Inspirasi Bisnis dari Sang Pencetus Wisata Kampung Inspirasi

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 22, 2024

Tips memulai bisnis usaha

Harus diakui, untuk memulai suatu usaha atau bisnis itu bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari modal, ide dan rencana bisnisnya seperti apa, target pasarnya siapa, risiko yang harus dihadapi, hingga strategi bisnis yang akan diterapkan agar bisnis tersebut dapat berjalan sesuai rencana.

Jangankan yang merintis usaha dari nol, mereka yang melanjutkan usaha dari orang tua atau pemilik usaha sebelumnya saja masih harus berusaha dan mempunyai strategi bisnis yang mumpuni agar bisnis yang dipegangnya bisa tetap bertahan, dan bahkan kalau bisa lebih maju lagi dari sebelumnya.

Saat ingin mulai berbisnis itu, kita harus punya strategi, serta keberanian dan mental yang kuat. Baru saja merintis usaha, tak bisa lantas ujug-ujug berhasil. Jatuh bangun dalam usaha itu sudah biasa, yang penting jangan pernah menyerah. Setiap pengusaha sukses pun pernah kok mengalaminya. Banyak dari mereka yang menceritakan pengalamannya, bahwa kesuksesan yang mereka peroleh tidak didapatkan dengan cara yang instan. Butuh perjuangan panjang hingga mereka bisa sampai ke puncak kesuksesan.   

Lalu faktor apa saja yang menghambat seseorang untuk memulai suatu usaha atau bisnis? 


Faktor penghambat berbisnis

Mindset Memulai Bisnis Itu Sulit

Hal pertama yang menghambat seseorang untuk merintis suatu usaha adalah mindset bahwa untuk memulai atau merintis bisnis itu adalah hal yang sulit dilakukan. Padahal segala sesuatu yang dikerjakan, termasuk bisnis apapun itu jenisnya, memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Mindset seperti ini harus diubah dan bahkan harus dihilangkan jika ingin memulai usaha.

Sikap pesimis, bahkan sebelum mencoba membuka bisnis bukanlah hal yang baik dalam bisnis. Sikap ini hanya menggunakan pemikiran negatif terhadap sesuatu yang belum tentu terjadi. Jika memang berniat untuk memulai suatu usaha, hilangkanlah sikap ini. Bersikaplah optimis, dengan melihat tantangan sebagai peluang, dan fokus pada solusi dari pada meratapi masalah yang datang menghadang. Yuk, kamu bisa yuk!  


Bingung untuk Memulai

Ini salah satu dari banyak pertanyaan yang diajukan seseorang saat ingin memulai suatu usaha, bingung dan tidak tahu harus memulainya darimana. Untuk saran pertama adalah sebaiknya usaha di mulai dari sesuatu yang kamu sukai, yang jadi passion-mu, dengan tentunya jangan lupa untuk melihat juga bagaimana minat pasar terhadap bisnis tersebut. Jangan sampai kamu membuka usaha yang kamu senangi, namun sepi peminat. Riset dan strategi sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Yang kedua adalah dengan menggali ilmu bisnis. Ilmu tersebut bisa diperoleh dari berbagai sumber, seperti dari internet, buku, atau seminar dan belajar langsung dari mereka yang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis. Dengan banyak masukan ilmu dan saran dari para pebisnis sukses, tentunya kamu tak akan bingung lagi untuk mulai membuka suatu usaha.  


Tak Bisa Mengatur Waktu

Waktu juga menjadi faktor penting dalam berbisnis. Seorang pebisnis harus memiliki manajemen waktu yang baik. Harus bisa memilah kegiatan apa yang harus diprioritaskan, serta mana yang tidak begitu penting dan bisa dikerjakan nanti. Jangan sampai bisnis terganggu karena tidak bisa mengatur waktu dengan baik.

Satu lagi yang terpenting, dalam berbisnis pastikan waktumu benar-benar tercurah pada bisnis tersebut. Jangan sampai bisnis terbengkalai karena sibuk dengan kegiatan lainnya, yang menyebabkan bisnis akhirnya harus gulung tikar. Untuk itu, pastikan sebelum memulai bisnis, kamu yakin akan fokus pada bisnis yang kamu rintis, dan mampu mengatur waktu dengan baik.   


Takut Menghadapi Risiko

Tak ada bisnis yang tak berisiko. Semua bisnis, apapun itu jenisnya, pasti ada risiko yang harus dihadapi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jangan takut terhadap risiko yang datang. Cobalah untuk terus tegar berdiri, belajar dari kegagalan atau kesalahan sebelumnya, fokus pada solusi, dan bangkit lagi.

Jangan sampai langkah terhenti hanya karena ada masalah. Berhenti berjuang merupakan keputusan yang salah. Ingat, kegagalan bukanlah akhir dari dunia. Jadikan itu sebagai kenangan manis di saat nanti kamu sudah berada di puncak kesuksesan, yang akan kamu ceritakan pada anak cucu, dan juga orang-orang yang terinspirasi dengan kisahmu.


Terhalang Usia  

Usia bukanlah penghalang bagi siapapun untuk memulai usaha. Stigma bahwa memulai usaha sebaiknya dilakukan saat berusia matang, tak selalu benar adanya. Banyak kok pengusaha yang berhasil sukses dengan usahanya di usia mereka yang masih terbilang muda.  

Memulai usaha di usia muda bahkan dapat menjadi pengalaman yang berharga. Mereka memiliki banyak waktu untuk mencoba berbagai jenis usaha hingga akhirnya berhasil dan mantap dengan bisnisnya tersebut. Salah satu contoh anak muda yang berhasil sukses dengan usahanya adalah Sulthan Alfathir, seorang pemuda asal Lamongan, Jawa Timur.


Sukses dengan Wisata Kampung Inspirasi, Ini Rahasianya

Sulthan Alfathir founder Wisata Edukasi Kampung Inspirasi

Sulthan Alfathir atau yang akrab disapa Fathir, merupakan seorang anak muda yang berhasil membangun sebuah usaha wisata edukasi yang diberinya nama Kampung Inspirasi. Fathir telah membangun usahanya ini sejak tahun 2019. Ia bersama dengan sang istri, Anik Haryanti merintis usaha tersebut dari nol.

Untuk diketahui, pasangan ini sama-sama lulusan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Mereka menginisiasi berdirinya Kampung Inspirasi setahun setelah usia pernikahan mereka, tepatnya mereka menikah pada bulan Agustus 2018. Keduanya sama-sama memiliki visi dan misi untuk terus berbagi dan menginspirasi masyarakat dalam hal positif, baik tentang kehidupan maupun tentang keluarga.

Suksesnya usaha Wisata Edukasi Kampung Inspirasi yang pasangan ini dirikan tak semudah yang orang-orang bayangkan. Fathir, Sang Founder harus berjuang dan melalui perjalanannya yang cukup panjang hingga bisa sampai di titik puncak kesuksesan.     

Sebelum membuka usaha Wisata Edukasi Kampung Inspirasi, Fathir pernah berbisnis keripik keong mas, sambal pedas instan, ikan asap instan, hingga beberapa usaha lainnya. Namun usaha tersebut tak ada yang berhasil. Hingga akhirnya ia menikah, dan kemudian bersama dengan istrinya mulai merintis usaha wisata edukasi tersebut.

Di awal, Fathir memulai semuanya sendiri, mulai dari mengecat, hingga memandu para pelanggan yang datang berkunjung. Usahanya sangat sepi saat itu. Masyarakat masih belum menghiraukan keberadaan wisata edukasi tersebut. Bahkan tak ada anak muda yang mau dilatih dan diajak bergabung dengan usahanya. Namun Fathir tak kenal kata menyerah.


Siapapun bisa jadi apapun, asalkan punya tujuan dan mau bertahan terhadap tujuan itu,

Sulthan Alfathir, Founder Kampung Inspirasi (dikutip dari pwmu.co)-


Fathir pun memberikan beberapa tips sukses berbisnis berdasarkan pengalamannya. Hal pertama adalah dengan membuka usaha yang bisa melibatkan masyarakat. Uang bukanlah satu-satunya tujuannya dalam berbisnis. Menurutnya, selain mendapatkan keuntungan, berbisnis itu juga harus berkah.

Tips kedua adalah pantang menyerah. Jatuh dalam bisnis, jangan lupa untuk bangun dan bangkit lagi. Belajar dari kesalahan. Itu yang dilakukan Fathir, belajar dari kesalahan yang dilakukan di masa lalu, yang membuat usahanya gagal. Waktu itu ia hanya membuka usaha secara asal-asalan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Ia lupa melihat minat pasar. Di saat masyarakat lagi butuh apa, maka ia pun harusnya memiliki kemampuan untuk memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat, bukannya kebutuhannya sendiri.

Dalam berbisnis, seorang pengusaha juga harus paham apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat atau pasar. Untuk mengetahui itu, pengusaha harus melakukan riset dan wawancara. Seperti saat merintis usaha Kampung Inspirasi, Fathir menanyakan ke sekolah-sekolah, apa yang dibutuhkan sekolah terhadap wisata edukasinya. Saat itu beberapa sekolah terkendala dengan budget yang terbatas. Lalu ia pun mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, dengan menghadirkan paket wisata yang harganya cukup terjangkau.

Tips selanjutnya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Jika ingin memperluas pangsa pasar, maka teknologi adalah kuncinya. Kampung Inspirasi sendiri memanfaatkan media sosial untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi. Dari yang dulunya hanya sekitar sepuluh sekolah yang datang berkunjung, sekarang sudah puluhan ribu sekolah dari berbagai daerah yang datang ke Wisata Edukasi Kampung Inspirasi.

Sopan dan selalu ramah kepada konsumen merupakan tips selanjutnya dari Fathir. Selalu melayani konsumen dengan ramah dan sopan akan memberikan kesan yang baik terhadap bisnis. Konsumen yang puas biasanya akan kembali lagi, dan bahkan akan merekomendasikan bisnis kita kepada keluarga dan teman-temannya. Ini bisa menjadi strategi juga dalam mempromosikan bisnis.

Tips terakhir adalah mengenai modal usaha yang terbatas. Hal ini yang biasanya sering menjadi kendala bagi seseorang untuk memulai bisnis. Fathir pun sebenarnya memulai bisnisnya dari modal yang terbatas. Ia dulu mengawali usahanya dengan sisa uang tabungan kuliah.

Fathir kemudian menyarankan untuk memulai usaha sesuai dengan kemampuan, berangkat dari apa yang kita bisa. Jangan pernah memulainya dengan utang pinjaman, karena akan berat untuk mencicilnya nanti. Ia sendiri dulu saat merintis usaha mendapat dukungan dari ayahnya.

“Untuk memulai usaha perlu memiliki ekosistem yang baik dari diri sendiri, termasuk dari keluarga.”

-Sulthan Alfathir, Founder Kampung Inspirasi (dikutip dari pwmu.co)


Lokasi wisata edukasi kampung inspirasi lamongan


Untuk diketahui, Wisata Edukasi Kampung Inspirasi ini terletak di Jl. Sumargo Gang Flamboyan No. 29, Kelurahan Tlogoanyar, Kecamatan/ Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Di lahan yang cukup luas tersebut terdapat berbagai wahana yang bisa dijadikan sarana pembelajaran, seperti teknik menanam tanaman hidroponik, praktik bercocok tanam padi, peternakan kelinci, serta berbagai sarana bermain lainnya, seperti kolam renang lengkap dengan bola-bola plastik, ayunan, jungkat-jungkit, dan lain-lain.

Wahana bermain di wisata edukasi kampung inspirasi lamongan


Pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas tersebut dengan tarif masuk seharga Rp15.0000 saja, dan bisa dikunjungi setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Kampung Inspirasi juga menawarkan berbagai macam wisata edukasi, mulai dari wisata sejarah, wisata edukasi kereta api, wisata empat agama, wisata polisi, outbound, dan wisata edukasi lainnya.

Kampung Inspirasi memberikan pengalaman belajar dan kegiatan sosial budaya yang menyenangkan bagi anak-anak. Selain itu, kehadiran Kampung Inspirasi juga sangat menginspirasi karena memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, maupun anggota komunitas.

Sulthan Alfathir dengan Kampung Inspirasi raih penghargaan

Tak heran jika Kampung Inspirasi mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari berbagai pihak. Fathir pernah dinobatkan sebagai Juara 1 Wirausaha Berprestasi Tingkat Nasional, serta Juara 1 Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi Tingkat Nasional dari Kemenpora RI, Penghargaan Pemuda Utama Terbaik Jawa Timur di Bidang Pemberdayaan Ekonomi dari Gubernur Jawa Timur, hingga penghargaan Apresiasi SATU Indonesia Awards 2023.

Apresiasi SATU Indonesia Awards merupakan ajang penghargaan yang rutin digelar oleh Astra sejak tahun 2010. Untuk diketahui, SATU Indonesia Awards ini diselenggarakan Astra untuk memberikan apresiasi pada anak bangsa yang telah berkontribusi untuk menciptakan kehidupan yang berkelanjutan melalui bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi, serta satu kategori kelompok yang mewakili lima bidang tersebut.

Kampung Inpirasi raih SATU Indonesia Awards 2023

Dalam Apresiasi SATU Indonesia Awards 2023 tersebut Fathir berhasil meraih penghargaan untuk Individu dalam kategori Lingkungan. Tak hanya memiliki kemampuan berbisnis yang baik, keberhasilan Fathir bersama sang istri, dengan Wisata Edukasi Kampung Inspirasi tak lepas dari dukungan keluarga, masyarakat Lamongan, pemkab, stakeholder, serta puluhan mitra kerjanya. Kisah Fathir diharapkan dapat menginspirasi masyarakat, terutama generasi muda untuk berani berbisnis, serta memberikan dampak positif juga ke lingkungan sekitar.

   

Referensi:

Sumber data dan gambar: E-Booklet Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2023, Canva, akun Instagram @alfathirsulthan, @anik.haryanti, @kampung.inspirasi, lamongantourism.com, pwmu.co, merdeka.com, detik.com/jatim, harian.disway.id, limadetik.com.

 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments