makin banyaknya kasus kebakaran yang terjadi, yang disebabkan oleh masalah listrik.

“Dua fakta inilah yang membuat Schneider Electric merasa perlu untuk mengedukasi masyarakat. Bahwasanya untuk menciptakan hunian yang indah, aman, dan nyaman itu harus memperhatikan aspek keamanan juga. Kita berharap masyarakat paham bagaimana mempunyai proteksi terhadap bahaya kelistrikan,” tutur Bpk Farhan.


Tren Desain Hunian Saat Ini

Tren desain hunian terbentuk dari gaya hidup atau personalisasi dari setiap individu. Tak heran jika tren hunian tersebut bersifat dinamis, dan terus mengalami perubahan sesuai dengan lifestyle masing-masing. Misalnya, karakter atau desain rumah keluarga yang mapan, biasanya akan berbeda dengan karakter atau desain rumah keluarga muda.

“Misalnya rumah keluarga Andrew dan Nana dengan desain modern minimalis, belum tentu ada yang suka dengan desain seperti itu, sukanya mungkin desain rumah yang sangat klasik. Jadi tren hunian itu tergantung dari personalisasi karakter tiap individu,” jelas Ibu Ranu.

Bicara mengenai tren hunian, saat ini masyarakat cenderung lebih mementingkan sustainable design, baik dari segi pemilihan material, penggunaan listrik untuk pencahayaan, pendukung elemen interior, dan lain sebagainya. Selain itu, smart home juga sedang menjadi tren desain hunian saat ini, terutama bagi anak muda.


Hunian Ideal ala Nana dan Andrew

Andrew dan Nana merupakan pasangan selebriti yang kemudian memilih untuk menetap di Bali setelah beberapa tahun usia pernikahan mereka. Kebersamaan dan kekeluargaan pun menjadi konsep hidup pasangan ini. Hal ini pun mempengaruhi keduanya dalam membangun dan mendesain rumah mereka, yang cenderung minimalis, open space, dan menyatu dengan alam.

“Buat kita, kita mau kasih ke keluarga kita, anak-anak kita, bukan hanya sebuah rumah saja, namun home yang menjadi tempat yang nyaman dan aman, dimana mereka mau stay lama-lama, mau berlama-lama bersama kita. Itu konsep awalnya,” ungkap Andrew.

Lebih lanjut Nana menjelaskan bahwa konsep mereka untuk menyatukan ide dalam mendesain rumah tentunya tak mudah. Namun keduanya mengaku sama-sama menyukai alam, dan tidak begitu menyukai sesuatu yang complicated. Dalam mendesain rumah pun mereka dibantu oleh orang-orang ahli, yang benar-benar mengerti konsep atau desain rumah yang mereka inginkan.

Nana pun mengaku bahwa mereka sebenarnya tak terlalu mengikuti tren hunian yang ada. Walaupun menurutnya tren itu bagus, namun tak semua tren tersebut cocok dengan personalisasi mereka. Tapi jika mereka merasa tren tersebut cocok, maka mereka akan melakukannya. “Karena kita yang harus merasa nyaman dengan segala hal yang ada di rumah kita,” sahut Nana.


Schneider Electric, Perangkat Kelistrikan Berkualitas yang Berikan Proteksi Maksimal

Proteksi perangkat berkualitas Schneider Electric

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa selain desain yang estetik, rumah akan terasa lebih nyaman lagi dengan adanya perasaan aman bagi penghuninya untuk tinggal di dalamnya. Salah satunya adalah aman dari masalah kelistrikan. Untuk itu penting memiliki instalasi kelistrikan yang dilengkapi proteksi guna mencegah risiko terjadinya kecelakaan dan kebakaran.

Ada 3 tips yang disampaikan Bpk Fahan agar kita bisa terlindungi dari bahaya kelistrikan, yaitu:

1.     Dengan menggunakan produk elektrik yang tepat, seperti MCB untuk mencegah korsleting listrik, RCCB untuk mendeteksi kebocoran arus listrik, serta RCBO yang berfungsi melindungi dari beban berlebih, anti korslet, dan anti setrum.

2.  Dengan melakukan pengecekan listrik secara berkala, minimal 3 bulan sekali, untuk mencegah dan meminimalisir risiko terjadinya masalah kelistrikan.

3. Dengan membeli perangkat listrik yang asli dan berkualitas, seperti produk Schneider Electric yang bisa ditemukan di toko-toko elektrik dan distributor resmi.

Sejak berdirinya, Schneider Electric sebagai sebuah perusahaan elektrik global selalu berkomitmen untuk menghadirkan berbagai produk elektrik yang inovatif dan berkualitas. Beberapa dari produk tersebut sering kita temui dan gunakan di rumah, di antaranya:

proteksi perangkat listrik aman Schneider Electric
Proteksi instalasi kelistrikan dengan menggunakan perangkat elektrik inovatif dan berkualitas
dari Schneider Electric

·       MCB (Miniatur Circuit Breaker)

Berfungsi untuk melindungi dan beban berlebih dan anti-korlset.

·       RCCB/ ELCB (Residual Current Circuit Breaker)

Berfungsi sebagai anti-setrum

·       RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overcurrent Protection)

RCBO merupakan perangkat inovasi yang menggabungkan MCB dan RCCB. Fungsinya adalah melindungi dari beban berlebih, anti-korslet, dan anti-setrum.

·       SPD (Surge Protective Device)

Berfungsi untuk melindungi perangkat elektronik dari bahaya induksi petir.

Tak hanya berikan proteksi terhadap perangkat listrik, Schneider juga turut mendukung tren hunian nyaman dengan desain interior yang estetik, dengan menghadirkan produk sakelar Avatar On yang covernya dapat dilepas pasang dan dipersonalisasi sesuai keinginan. Kehadiran sakelar ini tentunya akan mempercantik interior rumah.

Desain rumah estetik dengan saklar Avatar On Schneider Electric
Saklar Avatar On yang dapat dipersonalisasi makin mempercantik interior rumah

Avatar On telah dilengkapi dengan teknologi ‘Slim Rocker, Sure Click’, yang berguna untuk mengurangi risiko percikan api. Pada bagian bawah sakelar dilengkapi pula dengan LED locator, yang memberikan pencahayaan lembut di saat gelap. Membuat interior rumah nampak makin estetik.

Selain itu, Schneider Electric juga menghadirkan Schneider Charge, sebuah solusi pengisian daya kendaraan listrik untuk mendukung hunian modern yang smart dan berkelanjutan. Dengan Schneider Charge, pengisian daya di rumah dalam dilakukan dengan mudah, praktis, cepat, dan efisien. Pengguna juga dapat memanfaatkan Monta App, sebuah aplikasi smart control pengisian daya kendaraan, yang dapat diakses secara real time

Walaupun nampak sepele, namun jika diabaikan, masalah kelistrikan ini dapat menimbulkan dampak yang sangat berbahaya. Bagaimanapun juga, kenyamanan dan keamanan tempat yang kita tinggali menjadi prioritas dan kebutuhan utama bagi kita dan juga keluarga. Yuk, lindungi keluarga dengan proteksi kelistrikan yang maksimal untuk #RumahNyamanListrikAman #LifeIsOn  

saklar Avatar On Schneider Electric


  • Share:

You Might Also Like

15 comments

  1. Bagus sekali edukasi tentang Rumah Nyaman, Listrik Aman dari Schneider Electric yang memang penting diketahui masyarakat luas ini mengingat selama ini masalah kelistrikan kadang diabaikan padahal dapat menimbulkan dampak yang sangat berbahaya.

    BalasHapus
  2. Keamanan listrik itu penting banget, apalagi di rumah. Dengan instalasi yang benar dan rutin diperiksa, kita bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Schneider Electric punya solusi yang menarik nih, bikin rumah jadi nyaman dan listriknya aman.

    BalasHapus
  3. Setuju nih, sebenarnya rumah yang ideal tuh selain aesthetic, yang terutama ya aman listriknya karena bisa kasih kita kedamaian batin.

    BalasHapus
  4. Kalau soal rumah, emang pembahasannyaa bakal luas ya mbak, bukan hanya soal desain yang estetik tapi juga kenyamanan karena penataan listriknya

    BalasHapus
  5. Rumah nyaman listrik aman harus kita sendiri yang ciptakan. Pakai instalasi dan perawatan listrik dari Schneider Electric sudah paling oke dan direkomendasikan tentunya. Ada sakelar AvatarOn yang ciamik banget bikin desain rumah semakin estetik juga aman. Ada buat mengisi daya kendaraan listrik juga ya keren banget!

    BalasHapus
  6. Aku baru ngeh lho ternyata instalasi listrik wajib diperiksa rutin kupikir udah pasang plek ya udahheheh tercerhkan dengan adanya pengetahuan dari Schneider Electric seperti ini

    BalasHapus
  7. Jadi banyak insight deh ikutan talkshow nya, yang tadinya ngga terlalu aware sama urusan listrik, jadi sedikit paham dan mulai aware. Ternyata listrik bukan sekadar urusan bapak bapak ya uni

    BalasHapus
  8. Jadi banyak insight banget pas datang ke event ini salahsatunya baru Tau pemeriksaan listrik itu 3 bulan sekali dan sakelarnya bisa di bongkar pasang dan bisa pilih motif

    BalasHapus
  9. Setuju, selain estetik, rumah juga harus aman dan nyaman. Terutama instalasi listriknya ya, supaya bisa aman dari bahaya kebakaran

    BalasHapus
  10. Dulu kupikir MCB aja cukup ternyata ada RCBO, RCBB dll yang juga wajib dipasang supaya kelistrikan di rumah kita makin aman lagi yaaa.
    Schneider nih dari dulu terkenal sebagai brand produk kelistrikan bekualitas dan sudah tersertifikasi. Gak heran kalau banyak banhunan perumahan maupun gedung perkantoran banyak yang memakai produk dr brand ini untuk urusan instalasi listriknya.

    BalasHapus
  11. Rumah nyaman dengan listrik ahaai hal ini amat penting. Hanya saja' masih banyak yg abai perihal keamanan listrik di rumah. Perlu diperbanyak sosialisasinya

    BalasHapus
  12. Aku pun sempa berpikir kalau urusan kelistrika itu adalah ranahnya kaum Adam di rumah. Namun setelah dipahami lagi, ya perempuan malah butuh untuk tahu juga. Sesederhana bagaimana cara menangani dan harus minta tolong ke siapa jika terjadi kecelakaan akibat masalah kelistrikan. Senang banget deh mampir ke mari. Jsdi dapat pengetahuan baru, kalau pemeriksaan kelistrikan di rumah sebaiknya dilakukan 3 bulan sekali.

    BalasHapus
  13. Liat berita akhir -akhir ini banyak bgt peristiwa kebakaran. Mulai dr rumah, satu kampung, gudang, pabrik, sekolah... Jd penting bgt ya instalasi kelistrikan yg aman. Klo Schneider uni brand udh pasti top lah soal keamanan kelistrikan, ditambah inovasi ²nya makin keren aja...

    BalasHapus
  14. Rumah nyaman dan aman emah harus memenuhi standart semuanya ya mba termasuk instalasi listriknya akupun baru tau juga sepenting itu dan manfaatnya schneider bisa jadi pilihan

    BalasHapus
  15. Scheineder selama ini dikenal sebagai brand dengan produk kelistrikan yang bekualitas ya. Acara kyk gini baik buat mengedukasi masyarakat supaya lebih peduli lagi tentang kelistrikan di rumah, sehingga bisa menghindari bencana yang terjadi karena listrik gak trrproteksi. Selama ini tahunya MCB aja, termyata masih ada PR buat cek apa alat lain kek RCBO udah terpasang atau belum nih di rumah :D

    BalasHapus